Jumat, 03 Juli 2015

Makna Sejati Abhiseka Rupa Adalah Abhiseka Arupa Yaitu Dari Bhavana Berwujud Hingga Segalanya Sunya

Ceramah Sadhana Dzogchen ke 127 oleh Dharmaraja Lian-sheng Sheng-yen Lu pada Upacara Agung Api Homa Jambhala Merah, Sabtu 21 Februari 2015 di Taiwan Lei Tsang Temple

Terlebih dahulu marilah kita bersembah puja pada Para Guru Leluhur, sembah puja pada Bhiksu Liaoming, sembah puja pada Guru Sakya Dezhung, sembah puja pada Gyalwa Karmapa ke-16, sembah puja pada Guru Thubten Dhargye, sembah puja pada adinata homa hari ini : Ganapati Hyang Sambhara-pati ( Ganapati Penguasa Perbekalan Kehidupan Dunia dan Spiritual ) sembah puja pada Triratna mandala, sembah puja pada Mahadewi Rsi Yaochi.

Gurudhara, Thubten Ksiti Rinpoche, Para Acarya, Dharmacarya, Lama, Pandita Dharmaduta, Pandita Lokapalasraya, ketua vihara, para umat Sedharma, dan umat Sedharma yang menyaksikan melalui internet, tamu agung yang hadir hari ini antara lain Sekretaris Jenderal Pemerintah Provinsial Taiwan : Bpk. Zheng Pei-fu dan istri Ibu Han Wu-zhen, Akademisi Academy of Sinica Prof. Zhu Shi-yi dan istri Ibu Chen Wen-wen.

Tim Profesor Doktor Zhenfo Zong – profesor yang direkrut khusus Prof. Wang Jin-xian, Prof. Wang Yao-zhun, Prof. Wang Li, Prof. Mai Yin-huang,  Prof. Cai Guo-yu, Prof. Gu Hao-xiang, Prof. Ye Shu-wen, Prof. Lin Xiu-ju dan Dr. You Jiang-cheng.

Ketua umum Lotus Light Charity Society Acarya Changren, ketua pengurus Lotus Light Charity Society wilayah Taiwan Bpk. Li Chun-yang, Jenderal Manajer Ching Yi Biotech Co. Ltd. Sdri. Zhang Yu-zhen, Ketua komisaris Perusahaan Perabot Chipin Sdri.  Huang Shu-qi.

My university classmates Bpk. Zhu Jinshui dan istri Ibu Chen Ze-xia, Perwakilan Anggota Legislatif Kota Gaoxiong : Xu Hui-yv, Perwakilan Anggota Legislatif Kota Tainan : Cai Wang-quan. Pengusaha Kehormatan Hong Kong : Dato Lei Feng-yi dan istri Dati Zeng Mei-ting, Pengusaha Sukses Seattle : Sdri. Chen A-quan dan lainnya sebanyak enam orang.

Produser Sembilan Tingkat Dzogchen, Diktat Hevajra, dan Ulasan Risalah Agung Tahapan Jalan Tantrayana - Acarya Lianyue dan pembawa acara Sdri. Pei-jun, Produser acara Gei Ni Dian Shang Xin Deng di CTI Sdri. Xu Ya-qi, My sister Ibu Lu Sheng-mei.

Terima kasih kepada Haotian Jinque Wuji Zilonghuang Daoyuan, adinata mereka adalah Sitatapatra Bhagavati, mereka secara khusus mempersembahkan 16 pot bunga yang cantik. Selamat tahun baru semuanya ! Gongxi Facai, semoga berkah melimpah ruah ! Apa kabar semua ! ( Bahasa Kanton )  Wugai ! Wugaishai ! ( Bahasa Kanton : Terima kasih semua ! ) ( Bahasa Jepang : Apa kabar ) Good afternoon! ( Bahasa Inggris : Selamat siang ) Kam-sam-ni-da! ( Bahasa Korea : Terima kasih ) Sawadika! ( Bahasa Thai : Apa kabar ) Selamat siang and selamat petang!( Bahasa Indonesia : Selamat siang )Hola Amigo!( Bahasa Spanyol : Apa kabar )

◎ Hari ini sthavira (  zhanglao / 長老 ) dari Zhenfo Zong, Acarya Chang-zhi (常智上師) merekomendasikan Bhiksu Lian-jiu (蓮舅法師) dari kantor korespondensi, akan diberikan Abhiseka Acarya untuknya. Ada juga yang merekomendasikan Cetya Fasheng di Taipei dan Sdr. Qizhong (啟仲), meskipun semua direkomendasikan, namun masih perlu untuk menunggu sedikit kondisi, lebih baik seorang bhiksu terlebih dahulu menuntun lima ratus insan, setelah menuntun lima ratus insan baru diberikan Abhiseka Vajracarya.

