Senin, 07 September 2015

Sastra Jalan Agung Menekankan Pancasila, Sepuluh Kebajikan, dan Sila

Ceramah Sadhana Dzogchen ke-120 oleh Dharmaraja Liansheng Sheng-yen Lu pada Upacara Agung Homa Amitabha, Sabtu, 3 Januari 2015 di Taiwan Lei Tsang Temple

Pertama-tama kita sembah puja pada guru silsilah, sembah puja pada Bhiksu Liaoming, sembah puja pada Guru Sakya Dezhung, sembah puja pada Gyalwa Karmapa ke-16, sembah puja pada Guru Thubten Dhargye, sembah puja pada Triratna mandala, sembah puja pada adinata homa hari ini “Namo Sanshi Liuwanyi Yishi Yiwan Qiuqian Wubai Tongming Tonghao Amituofo. Om. A Mi Die Wa Xie. Om Mani Padme Hum. Om. Xu. Xu. Suo. Suoha. Trini Arya. Amitabha. Avalokitesvara, dan Mahasthamamprapta”.

Gurudhara, Thubten Ksiti Rinpoche, Para Acarya, Dharmacarya, Lama, Pandita Dharmaduta, Pandita Lokapalasraya, ketua vihara, para umat se-Dharma, dan umat se-Dharma di internet, tamu agung yang hadir antara lain nyonya Sekretaris Jenderal Coordinating Committee for North American Affairs, Executive Yuan Sdri. Judy, Akademisi Academy of Sinica Prof. Hsi-yi Chu dan istri Ibu Chen Wen-wen, tim Profesor Doktor Zhenfo Zong – profesor yang direkrut khusus Prof. Wang Li, Prof. Hong Xin-yi, Prof. Cai Guo-yu, Prof. Gu Hao-xiang, Prof. Ye Shu-wen, Prof. You Jiang-cheng, DR. Liang Chao-fan, dr. Lin Jun-an, dosen Fakultas Ilmu Administrasi University of Aomori, Jepang DR. Eigo Egawa Shizuka. Perwakilan Walikota Taoyuan Zheng Wen-can – dr. Guo Zhi-yong, penasihat pemerintah Kota Taoyuan Bpk. Lu Zhen-yuan dan istri, Legislator Kota Kaohsiung Bpk. Xu Zhi-jie, ketua kantor komisi negara Bpk. Chen Yong-sheng, wakil ketua Nona Ou Shu-ying, anggota parlemen Kota Tainan Cai Wang-quan, ketua pengurus Lotus Light Charity Society kawasan Taiwan Bpk. Li Chun-yang, kakak kelas Mahaguru dari Chung Cheng Institute of Technology selaku wakil dosen merangkap ketua departemen survei Bpk. Shen Xie-min, my university classmates Bpk. Zhu Jin-shui dan istri Ibu Chen Ze-xia, presiden direktur Ching Yi Biotech Co. Ltd. Ibu Zhang Yu-zhen, datuk Malaysia Bpk. Li Ming-guang dan istri Datuk Ibu Chen Mei-hua, ketua komisaris PT. Budaya Daden Indonesia Bpk. Chan Ardjoen, produser Sembilan Tingkat Dzogchen, Diktat Hevajra, dan Ulasan Risalah Agung Tahapan Jalan Tantrayana - Acarya Lianyue, produser acara Gei Ni Dian Shang Xin Deng di CTI Sdri. Xu Ya-qi, my sister Ibu Sheng-mei Lu, perwakilan anggota parlemen Kota Taichung Su Bo-xing. Terima kasih kepada ketua komisaris Ching Yi Biotech Co. Ltd. Bpk. Wu Guan-de berdana konsumsi sebesar 100 ribu NT, Sdri. Xu Rui-ling dari Cetiya Shude berdana konsumsi sebesar 100 ribu NT. Selama siang semua! Apa kabar semua! (Bahasa Taiwan) Apa kabar! Apa kabar semua! (Bahasa Kanton) Emkoi! Emkoisai! (Bahasa Kanton: terima kasih semua) Selamat siang and selamat petang (Bahasa Indonesia) (Bahasa Jepang: apa kabar) Good afternoon! (Bahasa Inggris) Hola Amigo! (Bahasa Spanyol: apa kabar) Kam-sam-ni-da! (Bahasa Korea: terima kasih) Sawadika! (Bahasa Thai: apa kabar) Terima kasih atas kehadiran Anda semua pada upacara homa kali ini, Happy New Year! Selamat tahun baru.

Hari ini mengadakan homa Tathagata Amitabha. Adinata yang satu ini adalah yidam Mahaguru. Mahadewi Yaochi, Amitabha, Ksitigarbha adalah yidam bhavana yang sangat Mahaguru hormati dan yakini. Tathagata Amitabha memiliki sebuah nama agung yang sangat istimewa, yaitu “Namo Sanshi Liuwanyi Yishi Yiwan Qiuqian Wubai Tongming Tonghao Amituofo”, kita menjapa nama Buddha, seketika japa 36 triliun 119.500 nama yang sama Amitabha, orang biasa menjapa nama Buddha, hanya japa 6 aksara nama Buddha, yaitu Na Mo A Mi Tuo Fo, juga ada yang 4 aksara, Buddhist Lotus Society menjapa 4 aksara, “A Mi Tuo Fo A Mi Tuo Fo A Mi Tuo Fo A Mi Tuo Fo A Mi Tuo Fo A Mi Tuo Fo A Mi Tuo Fo A Mi Tuo Fo .....” (Mahaguru  menyanyikan)). Ada lagi “Na Mo A Mi Tuo Fo Na Mo A Mi Tuo Fo Na Mo A Mi Tuo Fo Na Mo A Mi Tuo Fo Na Mo A Mi Tuo Fo Na Mo A Mi Tuo Fo Na Mo A Mi Tuo Fo Na Mo A Mi Tuo Fo ....” (Mahaguru menyanyikan), juga ada cara penjapaan demikian. Cara penjapaan bermacam-macam, yang Zhenfo Zong kita japa adalah “Namo Sanshi Liuwanyi Yishi Yiwan Qiuqian Wubai Tongming Tonghao Amituofo”. Ketahuilah, memang ada. Saat periode awal saya mendalami Agama Buddha, saya pernah membaca sebuah buku yaitu Sutra Sukhavati Nagarjuna龍樹淨土文(義), di dalam ada sebuah artikel, menceritakan seorang nenek, ia berikrar menjapa nama Amitabha, ia pun mengambil sebuah tong beras yang sangat besar, nenek ini memasukkan beras ke dalam tong beras ini, sehabis menjapa satu kata Amitabha, beras pun dikeluarkan, berikrar menjapa sejumlah semua beras di dalam tong beras. Ia mulai menjapa dari umur 60 lebih, hingga umur 70 lebih, beras di dalam tong beras belum habis dijapan, masih sisa 1/3. 
Ketika ia japa sampai umur 80 lebih, mungkin japa sampai tubuhnya tidak sanggup lagi, menemukan bahwa di dalam tong beras masih ada beras, ia merasa ikrarnya belum terpenuhi, ia sangat sedih, ia pun berdoa pada Amitabha, “Bagaimana? Saya berikrar menjapa semua beras di dalam tong beras, setelah menjapa begitu lama, masih belum habis?” Ia bertanya pada Amitabha, apa yang harus ia lakukan. Malamnya, Amitabha muncul di dalam mimpinya dan memberikan petunjuk, “Anda japa saja “Namo Sanshi Liuwanyi Yishi Yiwan Qiuqian Wubai Tongming Tonghao Amituofo.” Kemudian, balikkan seluruh tong beras, maka, semua telah selesai dijapa.” Alhasil, benar-benar saat ia selesai menjapa, semua beras di dalam tong beras ditumpahkan, keesokan harinya, ia pun terlahir di Buddhaloka, terlahir di Sukhavatiloka Barat. Sejak itu, semua orang mulai memperluas, melayangkan surat bertanya pada Mahaguru, “Boleh menjapa “Namo Sanshi Liuwanyi Yishi Yiwan Qiuqian Wubai Tongming Tonghao Lianhua Tongzi?” Saya hanya membaca di dalam Sutra Sukhavati Nagarjuna tertulis menjapa Amitabha boleh dijapa demikian. Ini adalah cara praktis. Biasanya, kita tetap harus mengikuti aturan, sampai saat darurat, Anda baru berseru “Sanshi Liuwanyi Yishi Yiwan Qiuqian Wubai Tongming Tonghao Amituofo”. Kadang-kadang japa Buddha adalah kemudahan! Selesai menjapa Amitabha, harus menjapa Avalokitesvara, juga harus menjapa Mahasthamaprapta. Untuk Avalokitesvara, japa “Om Mani Padme Hum”, Mahasthamaprapta japa “Om. Xu Xu. Suo. Suoha.”, saya biasanya japa Buddha seperti itu. Dulu saat japa Buddha, saya pernah belajar “Na-mo-a-mi-tuo-fo” (Mahaguru menyanyikan), japa enam aksara Buddha, Anda merasa Anda sangat santai, maka japa seperti ini. Benar-benar ingin mejapa Amitabha sangat dalam, sangat konsentrasi, “Na-mo-a-mi-tuo-fo” (Mahaguru menyanyikan), ini juga cara penjapaan enam aksara Buddha. Dharma Penjapaan Buddha pada akhirnya juga bisa terlahir di alam suci. Penekunan Tantra kita, menekuni Sadhana Yidam Amitabha, sama-sama bisa cepat sekali kontak yoga dengan Buddha Amitabha, terlahir di alam suci Amitabha.

Mengapa Sukhavatiloka Barat demikian terkenal? Sedangkan Vaiduryaloka dari Buddha bhaiṣajyaguru-vaiḍurya-prabhāsa di Timur, dan alam Buddha Amoghasiddhi di Utara, alam Buddha Ratnasambhava di Selatan, mengapa tidak demikian terkenal? Menurut penelitian dari Master Yinshun, Orang India cenderung memuja matahari senja, cenderung mengagumi semacam perasaan saat matahari hampir terbenam, mereka menikmati semacam perasaan perpaduan antara kecemerlangan dan kesuraman dari matahari terbenam. Karena hari ini telah berlalu. Sehingga, sangat mengagumi matahari senja. Matahari senja pasti di barat, di India, Buddha ada di Sukhavati Barat, terutama karena mereka memuja mentari senja. Itu sebabnya, Sukhavatiloka Barat sangat terkenal. “Mentari senja indah tiada tara, hanya saja mendekati senja”, mentari senja ada semacam terang yang sangat cemerlang, bahkan ada semacam kesuraman, semacam perasaan bahwa hari ini sudah mau berakhir. Oleh karena itu, Sukhavatiloka Barat sangat terkenal. Dalam bersadhana, asalkan kita melakukan pradaksina di Seattle Ling Shen Ching Tze Temple, menjapa nama Buddha, Amitabha pun turun.