Anda harus menyerahkan daftar nama lima ratus insan yang dituntun, maka Anda akan diberikan Abhiseka Vajracarya. Selain itu baru saja Emperor Temple melakukan prosesi permohonan transmisi sadhana, kelak akan dilakukan transmisi dan Abhiseka Vyaghravaktra Vajra ( Jinmu Vajra Berkepala Harimau ), mereka juga menyampaikan  : pentingnya menyambut Dewa Rejeki, harus segera mendaftar dan hari itu ada siaran langsung di internet. Manfaat dari Abhiseka Vyaghravaktra Vajra telah tercantum dalam pemberitahuan, saya tidak perlu membacanya lagi, singkat kata mereka berharap makin banyak yang hadir maka semakin baik.

Hari pertama tahun baru imlek tahun ini, Taiwan Lei Tsang Temple lumayan heboh, banyak stasiun televisi dan berbagai media yang meliput, sebab hari itu ada seekor elang yang terbang mengitari angkasa di atas Taiwan Lei Tsang Temple, elang itu juga memekikkan suaranya. Entah siapa yang paham bahasa burung ? Apa yang sebenarnya dia pekikkan ? Yang hari itu melihat elang silahkan angkat tangan, wah ! Tidak sedikit yang angkat tangan, banyak orang menyaksikan elang terbang mengitari angkasa di atas Taiwan Lei Tsang Temple, kebetulan hari itu Bpk. Wakil Presiden Wu Dun-yi datang ke Taiwan Lei Tsang Temple, waktunya adalah tanggal satu imlek pukul 11:20 pagi. Bila didengar dengan seksama, suara elang adalah : “Xiu….xiu….xiu…” sangat keras ! Kebetulan hari itu Wakil Presiden tiba. Bpk. Wakil Presiden Wu mengatakan saat Mahaguru berada di Sekolah Survei Lianqin, Mahaguru sangat tepat dalam mengukur yang berwujud , namun Mahaguru juga sangat tepat dalam mengukur yang tidak berwujud.

◎ Apabila kalian mendengar suara pekik burung elang dan mengerti bahasa burung, maka dia sedang memekikkan : “Pilih presiden ! Pilih presiden ! Pilih presiden !” Tahun depan, 2016 adalah tahun pemilihan presiden, banyak orang yang sangat peka terhadap hal ini. Tapi bagaimana bisa demikian kebetulan ? Kebetulan Bpk. Wakil Presiden Wu juga tiba, seekor burung terbang mengitari angkasa, apalagi itu adalah burung elang, di atas gunung Nantou sangat jarang terlihat ada elang ! Pada hari itu tiba-tiba muncul seekor elang terbang mengitari angkasa di atas Taiwan Lei Tsang Temple, ini adalah pertanda manggala.

Apabila bukan memekikkan supaya wakil presiden mengikuti pemilihan presiden, mungkin juga sedang memekikkan supaya seseorang tampil mengikuti pemilihan ? Siapa tahu sedang memekikkan supaya Acarya Lianzhe tampil dalam pemilihan presiden, ini juga suatu hal yang sangat menakjubkan. Burung elang itu terbang berputar dan memekik beberapa kali, saya mengatakan ia telah memekik empat kali, sedangkan Gurudara mengatakan enam kali, pendengaran Gurudara sangat baik, yang didengarnya adalah : “Pemilihan presiden.” Oleh karena itulah di awal tahun baru imlek ini Lei Tsang Temple kita sangat heboh, stasiun televisi terus menyiarkan : Hari itu burung elang terbang mengitari dan mentari bersinar terang. 

Hari ini kita berdoa kepada Ganapati, saat ini Taiwan sedang kekurangan air, ada fenomena bencana kekeringan, gajah dapat menyemburkan air, mohon Ganapati setelah upacara ini berakhir . . .saya nyanyikan satu lagu : “Xili xili huala huala, hujan telah turun, mama membawa payung menjemput saya, xili xili huala huala.” ( Lagu anak-anak : Nyanyian Hujan ) Harus turun hujan ! Curahkan hujan lebih banyak , supaya waduk Shimen penuh ! Semoga uap air bertambah, segera tiba, mencurahkan hujan. Inilah doa kepada Ganapati Jambhala Merah, Ia adalah Shambarapati, berdoa kepada-Nya, maka Ia pasti akan memberikan respon !