Tadi Amitabha telah turun, Ia membimbing empat siswa Malang, Indonesia, satu keluarga empat orang, mereka korban kecelakaan pesawat terbang Air Asia. Oleh karena itu, juga khusus mengundang mereka, menuntun mereka naik ke Sukhavatiloka Barat. Selain itu, saya juga menambahkan lagi satu kalimat, karena Amitabha menuntun mereka berempat, atau juga menuntun semua penumpang pesawat, ini barulah hati maha-maitri karuna! Oleh sebab itu, saat Mahaguru melakukan penyaluran jasa, keempat siswa Zhenfo Zong dan semua korban, bersama-sama dituntun di alam suci Sukhavatiloka Barat, ini adalah hati maha-maitri karuna sadhaka, semua yang ditemui, semua memperoleh pembebasan, asalkan Anda bertemu Buddha, semua memperoleh pembebasan. Sadhana Yidam Amitabha juga sebuah sadhana besar.

Dulu ada orang bertanya pada Acarya Norna, “Sadhana apa yang paling besar?” Acarya Norna menjawab, “Sadhana Amitabha paling besar.” Umat Buddha seluruh dunia, selama itu umat Buddha timur, begitu bertemu muka, pasti menjapa, “Amitabha.” Tidak ada orang yang begitu bertemu muka menjapa “Namo Buddha Sakyamuni”, semua orang menjapa “Amitabha”. Oleh karena itu, Acarya Norna menjawab, “Sadhana Amitabha adalah sadhana yang paling besar”, Ia juga Yidam Mahaguru.

Ini adalah sekilas berita, “Mohon Mahaguru memberkati upacara agung 8 Mare, mohon dukung pendidikan seni kehidupan, pendidikan kehidupan adalah kaum rehabilitasi dan siswa putus sekolah, terutama untuk bakti sosial, Acarya Lianyue dan Acarya Lianmiao membuat T-shirt Mahamayajala, satu potong seharga 350 NT, mendorong setiap orang mengenakan T-shirt ini untuk mengikuti upacara agung.”

(Acarya Lianmiao membentangkan pakaian) Beliau berkata, satu garis ini berarti jalan, cinta, syukur, dan toleransi, merupakan makna “mahamaya”, saya percaya dilukis oleh Acarya Lianmiao, oleh karena itu, Beliau mau mengiklankan diri sendiri. (Acarya Lianmiao: ini untuk membantu siswa putus sekolah dan kaum rehabilitasi.) Oh! Usaha sosial, bukan mengiklankan diri sendiri. Acarya Lianmiao akhir-akhir ini mengatakan bahwa lukisannya resmi terdaftar di Exchange of Hong Kong Chinese culture, lukisannya berjudul “Miao Yun Tian Cheng”, lukisannya sudah resmi masuk pasaran, saya tidak tahu apa itu masuk pasaran, apakah dijual di pasar? Ia mengatakan dijual di bursa, (Acarya Lianmiao: Bursa Budaya, bukan bursa saham, tetapi bursa budaya seni, berskala nasional, terima kasih atas pemberkatan Mahaguru.) Oleh karena itu, lukisan Acarya Lianmiao luar biasa, berskala nasional! Lukisan Mahaguru berskala pribadi, lukisan Mahaguru tidak ada skala nya, siapapun boleh beli. Lukisan Acarya Lianmiao mesti dibeli di tempat pemasaran, di sinilah perbedaannya.

Mari kita mengulas sejenak Dzogchen Tantra, sekarang mengulas tentang Sastra Jalan Agung dan Y.A. Atisa, saya baca satu paragraf, namun paragraf ini kurang berarti, “Ada orang melihat Acarya Liansheng mengenakan topi kuning, mengenakan jubah kuning, merasa sangat unik, berasumsi bahwa Acarya Liansheng karena memiliki silsilah langsung dari Padmasambhava, seharusnya tergolong Sekte Merah (Nyingmapa), seharusnya mengenakan topi merah, mengenakan pakaian merah, mengapa jubah kuning, topi kuning?
Ketahuilah, sebenarnya berubah-ubah, tentu saja Mahaguru memiliki topi kuning, juga memiliki jubah kuning, namun juga ada topi merah, juga ada pakaian merah, juga ada topi biru, juga ada pakaian biru, juga ada topi putih, juga ada pakaian putih, karena Mahaguru sendiri memiliki empat jenis silsilah, Gyalwa Karmapa ke-16 adalah silsilah Sekte Putih, Bhiksu Liaoming adalah silsilah Sekte Merah, Guru Thubten Dhargye adalah silsilah Sekte Kuning, ada lagi silsilah Sakyapa, Guru Sakya Dezhung adalah silsilah Aliran Sakyapa, oleh karena itu beraneka warna, mengenakan pakaian dan perhiasan yang beraneka warna. Mahaguru memiliki silsilah empat aliran, pakaian pun diganti-ganti. Sebenarnya, segala sesuatu itu berubah-ubah. Mari cerita sebuah lelucon, istri berkata, “Sayang, saya ingin belajar berenang, karena berenang bisa menguruskan badan, bisa diet.” Suami berkata, “Kamu jangan terlalu kurus, kamu lihat ikan paus, berenang 24 jam, pernahkah dia kurus?” Berenang seharusnya juga bisa menguruskan badan, hanya ikan paus berenang tidak bisa menguruskan badan, beda. Baru saja melewati tahun baru masehi, selanjutnya adalah melewati tahun baru imlek, saat tahun imlek, Gurudhara akan kembali. Namun, segala sesuatu itu berubah-ubah. Pakaian Mahaguru, pakaian yang dikenakan, berubah-ubah. Pakaian yang dikenakan zaman Sang Buddha, seharusnya mendekati bhiksu Thailand sekarang, menggunakan sepotong kain diikat pada tubuhnya. Setelah sampai Tibet, juga pernah dimodifikasi, yaitu jubah Lama; sampai di China, juga pernah dimodifikasi, warna dan pakaian dimodifikasi; sampai di Jepang, juga dimodifikasi; sampai di Taiwan, di Zhenfo Zong kita, juga dimodifikasi. Kita punya dua lengan baju, modifikasi jubah Lama yang dikenakan Orang Tibet memperlihatkan sebuah pundak, yang kita kenakan agak beda. Ketika sebagian Rinpoche dan Lama Tibet datang, melihat pakaian kita seperti ini, mereka juga mencoba mengenakan seperti ini, mereka mengatakan sangat praktis, tidak perlu setiap hari di sana ikat sana ikat sini. Rok mereka juga diikat, kita menggunakan karet. Mereka ada kostum tersendiri untuk pakaian dalam dan pakaian luar, mereka memperlihatkan pundak, harus sering menyandang jubah Zen ke sana ke mari. Mengapa harus disandang ke sana ke mari? Karena setelah kendur, maka harus dikencangkan, senantiasa mewaspadai keagungan diri sendiri. Tidak seperti kita, setelah dikenakan memang seperti itu, bagaimana pun kita berjalan, tidak akan berubah bentuk, tetap agung selamanya. Ada artinya. Agak beda dengan jubah Zen yang dikenakan bhiksu Eksoterik Taiwan sekarang, karena jubah Zen yang dikenakan bhiksu Eksoterik ada kaitan yang berbentuk lingkaran, mesti dikait, kemudian dijepit dengan penjepit, pakaian kita akan berubah, agak santai, setelah menyandang jubah Zen dan jubah sila, tidak perlu perhatikan lagi. Namun, seperti Thailand atau Asia Tenggara, atau seperti Tibet, mereka masih menuruti tradisi, cara berpakaian yang agak tradisional. Namun, sampai di Jepang, pakaian yang dikenakan bhiksu Jepang itu warna-warni, begitu dikenakan seperti semangat Bushido, indah sekali. Pakaian Bushido Jepang itu bagian pundaknya terangkat, lurus, pundak lurus, jubah Lama berwarna hitam, pakaian atas berwarna hitam, dan tepian putih yang bergelombang, selain itu, masih ada yang keluar dengan berpakaian jubah Bushido, sangat bersemangat. Menurut Anda, pakaian kita apakah mau dimodifikasi? Ini bisa diubah kapan pun, sungguh. Oleh karena itu, tadi membaca paragraf ini tidak ada apa-apanya, semua berubah-ubah.

Kecurigaan ini sangat beralasan, karena di dalam artikel singkat ini, harus diutarakan asal muasalnya. Sebelum Agama Buddha berdiri di Tibet, ada semacam aliran, bernama Ajaran Bon (Ajaran hitam), sesepuh bernama Shenrab Mivo, selalu menunjukkan keajaiban dengan ilmu mantra, membunuh dan mencelakai makhluk hidup, ia memiliki banyak pengikut di Tibet. Yang memiliki daya gaib yang besar, bisa mengubah musuh menjadi binatang, ada ilmu menurunkan es, ilmu berubah menjadi monster, ilmu terbang di angkasa, dan lain-lain, berbuat kejahatan dengan berbagai macam ilmu sihir.”

Itu adalah zaman ajaran hitam, di Tibet sebelum memeluk Agama Buddha, tadinya ada sebuah aliran bernama Ajaran Bon atau ajaran hitam atau ajaran primitif, ajaran Saman yang mengemukakan paham animisme, sebenarnya di setiap tempat ada, tidak hanya di Tibet, mereka percaya segala sesuatu memiliki roh, melihat gunung menyembah gunung, melihat batu menyembah batu, melihat air menyembah air, melihat pohon menyembah pohon, semua memiliki roh, semua disembah. Di dalam juga ada guru ajaran, dulu Tusi Tibet adalah penekun Ajaran Bon. Belakangan, Padmasambhava masuk Tibet, perlahan-lahan menggabungkan ajaran hitam ke dalam ajaran Tantra, ada gejala perbauran, juga ada gejala pembubaran, juga ada saat-saat saling melawan, ada gejala seperti ini di dalamnya.

Padmasambhava masuk Tibet, menaklukkan ajaran hitam, menundukkan mereka menjadi kerabat, sehingga di dalam gatha pengundangan Padmasambhava ada kalimat “membasmi para pemuja Ajaran Bon”. Saya pernah mengatakan, Padmasambhava adalah orang pertama yang membasmi Ajaran Hitam, sedangkan saya adalah orang kedua yang membasmi Ajaran Hitam, ini adalah persamaan antara zaman dulu dan sekarang.