◎ Saya ingat, saat makan bersama Bupati Taoyuan Bpk. Zheng Wen-can (鄭文燦), ia menuturkan bahwa waduk Shimen hampir kehabisan air, saya menginstruksikan supaya ia segera berdoa memohon di klenteng Dewa Bumi di lokasi yang paling Utara di Taoyuan, dia mengatakan : “Utara di mana ?” Ada yang mengatakan Guishan, kemudian ia benar-benar pergi ke klenteng Dewa Bumi di Guishan untuk memohon, pada hari itu juga, usai ia memanjatkan doa memohon hujan, saat mereka keluar dari klenteng, tidak sampai beberapa menit ? Langsung turun hujan. Ini adalah respon spiritual yang kecil. Ganapati mampu memberikan respon spiritual yang besar.

Semoga pada Upacara Agung Mahottara Heruka yang diselenggarkan oleh Acarya Lianyue (蓮悅上師) di Chiang Kai Shek Memorial Hall, apakah akan turun hujan bagaikan jala ? Acarya Lianyue telah menyelenggarakan beberapa kali upacara agung, di Chiang Kai Shek Memorial Hall dua kali, kemudian sekali di Toucheng, tiga kali itu turun hujan deras. Kali ini jangan ! Jangan hujan lagi ! Sebab akan ada pentas dari Youren Shengu, tambur tidak boleh sampai terkena air hujan, apabila tambur terkena air hujan maka ia akan rusak, dengan demikian Youren Shengu tidak akan bisa tampil. Oleh karena itu meskipun adinata adalah adalah Mahamayajala, namun diharapkan jala ini adalah jala cahaya. Mengenai Upacara Adharma Buddha di Taiwan Lei Tsang Temple terserah para dewata ! Kita tidak boleh minta terlalu banyak ! Cukup memohon satu hari turun hujan dan memohon satu hari tidak turun hujan, supaya para dewata dapat melaksanakan tugasnya dengan lebih leluasa. Apabila Langit hendak mencurahkan hujan, lebih baik segera tercurah beberapa hari ini saja ! Namun saat upacara Mahottara Heruka jangan sampai turun hujan !
Hari ini adalah api homa Ganapati, saya ingat saat kami berada di India, di hari pertama naik bus pariwisata, dalam perjalanan langsung melihat seekor gajah yang berkepala sangat besar sedang berjalan di jalanan. Pemandu wisata menuturkan kepada kami, menurut orang India, asalkan di jalan berjumpa dengan gajah, berarti itu adalah pertanda yang sangat manggala. Apakah umat yang hari itu ikut bersama ada di sini ? Inilah Ganapati, Ia sangat manggala ( Pembawa Kemujuran ), kita semua yang melihat gajah sangat memiliki berkah. Kemudian, saat kami mengunjungi Taj Mahal, malam hari itu kembali dengan naik kereta api, New Delhi sangat gelap, namun kembang api terus menerus dinyalakan, kami tidak tahu sedang ada perayaan apa, setelah bertanya barulah diketahui ternyata hari itu adalah Ganesh Caturthi. Perjalanan kami di India bertepatan dengan festival tersebut, bertepatan dengan Hari Ulang tahun Jambhala Merah.

Dalam Hindu ada tiga dewa agung, yang pertama adalah Dewa Brahma, Ia mengendarai Angsa Dewata, oleh karena itu angsa juga sangat mulia, Ia adalah dewa pencipta langit dan bumi. Selain itu ada juga Samhara Devata ( Pelebur ), ada penciptaan maka pasti ada peleburan, Samhara Devata adalah Shiva, Ia mengendarai lembu Nandi. Ada lagi Dewa Pelindung, yaitu Vishnu, Ia mengendarai Garuda. Kita sering menjapa satu mantra : “Om. Biezha. Weishinuya. Suoha. Om. Biezha. Galuda. Zhalie. Zhalie. Hom Pei.” Trimurti dalam Agama Hindu adalah Brahma, Shiva dan Vishnu, yang satu mengendarai Angsa Putih, yang satu Lembu Nandi, yang satu adalah Garuda. Selain itu masih ada Dewa Agung keempat, yaitu adinata api homa hari ini, Ganapati, Ia tergolong Dewata Teragung dalam Agama Hindu, juga merupakan Sambharapati ( Penguasa Sumber Daya ) dalam Tantrayana Tibet, hari ini yang menjadi donatur dapat membeli lotre. Tapi apabila Anda memenangkannya, tidak usah diungkapkan, sebab setelah menang lotre, akan banyak Acarya yang memandang Anda bagai harimau memandang mangsanya, melihat Anda menang lotre, Anda akan diminta untuk menyumbang pembangunan vihara. Maka kalian jangan mengungkapkannya, lebih baik diungkapkan pada Mahaguru. Coba lihat, semua yang menekuni bhavana dalam Zhenfo Zong sangat memiliki berkah, sungguh ada yang memenangkan lotre, tapi dia tidak mengungkapkannya, hanya menarik tangan Mahaguru dan mengatakan : “Saya menang !” hanya demikian. Sambharapati ada di sini, pasti akan menganugerahi kita lotre awal musim semi kepada kita, pasti ada.

Di Gaoxiong ada seorang siswa, hari itu dia mengendarai mobil menghantarkan makanan ke Penjara Gaoxiong, kebetulan saat itu ada insiden pembobolan penjara, setelah siswa itu masuk, dia langsung bersembunyi di dalam toilet dan menguncinya, dia berada di dalam toilet selama 14 jam. Dia mengatakan, pada mulanya ia duduk di atas kakus sambil gemetar ketakutan, penjahat hendak membuka pintu untuk masuk, tapi pintu toilet telah dikunci olehnya, mereka tidak bisa membukanya, akhirnya mereka kencing di dinding. Dia seorang diri bersembunyi di dalam toilet selama 14 jam, dia mengatakan  : “Benar-benar gemetaran. Tapi begitu melafal Nama Buddha, langsung merasakan ketenteraman.” Coba lihat, inilah manfaat memuja Buddha. Tidak terluka sedikitpun, orang yang menekuni Buddhisme dan tekun bersadhana tidak akan tertimpa malapetaka.

◎ Oleh karena itu di hari pertama tahun baru imlek ini, angpao yang kita bagikan berisi medali Buddha untuk perlindungan, menghindarkan dari petaka, supaya Anda semua tenteram dan damai, asalkan Anda membawa medali tersebut, semua akan tenteram dan manggala, Sambharapati menganugerahi berkah bagi kita semua. Mantra-Nya adalah : “Om. Ganabadiye. Suoha” ( Baca : Om Kanapatiye Suoha ) , tadi saya telah melafalkan dua mantra : “Om. Salasadiye. Suoha. Om. Ganabadiye. Suoha.” Mantra Hati Dewi Sarasvati, Dewi Seni, Dewi Kefasihan Berbicara, Sarasvati dan Ganapati adalah ‘Good friends’. Oleh karena itu terlebih dahulu saya japa Nama Agung teman wanita dari Ganapati, baru kemudian Nama Agung dari Ganapati, maka Dia sangat bersukacita dan menganugerahkan segala kemanggalaan dan harapan kepada kita semua.

Anda dapat memvisualisasikannya, Ia berwarna merah, berlengan dua, ada juga yang berlengan empat, berlengan enam atau berlengan banyak. Ia berdiri di atas padma dengan postur menari, kaki menginak Nakula ( Tikus Harta ). Saat Anda hendak memohon rejeki, ada satu cara, yaitu mengangkat vajra, membentuk mudra krodha, menjapa Mantra Vajrasattva : “Om. Biezha. Saduo. A Hom. Pei” Apabila Vajrasattva hadir, Anda mengangkat vajra dengan mudra krodha dan menekan kepala Ganapati, memohon Ganapati untuk menyemburkan berbagai barang berharga yang Anda dambakan, menyemburkan emas seribu kilo, maka bum, bum, bum.  . . emas akan terus keluar dari belalai-Nya, ini adalah satu metode. Selain itu, boleh juga mengelus belalai-NYa, “Om. Salasadiye. Suoha. Om. Ganabadiye. Suoha” terlebih dahulu harus menjapa Nama sahabat wanitanya, japa mantra tiga kali kemudian membelai belalainya tiga kali. Mahaguru ada sebuah lokasi, mempersemayamkan banyak Buddha dan Bodhisattva, Acarya Changren (常仁上師) pergi ke sana, ia melihat ada rupang Ganapati, Ah ? Apakah Anda mengelus belalai-Nya ? ( Acarya Changren : Ya . )Dia bertanya pada saya, bolehkan mengelus, saya mengatakan boleh saja. Lotus Light Charity Society dan Cetya Shifang yang dipimpin oleh Acarya Changren di Hong Kong berkembang dengan sangat pesat, itu adalah berkah yang dianugerahkan oleh Ganapati di rumah saya. Amituofo ! Kelak akan makin lancar. Hari ini yang menerima abhiseka, semuanya juga akan semakin lancar. Pada hari ketiga tahun baru imlek, menyelenggarakan api homa Ganesha sangat baik, Ia suka makan lobak, Ia juga suka pisang ‘banana’. Di Thailand saya naik gajah besar, gajah mampu menelan satu sisir pisang sekaligus, ia makan dengan sangat lahap. Orang memberinya angpao, ia akan mengambilnya, tapi ia akan memuntahkannya, ia tahu di dalam angpao ada uang, gajah sangat pandai. Ganapati adalah putra dari Dewa Shiva, Ia punya mudra yang mirip dengan belalai gajah, inilah Mudra Ganapati. Ia juga mempunyai wujudnya yang berwarna merah, ada mantranya, ada tiga hal ini, maka Anda dapat menekuni Sadhana Jambhala Merah. Hari ini pengenalan Jambhala Merah sampai di sini.