Dulu saya pernah menulis sebuah buku, berjudul Ajaran Hitamd dan Ilmu Hitam, ditulis pada periode awal. Ajaran primitif pada umumnya, tentu saja jauh berbeda dengan Ajaran Buddha, Ajaran Buddha terutama menyadarkan semua insan untuk mencapai pencerahan, ini adalah tujuan pokok Ajaran Buddha itu sendiri, mengajari semua insan harus mencapai pencerahan dan kebuddhaan. Namun, ajaran primitif pada umumnya seperti Ajaran Saman, hanya bisa dijadikan sebagai sarana memohon pemberkatan untuk dunia manusia. Ajaran Buddha mengajarkan kita mengamati dunia, memahami dunia, memahami diri sendiri, memahami kehidupan, memahami Dharma tertinggi Ajaran Buddha, agar semua manusia tersadarkan, ini adalah tujuan pokok Ajaran Buddha, terlepas dari ini bukan lagi Ajaran Buddha. Terlepas dari ini, lalu apa yang dilakukan? Menyembuhkan penyakit, tolak bala, bahkan mencelakai orang dengan agama, semua ada, seperti itulah Ajaran Hitam itu. Oleh karena itu, Padmasambhava menaklukkan semua Mara, membasmi Ajaran Hitam, sekitar tahun 747 Masehi, pada zaman Padmasambhava, Tibet tidak ada perbedaan ajaran, Ajaran Buddha berkembang pesat, India banyak bhiksu masuk ke Tibet secara berkesinambungan, Raja Tibet juga mengutus thon-mi saṃbhoṭa belajar di India, dari Bahasa India dimodifikasi menjadi Bahasa Tibet.”

Bahasa Tibet adalah modifikasi dari Bahasa India, beda sekali dengan Bahasa China, Bahasa Tibet hasil modifikasi dari Bahasa India. “Ajaran lama (Nyingmapa) dan ajaran baru (Gelugpa) Tibet, baru ada pada tahun 971 Masehi, sebelum tahun 971 disebut sebagai periode awal pembabaran Dharma, setelah tahun 971 adalah periode akhir pembabaran Dharma.” Ajaran Buddha dibagi periode, ada periode awal pembabaran Dharma, ada periode akhir pembabaran Dharma.

“Periode ajaran lama, karena Buddhadharma yang dibabarkan sangat banyak, orang biasa tidak mampu mencerna, sedangkan Lama Sekte Merah juga perlahan-lahan banyak yang meninggal karena sakit, banyak yang terperosok ke dalam formalitas dan mistik, saat itu, Raja Tibet merekrut Yang Mulia Atisa dari India masuk ke Tibet, menurut legenda Tibet, Atisa adalah inkarnasi dari Padmasambhava.”

Legenda mereka memang seperti itu, namun, bukan tidak akurat, sulit dikatakan, karena legenda! Contohnya Sejarah Tiga Kerajaan, artinya itu ada dasar sejarah, Novel Sejarah Tiga Kerajaan itu tidak ada dasar sejarah, tergolong versi novel, versi legenda. Ada sebagian agak mendekati sejarah, ada sebagian terlepas dari fakta sejarah, beda.
“Sementara, pada saat Padmasambhava di Tibet, pernah berkata, “Setelah saya pergi. Buddhadharma Tibet akan menjadi sangat kecau, saat itu jika muncul seseorang berwujud bhiksu, mengajarkan umat manusia Pancasila dan sepuluh kebajikan, bersarana pada Triratna, dan membangkitkan Bodhicitta, Beliau adalah inkarnasi saya.”

Sebenarnya, sesepuh Gelugpa Tsongkhapa juga demikian, Sastra Jalan Agung adalah tulisan Atisa, Ulasan Risalah Agung Tahapan Jalan Bodhi adalah tulisan Tsongkhapa, juga dianalisa berdasarkan Sastra Jalan Agung dari Atisa (Sastra Jalan Agung, Ulasan Risalah Agung Tahapan Jalan Bodhi), diulas ulang. Oleh karena itu, Kadampa, saat itu Atisa menciptakan sebuah aliran, yaitu Kadampa, Gelugpa diciptakan oleh Tsongkhapa, sebenarnya juga merupakan peralihan dari Kadampa.

Mari cerita sebuah lelucon, putra bertanya pada ayah, “Konon zaman dulu, sampai menikah baru dapat melihat dengan jelas wajah mempelai wanita, apakah benar?” Ayah menjawab, “Tentu saja benar, namun, mempelai wanita zaman sekarang, harus tunggu sampai sesudah menikah baru perlahan-lahan memperlihatkan wajah aslinya.” Bisa berubah, sebelum menikah dan sesudah menikah akan berubah. Di dalam perusahaan, ada seorang Presiden Wang dan ketua Liu, mereka berdua menikah. Kedua pria ini sering bersama-sama bertukar pikiran mengenai kesan dan pengalaman setelah menikah. Presiden Wang berkata, “Istri saya munkgin sudah menopause, gampang sekali lupa, sering membawa pisau lalu mencari pisau di seisi rumah, kadang-kadang saya tidak tahan dengannya.” Memegang pisau dan mencari pisau, ini adalah kejadian yang sering terjadi pada kami. Ada sebagian orang telah membawa pena, namun mencari penanya. Ketua Liu bercerita, “Kondisi Anda jauh lebih baik daripada saya, istri saya juga sering bawa pisau mencari saya di seisi rumah.” Ini ada bedanya. Sesungguhnya, Ajaran Buddha di Tibet, dibedakan menjadi banyak periode, yang paling awal membangun rezim, seharusnya adalah Sakyapa, saat itu ada guru kerajaan dari Mongol, bernama Phag-mo gru-pa bKa'-brgyud. Sampai zaman Tsongkhapa, berubah lagi, Gelugpa membangun rezim, ini juga berubah-ubah, terus-menerus berubah-ubah; seluruh Tibet juga berubah-ubah, beberapa aliran, Sakyapa, Kargyupa, Gelugpa, semua pernah membangun rezim.

Atisa masuk Tibet, ternyata memang benar, mengajarkan umat manusia Pancasila dan Sepuluh Kebajikan, serta menasihati umat manusia membangkitkan Bodhicitta, itu sebabnya Orang Tibet bersama-sama mengakui bahwa Atisa adalah inkarnasi Padmasambhava. Atisa tentu saja adalah seorang Mahacarya yang telah mencapai keberhasilan, sesungguhnya, Beliau memahami semua sastra dari ajaran Eksoterik maupun Esoterik, memahami Sadhana Dzogchen dan semua Buddhadharma, Atisa tahu bahwa kekurangan Sekte Merah Nyingmapa adalah Sila, sedangkan Lama Sekte Merah gemar bersenang-senang, mengikuti hasrat terhadap duniawi,” semua mengalami metamorfosis, ini tidak benar, “Sehingga, ajaran Atisa menekankan Pancasila dan Sepuluh Kebajikan, menekankan Sila, Ia menulis pemikiran dalam aspek ini menjadi sebuah buku berjudul Sastra Jalan Agung, membagi Buddhadharma Eksoterik maupun Esoterik menjadi 3 Jalan Agung, ini adalah kontribusi Atisa untuk Buddhisme Tibet, kalangan Buddhisme saat itu, semua menghormati-Nya.”

Beliau adalah seorang Mahasiddha, ketika Beliau di India, sudah seorang Mahasiddha. Setelah Beliau belajar Dharma di India, lalu pergi ke Indonesia untuk berguru pada Master Sherlingpa, tepatnya di Jambi. Beliau dari India ke Sri Lanka, dari Sri Lanka ke Indonesia untuk bertemu Master Sherlingpa, mendapatkan banyak Dharma yang diajarkan oleh Master Sherlingpa, termasuk Tara Hijau, semua Bodhicitta, bahkan mencakup banyak ajaran, belakangan, Beliau dari Indonesia kembali ke India, setelah menjadi Mahasiddha, kemudian direkrut masuk Tibet, “Beliau mendirikan Ganden Monastery di Tibet, orang-orang belakangan juga menyebutnya Aliran Kadampa.” Sebenarnya, saat itu, Ganden ada sebuah pelafalan, karena saat itu pelafalan kita kurang tepat, menyebutnya Aliran Kadampa, pelafalan ini lebih tepat.

“Sepengetahuan saya, Kadampa adalah reformasi dari Sekte Merah, dipimpin oleh Atisa, sedangkan Gelugpa yang belakangan menekankan Sila Bhiksu dan prinsip Triyana dari Ajaran Eksoterik, perintis Sekte Kuning, Tsongkhapa, setelah mempelajari Sastra Jalan Agung tulisan dari Atisa, kemudian, menulis dua sastra Ulasan Risalah Agung dan Ringkas Tahapan Jalan Bodhi, menjelaskan tentang metode penekunan 3 jalan agung. Oleh karena itu, Sekte Kuning Master Tsongkhapa, sebenarnya adalah kelanjutan dari Aliran Kadampa, Atisa.”

Saya mengatakan ini adalah asal-muasal, bagaimana Sekte Kuning berubah menjadi Sekte Kadampa, kemudian bagaimana berubah lagi menjadi Sekte Gelugpa, juga berubah-ubah.
Ada seorang siswa SD ikut ayahnya menghadiri perjamuan pernikahan, melihat mempelai pria dan mempelai wanita memasuki arena, ia pun bertanya pada ayah, “Mengapa menikah harus memilih hari baik?” Ayah menjawab, “Karena setelah menikah, tidak ada hari baik lagi.” Ini bisa berubah, sesungguhnya memang demikian, sungguh, saat manusia dan manusia sedang bersama itu segar, setelah melewati waktu yang agak lama, perlahan-lahan berubah; seperti kita mengenakan pakaian, saat baru pakai adalah pakaian baru, kemudian berubah menjadi pakaian lama, kemudian digantung, tidak dipakai lagi selamanya. Oleh karena itu, segala sesuatu sedang berubah, pakaian juga sedang berubah.