◎ Saya lanjutkan pengulasan Sadhana Dzogchen, saya bacakan satu paragraf : “Saya tahu ada banyak rupang Trantrayana yang berupa yab-yum Buddha, yab-yum Vidyaraja, semuanya merupakan Abhiseka Rupa-visaya yang bertujuan untuk menyingkirkan kemelekatan pada rupa, bukan birahi kotor, di sini ada perbedaan tingkatan, oleh karena itu cara pandangnya juga berbeda. Abhiseka Rupavisaya dapat memurnikan indera pengelihatan. Namun apabila Abhiseka Rupavisaya yang dilakukan tanpa petunjuk Guru, janganlah sembarangan melakukannya, apabila sembarang mencari gadis cantik untuk menari di hadapan Anda untuk melatih Abhiseka Rupavisaya, berarti Anda telah teracuni oleh racun Tantra.” Jangan sampai teracuni oleh racun Tantra, jangan mengira bahwa Abhiseka Rupavisaya mengajari Anda untuk melakukan metode tertentu. Begitu lahir manusia langsung memiliki nafsu keinginan, selain nafsu keinginan material, juga ada nafsu keinginan secara spiritual, apakah keinginan tertinggi dalam hal spiritual ? Keinginan tertinggi adalah menjadi Buddha, menjadi Bodhisattva, menjadi Pratyekabuddha, menjadi Sravaka, ini adalah keinginan tertinggi. Bukannya tiada keinginan, tetap masih ada keinginan. Namun harus ingat bahwa kekuatan terbesar berasal dari semesta, dari angkasa, Anda harus menekuni bhavana.  

Bukankah di hari pertama tahun baru imlek kemarin saya telah mengatakan kepada Anda semua ? Janin yang dibentuk oleh orang awam adalah janin fana, sedangkan Taoisme membabarkan satu yin dan satu yang merupakan Tao, dalam delapan trigram ( bagua ) ‘qian’ adalah langit dan ‘kun’ adalah bumi, matahari dan rembulan, yin dan yang, air dan api, semuanya adalah sebuah simbol. Dikarenakan nafsu keinginan, maka manusia di dunia membentuk janin, sedangkan seorang sadhaka tidak akan membentuk janin fana, yang dibentuk adalah Janin Suci. Dalam tubuh setiap orang ada ‘yin’ dan ada ‘yang’, prana asali disebut sebagai ‘qian’, sedangkan prana kemudian hari disebut sebagai ‘kun’. Naga disebut sebagai air, sedangkan harimau adalah api. Di dalam air ada api, di dalam api ada air. Demikian pula dengan tubuh Anda, di dalam air ada api, di dalam api ada air, dengan alamiah dalam tubuh Anda ada ‘yin’ dan ‘yang’. Apabila Anda dapat mengatur air dan api dalam tubuh Anda dengan sangat seimbang, maka akan terbentuk pil, itulah janin yang terbentuk dari bhavana Anda. Saat pil telah terbentuk, maka akan menjadi sebuah Janin Suci, demikianlah yang dibabarkan dalam Tao. Janin Suci ditambahkan prana asali, ditambahkan ‘shen’ ( kedewataan ), maka Anda akan bercahaya cemerlang. Yang terpenting ada pada kata ‘diam’ , yang satu bergerak yang satu adalah diam, gerakan tergolong sebagai api, sedangkan diam tergolong sebagai air. Antara gerak dan diam dapat selaras, air dan api dapat melebur, dalam Tantrayana dikatakan api dan air yang melebur, sedangkan dalam Tao dikatakan naga dan harimau saling bertaut, ‘yin’ dan ‘yang’ dalam tubuh Anda manunggal, maka Anda dapat membentuk Janin Suci. Dalam Tantrayana dikatakan, prana yang kita hirup adalah prana kemudian hari, apabila prana itu dapat dimasukkan ke dalam avadhuti ( nadi tengah ) maka ia akan menjadi prana asali.