Dulu, Mahaguru sering mengenakan mahkota Pancadhyani Buddha, sekarang mengenakan topi kerucut, mengapa? Tidak ada mengapa, ada perbedaan dengan semua acarya, sebenanrya sama saja. Hanya saja, kadang-kadang berubah-ubah, topi ini sudah lama dikenakan, lalu ganti topi lain. Setelah pakaian ini sudah lama dikenakan, lalu ganti pakaian lain. Sepasang sepatu yang sama sudah lama dipakai, lalu ganti sepatu baru, semua diganti-ganti. Manusia juga berubah-ubah, semua sama. Yang namanya perubahan, di China ada sebuah kitab bernama Kitab Perubahan, sebenarnya, Kitab Perubahan menggunakan beberapa formula, langit, bumi, petir, angin, danau, air, api, gunung, efek kimiawi yang dihasilkan dari beberapa benda ini kemudian berubah, lalu menghasilkan segala hal-ikhwal di langit dan bumi, begitulah seluruh Kitab Perubahan, Delapan Trigram dihasilkan, juga bisa dijadikan sebagai ramalan nasib, juga bisa dijadikan pelatihan diri, Kitab Perubahan itu sendiri juga merupakan kitab pelatihan diri. Ada orang juga menggunakan Kitab Perubahan untuk meramal, ini lebih duniawi, kebenaran agung dan urusan duniawi itu agak beda. Mari cerita sebuah lelucon, ada seorang pasien berkata pada dokter, “Apakah Anda punya obat manjur untuk menyembuhkan penyakit mimpi berjalan saya?” Dokter, “Di sini ada sebuah kota yang berisi produk istimewa, bisa menyembuhkan penyakit Anda. Sebelum Anda naik ke tempat tidur, tebarkan benda ini di sekeliling tempat tidur.” Pasien mimpi berjalan bertanya, “Apa benda di dalam kota tersebut?” Dokter, “Paku payung.” Perubahan adalah solusi, ini juga semacam perubahan. Ada seorang ibu bertanya pada seorang master, “Master! Mengapa suami saya tidak mencintai saya?” Master, “Anda makan dulu kue bolu ini.” Si Ibu pun makan kue bolu itu, master bertanya, “Enak?” Si Ibu berkata, “Enak sekali, saya masih ingin makan. Mengapa Anda berikan saya kue bolu? Saya telah mengerti, karena saya rakus, selamanya tidak mengerti puas.” Master berkata, “Alasan Anda juga benar, karena Anda terlalu gemuk!” Sebenarnya lelucon ini tidak begitu lucu.

“Orang zaman sekarang mengacaukan keduanya, juga ada orang menyebut Sekte Kuning sebagai Kadampa, ada orang mengatakan Kadampa adalah Sekte Kuning, sebenarnya Kadampa diadopsi dari nama Ganden Monastery, lebih awal daripada Sekte Kuning dari Master Tsongkhapa. Kemudian bahas lagi tentang aspek kostum, ada orang mengira kostum Sekte Merah adalah merah, kostum Sekte Putih adalah putih, kostum Sekte Kuning adalah kuning, ini adalah kekeliruan dalam mitos, karena Sekte Tantra Tibet, baik aliran mana pun, yang tidak memiliki kedudukan, semua mengenakan warna merah marun, yang memiliki kedudukan baru mengenakan warna kuning. Perbedaan topi, hanya penganut Sekte Kuning barulah mengenakan topi kuning, 3 aliran lainnya, semua mengenakan topi merah. (Selain itu, topi Dharmaraja yang dikenakan Karmapa berwarna hitam) sebenarnya dibagi menjadi banyak jenis, saat saya menulis, tidak memberikan penjelasan, setiap jenis pakaian berbeda-beda, semua berubah-ubah, topi juga sama, berubah-ubah. Kata “perubahan” yang saya maksudkan adalah, Ajaran Buddha terutama, sebuah corak Dharma yang paling penting, yaitu Anicca, ini adalah satu corak Dharma, corak Dharma ini justru adalah “perubahan”.

Karena kita melihat semua benda di dunia ini sedang berubah, tidak ada satu pun yang tidak berubah, karena semua benda berubah, kita pun tidak jangan melekat pada satu benda pun, mengajari kita melepaskan kemelekatan, ini barulah kebenaran sejati dari Ajaran Buddha. Kebenaran Ajaran Buddha justru di sini, kita harus melepaskan semua kemelekatan. Anda mengatakan, “Dulu, istri saya begini, sekarang, istri saya begitu...” beda? Mengapa beda? Karena berubah, itu normal. Dulu, suami Anda begini, sekarang suami begitu, mengapa berubah? Karena perubahan itu normal. Oleh karena itu, kita anggap normal, jika kita bisa bersikap normal seperti ini, kita lebih mudah melepaskan kemelekatan. Jangan selalu berpikir dulu ia begini, maka, perubahan itu senantiasa ada, manusia bisa berubah, setiap orang bisa berubah, semua benda sedang berubah, tidak ada namanya keabadian dan benda yang abadi, harus ingat yang satu ini. Hari ini saya berceramah Dharma, terutama menyampaikan bahwa tidak ada satu pun yang abadi, ada selamanya, bahkan cinta pun bukan, bahkan setiap orang pun bukan. Sekarang Anda meyakini Zhenfo Zong, tak lama kemudian, Anda mendengar lagu kudus sangat merdu, Anda pun menyanyikan lagu kudus, berubah menjadi penganut Katolik atau Kristen, ini semua mungkin saja terjadi, semua bisa berubah. Bahkan Anda merasa Agama Islam sangat bagus, Anda pun pergi menganut Agama Islam, ini juga mungkin saja terjadi, bahkan Anda dari satu agama pindah ke agama lain, semua ini mungkin saja terjadi. Jadi, Anda tidak boleh mengatakan, “Orang ini pindah agama, orang ini tidak baik...”, atau bagaimana, tidak boleh berpikiran seperti ini. Karena, segala sesuatu sedang berubah. Oleh karena itu, ada acarya mengundurkan diri, tadinya menyeberangkan insan, alhasil diseberangkan oleh wanita, saat itu, Anda juga jangan memaki acarya tersebut. Tidak boleh. Mengapa? Karena Anda harus mengerti ini adalah perubahan. Acarya mengundurkan diri, kemudian menikah dengan seorang wanita, kembali ke keduniawian, Anda juga jangan memakinya, karena ini adalah perubahan. Karena hatinya telah berubah, tubuh juga berubah, tempat apapun telah berubah. Kita jangan melekat pada satu benda pun. Karena kita tidak melekat, maka tidak ada penderitaan. Jika kita melekat, pasti menderita. Anda terlalu mencintai seseorang, ketika ia meninggalkan Anda, Anda pasti menderita; Anda terlalu mencintai putra-putri Anda, putra-putri meninggalkan Anda, Anda pasti menderita; Anda terlalu melekat pada suatu benda, benda ini akan membawakan kerisauan dan penderitaan bagi Anda. Oleh karena itu, umat Buddha harus mengerti prinsip perubahan, memahami Anicca dalam Ajaran Buddha, jika terjadi perubahan, kita amati dengan hukum alam, setelah jernih, kita pun tenteram dan lega. Tidak ada apa-apanya, semua sedang berubah. 

Om Mani Padme Hum.

sumber : http://tbsn.org/indonesia/news.php?cid=29&csid=50&id=1

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Toko Online terpercaya www.iloveblue.net

Toko Online terpercaya www.iloveblue.net
Toko Online terpercaya www.iloveblue.net

Daftar harga buku:

Buku-Buku HARE KRSNA (Hare Krishna):
No Judul Harga
1 Bhagavad-gita Besar 125.000
2 Bhagavad-gita Sedang 115.000
3 Bhagavad-gita Kecil 85.000
4 Srila Prabhupada 100.000
5 Srimad-Bhagavatam Skanda III Jilid 3 75.000
6 Second Chance (Kesempatan Kedua) 42.000
7 Kehidupan Berasal Dari Kehidupan 37.500
8 Kembali Lagi 32.000
9 Dialog Timur Barat 27.500
10 Jawaban Segala Pertanyaan 25.000
11 Sri Isopanisad 25.000
12 Pedoman Etika Vaisnava 25.000
13 Krishna dan Ayat-Ayat Suci Bhagavad-gita 23.500
14 Gita Mahatmya 22.000
15 Avatar 18.000
16 Ajaran Prahlada Maharaj 18.000
17 Krsna Sumber Kebahagiaan 10.000
18 Poster Susunan Alam Semesta 30.000
19 Srimad-Bhagavatam Skanda IV 80.000
20 Krsna Book (1 Set) 300.000
21 Krsna Book (@ 1 volume) 60.000
Buku-buku Media Hindu :
No Judul Harga
1 21 Butir Mutiara Terserak 30.000
2 Arti Menjadi Seorang Hindu Bagiku? 25.000
3 Astrologi Hindu 30.000
4 Atmabodha 40.000
5 Bagaimana Menjadi Hindu 25.000
6 Dialog Dengan Penghuni Sorga 30.000
7 Dialog Gandhi Dengan Misionaris 40.000
8 Hindu Agama Terbesar di Dunia 22.000
9 Hindu Agama Universal 22.000
10 Hindu Akan Ada Selamanya 40.000
11 Hindu Kami Datang Padamu 30.000
12 Jalan Menuju Tuhan 35.000
13 Kado Dari Dewata Agung 20.000
14 Kamu Adalah Tuhan 40.000
15 Pandangan Hidup Hindu 30.000
16 Pandangan Hindu Atas Kristen dan Islam 30.000
17 Pesan Abadi Veda 40.000
18 Pesan Universal Bhagavad Gita Vol. 1 40.000
19 Pesan Universal Bhagavad Gita Vol. 2 40.000
20 Peta Jalan Veda 40.000
21 Petunjuk Untuk Yang Ragu 30.000
22 Saya Beragama Hindu 22.000
23 Surga dan Neraka Tiga Agama 40.000
24 Semua Agama Tidak Sama 30.000
25 Spiritualitas Hindu Untuk Kehidupan Modern 28.000
26 Tuhan Upanisad Menyelamatkan Masa Depan Manusia 40.000
27 Upanishad Himalaya Jiwa 30.000
28 Veda dan Injil 40.000
Buku-buku Paramita :
No Judul Harga
1 101 Cerita Kakek 52.800
2 101 Cerita Nenek 39.600
3 108 Mutiara Weda 52.800
4 108 Renungan Suci 1 30.000
5 108 Renungan Suci 2 30.000
6 108 Renungan Suci 3 30.000
7 12 Kumpulan Dongeng Hindu 20.400
8 300 Masalah (Dahsyatnya Gayatri Mantra) 72.000
9 33 Hal Yang Mempengaruhi dan Merubah 20.400
10 Aab Jagat 14.400
11 Acara Agama Hindu 31.200
12 Acarya Sista : Guru dan Dosen yang Bijaksana 72.000
13 Adi Sankaracharya 24.000
14 Adiparwa Jaya Kuno dan Indonesia 76.800
15 Agama Hindu 20.400
16 Agama Hindu, dari, untuk dan oleh orang Muda 26.400
17 Agama Realitas atau Tahayul 16.800
18 Agama Tirta dan upakara 16.800
19 Agama Veda & Filsafat 28.800
20 Agem-agem Kepemangkuan 20.400
21 Agnihotra 24.000
22 Ahimsa Dharma dan Vegetarian 26.400
23 Ahimsa Dharma 33.600
24 Ajaran moral Dalam Bhagawadgita 30.000
25 Ajaran Weda Dalam Filosofi Hindu 26.400
26 Ajeg Bali, Ajegnya Bhagawadgita 19.200
27 Aksara Bali dalam Usada 52.800
28 Aku Anak Hindu 20.400
29 Aku Ingin Kebahagiaan 18.000
30 Alam Kehidupan Sesudah Mati 20.400
31 Alih Aksara Pangayam-ayam 13.200
32 Alur Sebuah Dialog Hati 20.400
33 Analisis Upacara Wana Kertih 37.200
34 Anandadayi Bersama Sai 56.400
35 Anda Calon sukses, Berkah Menantimu, Sambutlah 30.000
36 Aneka Rupa Gending Bali 24.000
37 Ang Ah lan Ah Ang 18.000
38 Anti kekerasan dan Anti Diskriminasi 22.800
39 Anugerah & Harta Karun Kehidupan 33.600
40 Apa yang terjadi pada Jiwa setelah Kematian 52.800
41 Argha Patra Pinandita 126.000
42 Argha Patra Praktis 22.800
43 Arthasastra 126.000
44 Arti & Fungsi Sarana Persembahyangan 30.000
45 Arti Mimpi 20.400
46 Asana, Pranayama, Mudra & Banda 99.600
47 Asta Kosala Kosali 26.400
48 Asta Kosala Kosali lan Astha Bhumi 26.400
49 Astavakra Samhita 36.000
50 Aswameda parva 44.400
51 Atharva Veda Samhita III 192.000
52 Atharwa Veda Samhita I 192.000
53 Atharwa Veda Samhita II 198.000
54 Atman Brahman Aikyam 24.000
55 Aturan Membangun Rumah Menurut Hindu 18.000
56 Awengi Ring Hotel Sentral 18.000
57 Awet Muda dan Panjang Umur dengan Ayur Weda 36.000
58 Ayur Veda Ilmu Pengobatan Tradisional India 33.600
59 Ayur Weda 49.200
60 Aywawera dan pemahamannya 18.000
61 Babad Arya 26.400
62 Babad Dalem Tarukan 37.200
63 Babad I Gusti Ngurah Telabah 20.400
64 Babad Ksatria Taman Bali 26.400
65 Babad Nusa Penida 20.400
66 Babad Nyuhaya 30.000
67 Babad Prasasti Dalem dan Pande 37.200
68 Babad Pulasari 16.800
69 Babad Raja Anglurah Panji Sakti 69.600
70 Babad Raja-Raja Bali 24.000
71 Babad Tangkas Kori Agung 20.400
72 Bacakan Banten Pati Urip 18.000
73 Bali Dalam Perspektif Sejarah dan Tradisi 102.000
74 Bali Shanti 1 46.800
75 Bali Shanti 2 39.600
76 Bali Shanti 3 36.000
77 Bali Shanti 4 39.600
78 Barong Landung 20.400
79 Bayu Agung 16.800
80 Bayuh Oton 16.800
81 Bebas dari Rasa Takut Menuju Keyakinan 10.800
82 Belajar Singkat Bahasa Hindi 26.400
83 Benarkah di Hindu ada Moksa? 42.000
84 Berang-Berang dan Srigala 13.200
85 Berbakti pada Leluhur, Upacara Pitra Yadnya 26.400
86 Berbagai Jalan Meditasi 24.000
87 Berbisnis menurut Agama Hindu 50.400
88 Berjalan Pada Jejak-jejak Vedanta 24.000
89 Berkorban/Yadnya adalah Kesenanganku 9.600
90 Berfikir Benar Dasar Mencapai Kebahagiaan 16.800
91 Berpolitik Menurut Hindu 57.600
92 Bhagavad Gita 105.600
93 Bhagavata Purana tentang Neraka 13.200
94 Bhagavata untuk Anak-anak 20.400
95 Bhagawad Gita (Nyanyian Tuhan) 73.200
96 Bhagawad Gita (Pancama Weda) 51.600
97 Bhagawad Gita Inggris Indonesia 96.000
98 Bhagavadgita Menurut Mahatma Gandhi 30.000
99 Bhagawadgita Teks Bahasa Bali 84.000
100 Bhakti & Kesehatan 32.400
101 Bhakti Yoga 19.200
102 Bhama Kretih 21.600
103 Bharata Yudha & Pandawa Seda (Komik) 182.400
104 Bharata Yudha (Komik) 117.600
105 Bhegawan Agastya Prana 13.200
106 Bhisma Parwa 66.000
107 Bibliografi Literatur Hindu 21.600
108 Bolong & Gilik 13.200
109 Brahma Astra 16.800
110 Brahma Sutra 96.000
111 Brahma vidya Teologi Alam Semesta 73.200
112 Brahman 33.600
113 Buddha 13.200
114 Buku Harian Intisari Pedoman Hidup 45.600
115 Buku Mewarnai Dewa Dewi 26.400
116 Buku Pelajaran Agama Hindu SD kelas I 19.200
117 Buku Pelajaran Agama Hindu SD kelas II 19.200
118 Buku Pelajaran Agama Hindu SD kelas III 19.200
119 Buku Pelajaran Agama Hindu SD kelas IV 21.600
120 Buku Pelajaran Agama Hindu SD kelas V 21.600
121 Buku Pelajaran Agama Hindu SD kelas VI 21.600
122 Buku Pelajaran Agama Hindu SD kelas VII 27.600
123 Buku Pelajaran Agama Hindu SD kelas VIII 30.000
124 Buku Pelajaran Agama Hindu SD kelas IX 32.400
125 Buku Pelajaran Agama Hindu SD kelas X 34.800
126 Buku Pelajaran Agama Hindu SD kelas XI 34.800
127 Buku Pelajaran Agama Hindu SD kelas XII 37.200
128 Buku Pendidikan Agama Hindu untuk Perguruan Tinggi 37.200
129 Bunga Rampai Babad dan Rerajahan Kajang di Bali 26.400
130 Calon Arang 30.000
131 Cahaya Kebajikan Ganesa 92.400
132 Cahaya Kekuatan Batin dan Kebijaksanaan 24.000
133 Cahaya Sai Rama 10.800
134 Cakepan Alit Lontar Jajimatan 13.200
135 Cakepan Alit Pengasih-asih Leak Manusa lan Dewa 12.000
136 Cakepan Alit Puja Weda Mantra 44.400
137 Canakya Nitisastra 42.000
138 Cara Jitu Cepat Kaya dan Tenang 13.200
139 Cara Praktis Untuk Memahami Agama Hindu 50.400
140 Caru 16.800
141 Caru Eka Sata 13.200
142 Catur & Sad Paramita 26.400
143 Catur Guru Bhakti 34.800
144 Catur Marga 56.400
145 Catur Purusartha 37.200
146 Catur Veda 462.000
147 Ceng Blonk Dalang Inovatif 61.200
148 Cerdas Spiritual Melalui Bhagavadgita 20.400
149 Cerita Anekdot dalam Kehidupan 26.400
150 Cerita Rakyat Bali 19.200
151 Citra Wanita dalam Kekawin Ramayana 25.200
152 Curahan Air Keabadian (Amrita Varshini) 16.800
153 Curahan Belas Kasih (Anugraha Vaharshini) 21.600
154 Dahsyatnya Gayatri Mantra 33.600
155 Dainika Upasana 22.800
156 Daksina Menhadirkan kekuatan Lingga Yoni 16.800
157 Dalem Keling Wamsakarta Ksatrya Taman Bali 24.000
158 Dalem Tarukan 13.200
159 Dampak Puasa 26.400
160 Dana Punia dan Penebusan Dosa 24.000
161 Dasaksara, Saiva Siddhanta & Kanda Pat 18.000
162 Dasa Awatara 24.000
163 Dasar-Dasar Budi Pekerti 21.600
164 Dasar-Dasar Psikologi Agama 37.200
165 Dasar Filsafat Agama-Agama 33.600
166 Dasar-dasar Filsafat 26.400
167 Dasar-dasar Kepemangkuan 66.000
168 Dasar-dasar Kesulinggihan 88.800
169 Dasar-dasar Astrologi Hindu 73.200