◎ Aliran Dhyana, secara tak berwujud juga menekuni prana, nadi dan bindu. Aliran Dhyana juga menyatakan, saat Anda memasuki dhyana, lupa akan ego, melupakan semua di dunia, saat itu Anda memasuki kondisi : tubuh sunya, dharma sunya, citta sunya, prakrti sunya, saat Anda memperoleh empat sunya ini, dengan alamiah prana asali memasuki tubuh Anda. Sama seperti Tantrayana, Anda menggunakan bhadrakumbhaprana untuk memasukkan prana ke dalam avadhuti kemudian berubah menjadi prana asali, inilah yang disebut dengan pemanunggalan ‘yin’ dan ‘yang’.
Penyatuan ‘yin’ dan ‘yang’ bukan menunjuk pada pria dan wanita, dalam buku ini dikatakan menggunakan Abhiseka Rupavisaya, supaya Anda memahami prana asali dan prana kemudian hari, supaya Anda paham bahwa air dan api dalam tubuh Anda dapat menyatu, naga dan harimau dapat menyatu, saat dalam kondisi hening, Anda menyatu dengan kedewataan maka barulah Anda memancarkan cahaya. Saya beritahu Anda sebuah kunci yang sangat penting dalam bhadrakumbhaprana, Anda menghirup, menggunakan pernafasan lengkap untuk membawa prana menuju ‘dantian’, kemudian Anda segera menahan nafas, begitu nafas ditahan, tidak lagi bernafas, saat itu prana Anda dalam ‘dantian bawah’ akan naik, berjalan ke atas, hingga ke ‘dantian atas’, tidak akan keluar melalui hidung Anda, juga tidak akan keluar melalui ubun-ubun, saat itu prana akan turun, melalui ‘dantian tengah’ hingga ke ‘dantian bawah’, kemudian naik lagi ke ‘dantian atas’, kemudian turun lagi ke ‘dantian bawah’, turun naik demikian, Anda akan memperoleh rasa Dharma, maka Mahasukha akan timbul. Inilah yang sangat penting dari penekunan Sadhana Bhadrakumbhaprana, asalkan dapat menutup lubang prana, prana juga tidak dapat keluar dari bawah, juga tidak dapat keluar dari atas, hanya bisa masuk ke dalam avadhuti, kemudian naik dan turun berulang kali di tubuh Anda sehingga timbul rasa Dharma, inilah cara untuk menekuni prana. Demikianlah sadhana dalam bhadrakumbhaprana, supaya prana Anda tidak tiris, kemudian ditambahkan dengan api ‘dantian’ dalam tubuh Anda, ‘dantian’ bawah adalah tempat api kundalini, prana dan api menyatu, merubah sari pati menjadi prana ; Apa itu sari pati ? Sari pati adalah air ! Memanifestasikan prana menjadi kedewataan, dari kedewataan kembali pada sunya, dari sunya kembali pada Tao, manunggal dengan Tao, inilah Tao. Di dalamnya ada sari parti, prana dan kedewataan, prinsip dalam Tao adalah sari pati, prana dan kedewataan. Prinsip dalam Tantrayana adalah prana, nadi dan bindu. Bindu adalah air, nadi adalah Buddhata, manunggal menjadi Janin Suci. Janin Suci menjadi kedewataan, kedewataan memancarkan cahaya, di sinilah makna bhavana. Oleh karena itu arti dari naga dan harimau saling berpaut adalah penyatuan air dan api, penyatuan ‘qian’ dan ‘kun’ dalam delapan trigram, inilah bhavana. Saat prana tidak tiris, maka ia akan memasuki avadhuti, menjadi prana asali, manusia pada hakikatnya berasal dari prana asali, begitu terputus maka jadilah nafas kemudian hari. Oleh karena itu prana kemudian hari harus diubah menjadi prana asali, inilah yang dikatakan sebagai ‘Kembali pada hakikat’ dalam Sutra Pembebasan Yaochijinmu melalui samadhi dan Prajna. 
Ada sepasang suami istri yang sedang berjalan di taman, mereka adalah siswa Zhenfo Zong. Si suami bertanya pada istri : “Sayang, kamu sudah hampir 50 tahun, tapi setiap saat bersamamu selalu merasa kamu berusia 18 tahun, bahkan setiap hari bersamamu ada rasa seperti saat pacaran, apakah kamu telah menekuni sadhana tertentu ?” Si istri menjawab : “Aduh ! Menyebalkan ! Ketahuan deh, aku menekuni sadhana cinta kasih.” Si suami menjawab : “Oh ! Ternyata demikian !” Si istri balik bertanya : “Jika kamu demikian mencintaiku, tapi kenapa saya selalu melihat di pakaian kamu terdapat rambut wanita dan bau parfum ? tapi saya tidak bisa marah, kenapa demikian ?” Si suami menjawab : “Apa kamu tidak tahu ? Saya khusus menekuni Sadhana Tolak Bala.”

◎ Oleh karena itu dalam Tantrayana ada sadhana vasikarana ( keharmonisan ) dan sadhana santika ( tolak bala ), Ganapati mempunyai sadhana vasikarana, saat Anda mencapai keberhasilan sadhana yidam Ganapati, maka Anda mempunyai belalai yang mampu memanjang hingga jarak yang sangat jauh, entah itu ke kanan, ke kiri, ke depan maupun belakang, Anda mampu menjulurkannya, belalai Anda juga dapat membelit. Sadhana vasikarana dari Ganapati sangat hebat, visualisasikan teman wanita Anda, sekalipun dia menetap di Taipei, maka Anda cukup mengarahkannya ke Utara, belalai terjulur, visualisasikan dia terbelit oleh belalai tersebut, kemudian di bawa ke sisi Anda dan menyatu dengan Anda, ini adalah sadhana vasikarana.
Lianhua Dongcai dan Lianhua Meiqi dari Hong Kong, silahkan berdiri, kapan kalian menikah ? Bulan enam menikah. Pengantin baru bulan enam paling baik, selamat untuk kalian ! Pasti Dongcai menekuni Sadhana Ganapati, begitu ia membelit Meiqi, maka Meiqi selalu berada di sisinya. Baiklah ! Terima kasih. Congratulations, selamat ! Menikah di bulan enam, baik sekali ! Pria gagah dengan wanita cantik. 

‘Pada akhirnya aku makin memahami.’ Inilah filosofi dari Chen Chuanfang, mengenakan arloji seharga 300 dolar dengan arloji seharga 3 juta dolar, waktunya sama saja ; Minum arak seharga 30 dolar dengan yang seharga 3000 dolar, yang dimuntahkan sama ; Tinggal di rumah 30 ping dengan rumah 300 ping, kesepian yang dirasakan sama belaka ; Kelak suatu hari nanti, Anda akan memahami, kebahagiaan sejati dalam hati selamanya tidak akan dapat diberikan oleh dunia material ; Merokok tembakau seharga 10 dolar dengan tembakau seharga 100 dolar, semua akan kena kanker paru-paru ; Duduk di kabin firstclass dengan duduk di kabin ekonomi, saat terjadi kecelakaan sama saja tidak dapat kembali ; Oleh karena itu harus tahu rasa cukup dan senantiasa bersyukur, bisa ngobrol bersama teman lama, inilah kebahagiaan. Lelucon Chen Chuanfang ini mengajarkan pada kita untuk mengejar spiritual, jangan mengejar material. Sungguh ! Ada beberapa tempat yang pernah ditinggali Mahaguru, ada yang seukuran puluhan ping, ada 200 ping, semuanya sama saja, saya dapat tidur dengan nyenyak, oleh karena itu sama saja.

Saya ceritakan satu lelucon, ada seorang wanita berkata pada seorang pria : “Apabila saya dan ibumu terjatuh ke dalam air, siapakah yang akan kamu tolong terlebih dahulu ?” Si pria menjawab : “Ibu saya tumbuh di tepi sungai, dia sangat pandai berenang, dia yang akan menolongmu !” , “Tapi kenapa kamu sendiri tidak mau terjun untuk menolongku ?” Si wanita mulai marah ! “Apabila saya terjun, maka habislah kamu  !” Si pria melanjutkan : “Saya tidak bisa berenang, jadi ibuku pasti akan menolong saya duluan.” Demikianlah kehidupan manusia, manusia memang mempunyai nafsu keinginan, kita menekuni Buddhisme juga memiliki keinginan. Namun setelah mempunyai keinginan ini, yang harus Anda latih adalah bagaimana mengosongkan keinginan tersebut. Dengan demikian , Anda dapat tidur nyenyak setiap hari, sebab Anda dapat melupakan semua hal yang carut marut, Anda tidak memikirkannya, dalam batin Anda tiada pikiran kacau. Saat Anda sepenuhnya tidak memikirkan keinginan, maka prana asali akan muncul, memberi nutrisi bagi sekujur tubuh Anda, ini sangat penting. Apabila Anda ingin memiliki tidur yang berkualitas, maka Anda jangan memelihara kerisauan, jangan terus memikirkan kerisauan tersebut, buanglah semua sampah itu, maka Anda akan tenteram, Anda tidak akan melantur, Anda sanggup tidur nyenyak, dapat tidur dengan cepat. Ini merupakan teknik paling penting untuk memperoleh tidur yang berkualitas. Apabila Anda mempunyai tidur yang berkualitas, tahu bagaimana tidur dengan baik, maka Anda akan tahu bagaimana bermeditasi.