170 Daun Yang Berkisah 24.000
171 Deva Siva 26.400
172 Devi Savitri 13.200
173 Dewa & Doa 20.400
174 Dewa Dewi Hindu 21.600
175 Dewa Ganesha 18.000
176 Dhammapada 31.200
177 Dharma Caruban 13.200
178 Dharma Bandhu 37.200
179 Dharma Jalan Menuju Kebahagiaan dan Moksa 52.800
180 Dharma Pemacul 13.200
181 Dharma Sewanam (Indahnya Melayani Sesama) 33.600
182 Dharma, Tapa dan Yoga 13.200
183 Dharmagita 37.200
184 Dharmatula 38.400
185 Dharmayana Leluhur Kepurwa Bumi 37.200
186 Dharmayatra ke Pura Semeru Agung 26.400
187 Dialog Ajeg Bali Perspektif Pengalaman … 48.000
188 Dialog Spiritual 32.400
189 Dialog Spiritual II 33.600
190 Diksa, Pintu menapaki Jalan Rohani 50.400
191 Disiplin dan Sadhana Spiritual 24.000
192 Djegeg Bagus 36.000
193 Doa Harian Untuk Bhagavan 20.400
194 Doa Sehari-hari Keluarga dan Masyarakat Hindu 19.200
195 Doa Untuk Anak Hindu 19.200
196 Doa Sehari-hari Menurut Hindu 12.000
197 Doa-doa Penting Dalam Atharva Veda 24.000
198 Dosa Menurut Hindu 26.400
199 Dua Warisan Leluhur memberantas Kemelaratan 19.200
200 Dudonan Karya Mamungkah 16.800
201 Dunia Adalah Papan Catur 90.000
202 Eksistensi & Efektifitas istem banjar Suka Duka 48.000
203 Energi Aura 27.600
204 Ensiklopedi Hindu 240.000
205 Ensiklopedia Pura I 240.000
206 Ensiklopedia Pura II 240.000
207 Ensiklopedia Pura III 240.000
208 Esensi Bunyi Gamelan 48.000
209 Esensi Falsafah Jawa 30.000
210 Esensi Uang Kepeng Dalam Ritual Hindu 21.600
211 Etika Hindu 24.000
212 Etika Pendidikan Agama Hindu 13.200
213 Etika Susila Untuk Pelayanan Umat Manusia 13.200
214 Evaluasi Pendidikan 33.600
215 Evolusi Melalui Reinkarnasi & Karma 26.400
216 Filosofi Simbol Hindu 39.600
217 Filsafat 108 Sang Hyang Kala di zaman Kali 72.000
218 Filsafat Desa Adat Bali 66.000
219 Filsafat Hindu Nawa Darsana 48.000
220 Filsafat Ilmu 26.400
221 Filsafat Ilmu: Bagaimana & Untuk Apa Ilmu pengetahuan 129.600
222 Filsafat Manusia dalam Perspektif Hindu 34.800
223 Filsafat Pancasila Dalam Perspektif Hindu 46.800
224 Filsafat Pendidikan 48.000
225 Filsafat Pendidikan Agama Hindu 36.000
226 Filsafat Saiva Siddhanta 32.400
227 Filsafat Seni Sakral dalam Kebudayaan Bali 24.000
228 Filsafat Timur 26.400
229 Filsafat Toleransi Beragama di Indonesia 54.000
230 Filsafat Wayang dalam Panca Yadnya 20.400
231 Fungsi dan Membuat Tipat 22.800
232 Gaguritan Panrestyan Watu Gunung 6.000
233 Gaguritan Parikesit Pralaya 14.400
234 Gaguritan Pralayaning Panca Kumara 6.000
235 Gaguritan Watugangga 6.000
236 Galungan Naramangsa 31.200
237 Gandhi dalam Dialog Hindu Kristen 26.400
238 Gandhi dan Masyarakat Tanpa Kekerasan 37.200
239 Ganesa 26.400
240 Gayatri Sadhana 33.600
241 Gede Ombak Gede Angin 26.400
242 Gegitan Kembang Rampe Dharmayana Pariksa 13.200
243 Gegitan Kembang Rampe I 13.200
244 Gegitan Kembang Rampe II 13.200
245 Gegitan Kembang Rampe III 13.200
246 Geguritan Aji Pelayon 13.200
247 Geguritan Begawan Bisma 34.800
248 Geguritan Galungan 13.200
249 Geguritan Ganda Wirasa 36.000
250 Geguritan Goa Giri Putri 16.800
251 Geguritan Jnana Siddhi 13.200
252 Geguritan Kaki Manuh Cakepan I 24.000
253 Geguritan Kaki Manuh Cakepan II 21.600
254 Geguritan Kebo Tarunantaka 19.200
255 Geguritan Ken Arok - Ken Dedes 16.800
256 Geguritan Kreta Langu 13.200
257 Geguritan Marga Sunya 13.200
258 Geguritan Pawiwahan 20.400
259 Geguritan Pengantar Agama Hindu 24.000
260 Geguritan Sandhyakalaning Majapahit 20.400
261 Geguritan Savasana 20.400
262 Geguritan Sima Kertaning Bumi 20.400
263 Geguritan Siwaratri 14.400
264 Geguritan Siwa Latri Kalpa 13.200
265 Geguritan Sucita Subudi 57.600
266 Geguritan Sutasoma I 20.400
267 Gerhana Prahara 60.000
268 Gita Bhakti 13.200
269 Gita Itihasa Dewi Sita Mesatya 6.000
270 Grhasta Asrama 66.000
271 Gunung Menyan Segara Madu 33.600
272 Hanuman 13.200
273 Hari Raya dan Kekawin Siwaratri Kalpa 39.600
274 Hari Raya Anggara Kasih 13.200
275 Hari Raya & Puasa dalam Agama Hindu 36.000
276 Hari Raya Hindu Bali & India 16.800
277 Hidup dengan Para Resi Himalaya 82.800
278 Hidup Ini Seperti Petir 26.400
279 Hidup Ini Seperti Piknik 21.600
280 Hidup Rukun Menurut Hindu 20.400
281 Hidup Sehat dengan Akupresur 33.600
282 Hindu Agama Universal 39.600
283 Hindu Dharma 184.800
284 Hindu untuk Masyarakat Umum 31.200
285 Hinduisme sebuah Pengantar 36.000
286 Hita Upadesa 60.000
287 Horoskop Barat India Bali Jawa Cina dan Kalender 1901-2100 118.800
288 Horti Basa Bali 21.600
289 Hubungan Pura Agung Blambangan 13.200
290 Hukum Adat 16.800
291 Hukum Evolusi Roh 16.800
292 Hukum Hindu Serta Perkembangannya 33.600
293 Hukum Karma 26.400
294 Hukum Karma dan Cara Menghadapi 24.000
295 Hyang Pitara 24.000
296 I Balian Putus 16.800
297 Ibu Durga 19.200
298 Ibu Gangga (Ma Gangga) 19.200
299 Ilmu Hanuman 19.200
300 Ilmu Pengetahuan & Spiritual 51.600
301 Ilmu Pengetahuan eksakta Hindu kuno 43.200
302 Impian dan Kenyataan 38.400
303 Indahnya Lika Liku spiritual 45.600
304 Indik Wewangunan 76.800
305 Instrospeksi Diri 31.200
306 Intisari Ajaran Hindu 51.600
307 Intisari Ajaran Saiva Sidhanta 13.200
308 Intisari Bhagawadgita 66.000
309 Intisari Sejarah Linguistik 33.600
310 Intisari Upanishad 24.000
311 Intisari Veda (HC) 60.000
312 Intisari Veda (SC) 52.800
313 Intisari Yajna Dalam Ajaran Hindu 26.400
314 Isa Upanisad 13.200
315 Itihasa 156.000
316 Jaga Satru 18.000
317 Japa Yoga 37.200
318 Jawaban atas Pertanyaan 19.200
319 Jejak-jejak Sadhu 16.800
320 Jenis-jenis Tebasan 16.800
321 Kaedah Beryadnya 38.400
322 Kaedah Beryadnya II 28.800
323 Kajeng kliwon 20.400
324 Kakawin Nitisastra 78.000
325 Kakawin Ramayana Jilid I 73.200
326 Kakawin Ramayana Jilid II 72.000
327 Kakawin Ramayana Jilid III 120.000
328 Kala Badeg 21.600
329 Kala Tattwa 13.200
330 Kalender 200 Tahun 66.000
331 Kalender 2200 Tahun (Tahun 1 s/d 2200 Masehi) 188.400
332 Kama Bang Kama Putih 26.400
333 Kamasutra dari Watsyayana 56.400
334 Kamus Bahasa Bali 165.600
335 Kamus Nama-nama Sanskerta Indonesia 82.800
336 Kamus Saku 30.000
337 Kamus Sanskerta - Indonesia 74.400
338 Kamus Umum Buddha Dharma 88.800
339 Kanda Empat (Bhuta, Dewa, Lare, Sari) 24.000
340 Kanda Empat Bhuta 19.200
341 Kanda Empat Dewa 22.800
342 Kanda Empat Rare 19.200
343 Kanda Empat Sari Sakti Tanpa Guru 16.800
344 Kanda Empat Tanpa Sastra 26.400
345 Kanda Pat Catur Sanak 16.800
346 Kanda Pat Madu Muka 16.800
347 Kanda Pat Pamurtian 16.800
348 Kanda Pat Pengaradan 16.800
349 Kanda Pat Prasanak 16.800
350 Kanda Pat Rare 16.800
351 Kanda Pat Sari 16.800
352 Kanda Sanga 19.200
353 Kanda Sanga Tanpa Sastra 13.200
354 Karma Yoga 15.000
355 Karmaphala 56.400
356 Kata-kata Mutiara Renungan Harian 33.600
357 Katuturaning Barong Swari Lan Dalang 13.200
358 Kearifan Lokal Sain Asli Bali 26.400
359 Kebahagiaan Di balik Tantangan dan Penderitaan 21.600
360 Kebahagiaan Kunci Meraih Kesuksesan 32.400
361 Kebangkitan seorang Hindu 36.000
362 Kebenaran Sejarah Agama Hindu 180.000
363 Keberuntungan Anda Tahun 2007 21.600
364 Keberuntungan Anda Tahun 2008 21.600
365 Kedamaian di tengah-tengah Prahara 26.400
366 Kedudukan Pemangku dalam Beryadnya 22.800
367 Kedudukan Perempuan Hindu 36.000
368 Kejayaan Ganesa 46.800
369 Kekuatan Dewa Agni dan Dewa Indra 13.200
370 Kekuatan Yadnya 33.600
371 Kemah Sadhana 28.800
372 Kemahaesaan Tuhan Dalam Veda 19.200
373 Kemuliaan Sai paduka 21.600
374 Ken Arok, Ken Dedes, leluhur Raja-raja Majapahit 13.200
375 Kenali Dirimu 33.600
376 Kepemimpinan (Leadership) dalam Agama Hindu 13.200
377 Kepemimpinan Hindu 13.200
378 Kepemimpinan Hindu Astra Brata 24.000
379 Kepemimpinan Hindu dalam Lontar Wrati Sesana 26.400
380 Keprotokolan & MC 26.400
381 Kerangka Dasar Agama Hindu 26.400
382 Kesaktian & Keampuhan Mantra Gayatri 10.800
383 Kesatuan Tafsir Terhadap Aspek-aspek Agama Hindu 26.400
384 Kesehatan & Meditasi Matahari Terbit 52.800
385 Kesehatan dan Spiritual 46.800
386 Kesempurnaan Diri 10.800
387 Kasuksmaning Pelinggih Ring Pamerajan 30.000
388 Kesusastraan Bali 24.000
389 Ketuhanan Bali 16.800
390 Keutamaan Manusia & Pendidikan Budi Pekerti 66.000
391 Kewangen 16.800
392 Khrisna Bhakti 10.800
393 Kiat Praktis Belajar di Perguruan Tinggi 18.000