◎ Demikian pula dengan prinsip meditasi, Anda menyingkirkan semua sampah dalam diri, pikiran dibersihkan dari semuanya, dengan demikian Anda dapat tenang memasuki samadhi, saat itu prana asali akan terpenuhi, prana asali akan tercurah dari semesta, Anda dalam sehamparan sunya dan terang, sunya atau ‘xu’ ini berarti tiada suatu apapun, terang adalah sinar terang, inilah yang dipelajari dari dhyana. Dalam Tantrayana, dari yang berwujud kita menekuni hingga yang tak berwujud, menekuni hingga segalanya sunya. Sesungguhnya inilah Abhiseka Rupa. Makna sejati dari Abhiseka Rupa adalah Abhiseka Arupa.
Ada sebuah lelucon, di jaman dulu ada seorang gadis yang berjumpa dengan seorang pelajar yang sedang berteduh dari hujan dalam perjalanan menuju ibu kota untuk mengikuti ujian, ia melihat pemuda tersebut sangat berbakat, maka ia memutuskan untuk menyerahkan dirinya. Kemudian gadis itu menghantarkan pemuda tersebut sambil menangis : “Wahai pria terhormat, apabila Anda lulus, jangan lupakan aku.” Pelajar itu bersumpah kemudian pergi. Gadis itu meminta pembantunya untuk mencatat nama pelajar tersebut, pembantu itu mengatakan : “Dia adalah pelajar yang ke 50 !” Gadis itu menjawab : “Apa boleh buat, menyebar investasi , tentu ada satu yang bisa lulus ujian !” Inilah nafsu keinginan, kita harus melupakan semua nafsu keinginan, sebab waktu sangatlah singkat, manusia dari muda akan dengan cepat menjadi tua, saat Anda telah menua, maka Anda akan memiliki pemikiran sama dengan Chen Chuan-fang veteran cantik ini. Chen Chuan-fang adalah orang Sichuan, di masa mudanya sangat rupawan, apabila Anda berjumpa dengan Chen Chuanfang 20 tahun yang lalu, sungguh luar biasa ! Berjumpa dengan California four small girls, Empat Ibu dari California, Mahaguru juga pusing, sekarang akhirnya terbebas, saat ini daya samadhi Mahaguru sangat kuat, begitu duduk, semua akan terlupa. Empat gadis cantik di jaman dulu, empat gadis cantik jaman sekarang, empat gadis cantik yang akan datang, semua menjadi sunya. Oleh karena itu Mahaguru tidur dengan nyenyak, benar tidak ? ( Hadirin : Benar ) tanyalah pada Gurudara, maka Anda akan mengetahuinya, apakah saya tidur sangat nyenyak ? Gurudara menjawab : “Anda sangat mirip gannaidi.” ( Gannaidi dalam Bahasa Taiwan artinya seperti babi ), sebenarnya bukan saya yang gannaidi, Acarya Huijun yang gannaidi. Amituofo ! Di tahun baru imlek lebih baik mengucapkan kalimat yang baik untuk Anda, You are so skinny ( Anda sangat kurus ). You are beautiful lady ( Anda sangat cantik ). Hatinya sangat baik, ia sangat ceria, hanya saja suka makan kue dan kaki babi.

◎ Singkat kata, di tahun baru ini, kita berharap supaya Ganapati menganugerahkan kepada kita semua, sumber daya terpenuhi, bisnis dapat semakin berkembang, peruntungan semakin lancar dan baik, semuanya banjir berkah, semua memperoleh kemenangan. Om Mani Padme Hum.

sumber : http://tbsn.org/indonesia/news.php?cid=29&csid=50&id=10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Toko Online terpercaya www.iloveblue.net

Toko Online terpercaya www.iloveblue.net
Toko Online terpercaya www.iloveblue.net