394 Kiat-kiat Praktis meraih kerja 13.200
395 Kidung Bhajan Mala 74.400
396 Kidung Jerum Kundangdya 16.800
397 Kidung Lungsir Petak 10.800
398 Kidung Panca Yadnya 22.800
399 Kidung Suci 45.600
400 Kidung Suci Kirtanam 10.800
401 Kidung Tantri 24.000
402 Kidung Tantri Manduka Wyakarana 60.000
403 Kidung yadnya 10.800
404 Kisah Singkat Kehidupan Svami Vivekananda 20.400
405 Kisah-kisah Mengagumkan Para Dewa Hindu 20.400
406 Kitab Aji Sngkya 1947 18.000
407 Komodifikasi Tari Barong 50.400
408 Konsentrasi dan Meditasi 60.000
409 Konsep & Praktik Agama Hindu di Bali 132.000
410 Konsep Filosofi Hindu 13.200
411 Konsep Kesuksesan Umat Hindu 43.200
412 Konsep panca Sradha 46.800
413 Konsep Sraddha 50.400
414 Konsepsi Monotheisme Dalam Agama Hindu 18.000
415 Kosmologi Hindu 82.800
416 Krsna 13.200
417 Kumpulan Cerita Pendek Keagamaan Hindu 26.400
418 Kumpulan Dharma Wacana Profesional 26.400
419 Kumpulan Karya Pilihan tentang Sadhana 31.200
420 Kumpulan Kisah Bhakti Para Bhakta 30.000
421 Kumpulan Lagu-lagu Arathi 13.200
422 Kumpulan Ringkasan Lontar 21.600
423 Kunang-kunang Anarung Sasi 33.600
424 Kunci Kekayaan meneropong Managemen 24.000
425 Kundalini I 37.200
426 Kundalini Yoga 36.000
427 Kusumadewa 21.600
428 Langkah-langkah Emas 44.400
429 Langkah-langkah Kecil Meningkatkan Kadar Religiusitas 30.000
430 Lava dan Kusa 16.800
431 Laya Yoga 21.600
432 Leak Mayoga Dikala Purnama 21.600
433 Leak Ngamah Leak 43.200
434 Leak Sari Rahasia Kesaktian Mpu Peradah 16.800
435 Lebu Guntur 10.800
436 Legenda Gong Belaluan 31.200
437 Leluhur Orang Bali 24.000
438 Lentera Spiritual 3 43.200
439 Lima Nilai Kemanusiaan 16.800
440 Lontar Jajimatan 13.200
441 Lontar Kuranta Bolong 13.200
442 Lontar Pengejukan Leak 12.000
443 Macan Raden 16.800
444 Maha Dahsyat Gayatri Mantra Menepis Badai 60.000
445 Maha Sakti Gayatri Mantra 66.000
446 Maha Sidhi Gayatri Mantra 50.400
447 Mahabharata 163.200
448 Mahabharata A (Komik) 60.000
449 Mahabharata B (Komik) 60.000
450 Mahabharata C (komik) 60.000
451 Mahabharata D (Komik) 60.000
452 Mahabharata Jilid Lengkap (Komik) 225.600
453 Mahagotra Arya Tri Sanak 16.800
454 Mahanarayana Upanisad 48.000
455 Maharsi Vyasa 13.200
456 Maitri Upanisad 24.000
457 Makanan Satvik & Kesehatan 21.600
458 Makanan Satvik & Kesehatan 26.400
459 Makna Filosofis Upacara & Upakara 16.800
460 Makna Hari Raya Hindu 37.200
461 Makna Upacara Yadnya I 60.000
462 Makna Upacara Yadnya II 60.000
463 Manawa Dharmasastra 148.800
464 Mandukya Upanisad 74.400
465 Manggala Upacara 33.600
466 Mantra dan Belajar Memantra 48.000
467 Mantra Gayatri (Sabda Brahma, Ibu dari Veda) 10.800
468 Mantra, Inisiasi, Meditasi & Yoga 21.600
469 Mantra, Tantra dan Mujizat 10.800
470 Manusia dan Uang 10.800
471 Manusia Perspektif Teologi Universal 28.800
472 Mari Belajar Bahasa Sansekerta 1 36.000
473 Masakan Bali 20.400
474 Matematika dalam Qur'an & Veda 44.400
475 Matematika Veda 76.800
476 Matsya Avatara 12.000
477 Mau Apa Dengan Hidup 22.800
478 Meditasi 20.400
479 Meditasi Kesempurnaan Manusia 50.400
480 Meditasi Adyatmika 31.200
481 Meditasi Bio Energi Ratu Bagus 97.200
482 Meditasi Buddhis 25.200
483 Meditasi Cahaya 19.200
484 Meditasi Jiwa Premana 2 33.600
485 Meditasi Jiwa Premana 1 31.200
486 Meditasi Pada Kesempurnaan Manusia 51.600
487 Meditasi Pada Om 24.000
488 Meditasi Satya Sai 36.000
489 Meditasi Yoga Tradisi Himalaya 16.800
490 Majejahitan dan Metanding Edisi 1 (HC) 92.400
491 Majejahitan dan Metanding Edisi 1 (SC) 84.000
492 Majejahitan dan Metanding Edisi II 84.000
493 Melalui Kematian Kita Lahir Kembali 31.200
494 Melenyapkan Kebimbangan Umat 31.200
495 Memahami Agama Lewat Fenomena Sains 20.400
496 Memahami Catur Marga 31.200
497 Memahami Konsep Siwa Budha di Bali 34.800
498 Memahami Perbedaan Catur Varna, Kasta dan Wangsa 43.200
499 Membaca Orang 13.200
500 Membaca Wajah 18.000
501 Membangun Masyarakat Berkualitas 21.600
502 Membangun Pura di Pulau Jawa 16.800
503 Membangun Rumah Tangga Sukinah 36.000
504 Membedah Kasus Konversi Agama 79.200
505 Membentuk Kepribadian Anak dalam Kandungan 22.800
506 Membentuk Siswa Berkarakter Mulia 46.800
507 Memberi Makna Sebuah Kehidupan 24.000
508 Membina Anak-anak 74.400
509 Membina Keluarga Sejahtera 19.200
510 Memekarkan Nuansa Spiritual 20.400
511 Memelihara Janin Dalam Kandungan 48.000
512 Menantang Arus Menegakkan Kesejatian Dharma 37.200
513 Mencegah Stress Bersama Hindu 20.400
514 Mendayagunakan EQ dan SQ melalui Psikologi Hindu 33.600
515 Mendidik Anak Suputra 10.800
516 Menembus Kegelapan 50.400
517 Menggali Nilai Etika Dalam Cerita Purana 25.200
518 Mengangkat Nilai-nilai agama 19.200
519 Mengapa Bali disebut Bali 48.000
520 Mengapa Berdana 21.600
521 Mengapa Membaca Reg Veda 19.200
522 Mengapa? Tradisi dan Upacara Hindu 37.200
523 Mengapa Saya Memilih Vegetarian 25.200
524 Mengasuh Anak Menurut Bhagawan 9.600
525 Mengelola Perpustakaan Secara Efektif dan Efisien 19.200
526 Mengenal Agama-agama 60.000
527 Mengenal Barong dan Rangda 16.800
528 Menggapai Kedamaian Sejati 19.200
529 Menguak Misteri Pementasan Barong dan Rangda 26.400
530 Mengurai benang Kusut Simpul-simpul Dharma Wacana 20.400
531 Meningkatkan Kesadaran Diri Sejati Atman 31.200
532 Meningkatkan Profit Perusahaan 19.200
533 Menjadi Orang Tua Mulia dan Berguna 16.800
534 Menjadi Pemangku Siapa Takut? 18.000
535 Menjadi Pemimpin Efektif 18.000
536 Menjangan Sakaluang 39.600
537 Menyayangi Alam, wujud Bhakti pada Tuhan 34.800
538 Menyelam dalam Lautan Ramayana 9.600
539 Menyembah Simbol Merupakan Realisasi Brahman 20.400
540 Menyingkap Rahasia Siva di Bumi 19.200
541 Menyingkap Rahasia Yoga 19.200
542 Merawat Diri Untuk Menjaga Kesucian Lahir Batin 37.200
543 Merealisasi Moksa 13.200
544 Merkantilisme Pengetahuan Dalam Bidang Pendidikan 69.600
545 Merta Matemahan Wisia 26.400
546 Metode Penelitian Kwalitatif dalam Ilmu Agama 13.200
547 Misi & Visi Guru Spiritual 21.600
548 Misi & Visi Illahi 31.200
549 Mlaspas & Ngenteg Linggih 16.800
550 Moksa Brahman Atman Aikyam 33.600
551 Moksa Universalitas dan Pluralitas Bhagawadgita 19.200
552 Moksartham Jagadhita Ya Ca Iti Dharmah 26.400
553 Mukjizat Sai Baba 37.200
554 Mukjizat Tirtha 16.800
555 Mulat Sarira 13.200
556 Mutiara Dharma 26.400
557 Mutiara Hindu dalam Budaya Bali 48.000
558 Mutiara Hindu Sebagai Bahan 26.400
559 Namah Sivaya Santaya 60.000
560 Negarakertagama & Pararaton 34.800
561 Nama-nama Sesayut 24.000
562 Namasmarana 13.200
563 Narada Bhakti Sutra 45.600
564 Naskah Kelabang Sebit 25.200
565 Nawa Darsana : 9 Sitem Filsafat Hindu 37.200
566 Nawa Dharsana 52.800
567 Nawa Sangga Tirthayatra 37.200
568 Nawa Usadha Bali 82.800
569 Ngaben 33.600
570 Ngaben Khusus Pranawa 13.200
571 Ngaben Ngelanus 37.200
572 Ngaben Sarat 20.400
573 Ngaben Sederhana 16.800
574 Ngalinggihang Dewa Hyang 13.200
575 Nganteb Piodalan Alit lan Sesana Pemangku 16.800
576 Ngereh Ritual, Supranatural, Tradisional 19.200
577 Ngulati Dewasa lan Wariga 24.000
578 Nguntul Tanah Nulengek Langit 16.800
579 Nilai Filosofis Penjor 31.200
580 Niti Sastra 26.400
581 Nyepi Berlandaskan Kitab Suci Veda 19.200
582 Ogoh-ogoh 18.000
583 OM Sairam 10.800
584 Orag Bali di Himalaya 26.400
585 Padang Tuh 18.000
586 Paindikan Maturan Penyabranan 13.200
587 Palmistri Hindu 16.800
588 Panca Datu (edisi Revisi) 36.000
589 Panca Sraddha 39.600
590 Panca Tantra 31.200
591 Pancaran Bhagavata 30.000
592 Pancaran Dharma 21.600
593 Pancaran Kasih Tuhan 21.600
594 Pancaran Kebijaksanaan (Jnana Wahini) 18.000
595 Pancaran Kedamaian 24.000
596 Pancaran Kedamaian 36.000
597 Pancaran Penerangan 20.400
598 Pandangan Gender Pada Smerti 22.800
599 Pandawa Seda 60.000
600 Panduan Guru Mengajar Pendidikan Agama Hindu 39.600
601 Panduan Singkat Dharma Wacana 13.200
602 Pangastawa Istha Dewata 16.800
603 Pangastawa Pitra Yadnya 19.200
604 Panggilan Veda 57.600
605 Panrestyan Pandawa Korawa 12.000
606 Para Guru Spiritual India Abad ke Dua Puluh 60.000
607 Para Guru Spiritual India Abad ke Sembilan Belas 60.000
608 Parasara Dharmasastra 43.200
609 Parisada Hindu Dharma dengan Konsolidasinya 56.400
610 Paritta Suci 18.000
611 Parwati 13.200
612 Patanjali Raja Yoga 60.000
613 Pawintenan Saraswati 10.800
614 Pedoman Pinandita 66.000
615 Pecalang 26.400
616 Pedoman Altar, Bhajan, Meditasi Sai Study 21.600
617 Pedoman Calon Pinandita dan Dharmaning Sulinggih 16.800
618 Pedoman Hidup Untuk Meraih Kebahagiaan 26.400
619 Pedoman Memimpin Upacara Yadnya 22.800
620 Pedoman Memimpin Upacara Dewa Yadnya 26.400
621 Pedoman Penyelenggaraan Pesraman 13.200
622 Pedoman Sembahyang Umat Hindu 22.800
623 Pejati dan Suci 24.000
624 Pelajaran Bahasa Sansekerta 97.200
625 Pelajaran Bahasa Sanskerta Tahap 1 18.000
626 Pelangi Dharma 15.600
627 Pelestarian Lingkungan dalam Agama Hindu 43.200
628 Pemangku Juga Manusia 13.200
629 Pembentukan Karakter Bangsa 24.000
630 Pemikiran Hindu 88.800
631 Pendidikan Agama Hindu di Perguruan Tinggi 36.000
632 Pendidikan Agama Hindu untuk Perguruan Tinggi 31.200
633 Peng. Agama Hindu III Veda 16.800
634 Pengalaman Spiritual Bersama Guru Jilid 1 62.400
635 Pengantar Acara Agama Hindu 21.600
636 Pengantar Beberatan Pemangku 39.600
637 Pengantar Dasar Kepemimpinan Kuna Nusantara 46.800
638 Pengantar Etika dan Moralitas Hindu 51.600
639 Pengantar Filsafat Hindu 32.400
640 Pengantar Hukum Hindu 36.000
641 Pengantar Kitab Itihasa 19.200
642 Pengantar Managemen Bernuansa Hindu 32.400
643 Pengantar Tantra Sebagai Jalan Menuju Kegelapan 26.400
644 Pengaruh Budhi 26.400
645 Pengarusutamaan Gender Menurut Agama Hindu 12.000
646 Pengenalan Dasar Sanskerta 16.800
647 Pengetahuan & Pengendalian Prana 26.400
648 Pengorbanan Sang Arjuna 16.800
649 Peranan Linguistik dalam Analisis Bahasa Puisi 22.800
650 Perempuan dan Kepemimpinan Tranformasional 30.000
651 Percik Pemikiran Padepokan Maruti Suta 39.600
652 Perjalanan Sang Jiwa 60.000
653 Perkawinan dan Kehidupan Keluarga 13.200
654 Perkawinan yang Ideal 21.600
655 Perkawinan Magelar Warang 16.800
656 Perlindungan Hukum Terhadap Wisatawan 26.400
657 Permata & Batu-batu Mulia 46.800
658 Persepsi Umat Hindu Tehadap Svarga Neraka 103.200
659 Pesan Langit dan Bumi 18.000
660 Pesan-pesan upanisad 18.000
661 Pesucian dan Penyapa 13.200
662 Peternakan Berwawasan Kebudayaan dan Agama Hindu 24.000
663 Petunjuk Teknis Dharma Wacana 19.200
664 Petunjuk Teknis Perkawinan Hindu 13.200
665 Pikiran misteri & penaklukkannya 82.800
666 Pinandita Sangging 10.800
667 Pindah Agama, Mengapa? 24.000
668 Pitra Pakerti 16.800
669 Pitra Puja Ngaben lan Nyekah 37.200
670 Pokok-pokok Wariga 36.000
671 Pokok-pokok Ajaran Hindu 66.000
672 Pola Pikir Wawasan kebangsaan 33.600
673 Prana Suci Kundalini 16.800
674 Pranawa OM 31.200
675 Prasasti dan Bade Pande 30.000
676 Pratima Bukan Berhala 31.200
677 Prawerti dan Niwerti Marga 26.400
678 Prema Yoga 30.000
679 Primbon Dewata Seri Mitologi Tanaman, Binatang dan Mahluk 26.400
680 Primbon Dewata Seri Seluk Beluk Tentang Mimpi 66.000
681 Profesi Jaksa 24.000
682 Proses Kremasi & Esensi Perjalanan Atman Menuju Moksa 37.200
683 Proses Penciptaan Alam Semesta 26.400
684 Proses Terbentuknya Bayi Dalam kandungan 13.200
685 Puasa/Brata Ekadasi Mahatmya 21.600
686 Puisi Modre Samar Gantang 18.000
687 Puja Pali-pali 13.200
688 Puja Trisandhya, Kramaning Sembah 10.800
689 Puja Trisandhya, Kramaning Sembah, Kidung Pancayadnya 19.200
690 Puja Walaka 22.800
691 Pujastawa 10.800
692 Punarbawa 37.200
693 Pupulan Carita Cutet Bali Anyar 28.800
694 Pupulan Pidarta Basa Bali 13.200
695 Pura Besakih 52.800
696 Purana Agni 24.000
697 Purana Bhagavata 26.400
698 Purana Bhavisya 24.000
699 Purana Brahma 21.600
700 Purana Brahmanda 24.000
701 Purana Brahmavaivarta 24.000
702 Purana Garuda 24.000
703 Purana Kurma 24.000
704 Purana Linga 19.200
705 Purana Markandeya 31.200
706 Purana Matsya 24.000
707 Purana Narada 24.000
708 Purana Padma 21.600
709 Purana Siva 24.000
710 Purana Skanda 24.000
711 Purana Vamana 24.000
712 Purana Varaha 24.000
713 Purana Vayu 24.000
714 Purana Vishnu 24.000
715 Purana, Sumber Ajaran Komprehensip 72.000
716 Purnama Tilem 19.200
717 Putra Sesana 13.200
718 Putra-putra Siva 30.000
719 Putru Pasaji 10.800
720 Rahasia Om 39.600
721 Rahasia Pemujaan Sakti Durgha Bhairavi 21.600
722 Rahasia Pikiran 26.400
723 Rahasia Surga di Telapak Kaki Ibu 30.000
724 Rahasia Tantra, Yantra, Mantra 51.600
725 Ramalan Joyoboyo, Ronggowarsito, Sabdopalon 37.200
726 Ramalan Nasib 66.000
727 Ramayana 163.200
728 Rangkuman Widhi Sastra 60.000
729 Rare Angon 31.200
730 Rare Angon dan Catur Yajnya 39.600
731 Reformasi Agama Hindu 44.400
732 Reformasi ke Arah kemajuan yang Sempurna 45.600
733 Reinkarnasi, Hidup Tak Pernah Mati 26.400
734 Rendah Hati, Bahagia dan Bijak 10.800
735 Renungan Filsafat Hindu 27.600
736 Renungan Filsafat Hindu II 36.000
737 Renungan Jnana Buddha Siwa 37.200
738 Rerajahan (Fungsi dan Manfaatnya) 49.200
739 Rerajahan lan Pengatawa Caru 13.200
740 Rg Veda Samhita Mandala I, II, III 205.200
741 Rg Veda Samhita Mandala IV, V, VI, VII 188.400
742 Rg Veda Samhita Mandala VIII, IX, X 264.000
743 Ritual ke Spiritual 30.000
744 Ritual Veda Homa Tattwa Jnana 19.200
745 Roga Sanghara Bumi 22.800
746 Runtuhnya Kemuliaan Manusia 20.400
747 Sabda Satya Sai I 37.200
748 Sabda Satya Sai IV 56.400
749 Sabda Satya Sai V 51.600
750 Sadhana (Disiplin Spiritual) 42.000
751 Sanskrit - English Dictionary 510.000
752 Sai Humor 24.000
753 Sai Meditasi 19.200
754 Sai Miracle 34.800
755 Sai Prasanti Bhajan 37.200
756 Saitri 24.000
757 Saiva Siddhanta 16.800
758 Salinan Lontar Aswameda Parwa lan Adi Parwa 22.800
759 Salinan Lontar Bhama Kretih 24.000
760 Salinan Lontar Kusumadewa, Wrati Siwa Sasana, Wariga Gemmeht 52.800
761 Salinan Lontar Siddhimantra Tattwa 50.400
762 Salinan Lontar Taru Premana 12.000
763 Sama Veda Samhita 140.400
764 Samhita Vacana Agama Hindu 60.000
765 Samsara Perjalanan Sang Jiwa 37.200
766 Sandhya dan Agnihotra 18.000
767 Sanggah Kemulan 16.800
768 Sangging Tata Pati Undagi 46.800
769 Sanghyang Buda Kecapi 24.000
770 Sankrit - English Dictionary 495.600
771 Sarasamuccaya 51.600
772 Sarasamuccaya Smerti Nusantara 52.800
773 Sareng Mapauruk Aksara Bali 16.800
774 Sarining Vrespatikalpa 24.000
775 Sarjana yang Bodoh 10.800
776 Sarva Gita Sarah (SC) 60.000
777 Sarva Gita Sarah (HC) 66.000
778 Satya Dharsan 21.600
779 Saya Bangga Beragama Hindu 45.600
780 Seha Puja Pinandita Catur yajna 26.400
781 Sejarah dan Babad Keloping 31.200
782 Sejarah Kerajaan Blambangan 99.600
783 Sejarah mahagotra Tirta Harum 48.000
784 Sejarah Pangeran Bendesa Manik Mas 20.400
785 Sejarah Perjalanan Danghyang Nirartha 1453 - 1520 46.800
786 Sejarah Perkembangan Agama Hindu 24.000
787 Sekilas Metode Tentang Dharma Wacana 33.600
788 Sembahyang Menurut Hindu 31.200
789 Senyum 79.200
790 Serial Walian Sakti Meditasi Kesehatan Jiwa Premana I 31.200
791 Seri 1 Arsitektur Tradisional Bali : Filosofi Konsep dan Aplikasi 54.000
792 Seribu Nama Siwa 36.000
793 Seribu Nama Wisnu 32.400
794 Seribu Nama Wisnu, Mantra dan Arti 32.400
795 Sesayut Lan Tebasan 13.200
796 Setapak Sirih Sejuta Pesan 10.800
797 Sihir Bali 24.000
798 Sikap Vedanta Terhadap Agama 50.400
799 Siksa dan Jnana 36.000
800 Sila dan Vinaya 38.400
801 Sipta Durmanggala 18.000
802 Sira Nika Tyang 32.400
803 Sistem Filsafat Hindu Lengkap 60.000
804 Sistem Kawin Lari Adat Tradisi Lombok 32.400
805 Sistem Pendidikan Agama Hindu 36.000
806 Sisya Sesana 21.600
807 Sisya Sista 60.000
808 Siva 13.200
809 Siva Purana 36.000
810 Siva Purana Vol. I 103.200
811 Siva Purana Vol. II 132.000
812 Siva Purana Vol. III 120.000
813 Siva Sakti Svarupa 16.800
814 Siva Samhita 31.200
815 Siwa Siddhanta Tattva dan Filsafat 60.000
816 Sivaratri 26.400
817 Siwa Kalisa 13.200
818 Siwa, Sadasiwa dan Paramasiwa (Siwaratri) 20.400
819 Siwaratri 26.400
820 Siwaratri di Era Modern 26.400
821 Slokantara (Cover Biasa) 66.000
822 Slokantara (Cover Lux) 60.000
823 Soca Mautama 16.800
824 Sorandaka 37.200
825 Sraddha dan Bhakti 24.000
826 Spiritualitas Transformasi ke Dalam dan Ke Luar Diri 37.200
827 Sraddha dan Bhakti 24.000
828 Sri Guru Phitam 30.000
829 Sri Krisna Lila 13.200
830 Sri Rama 13.200
831 Sri Upanisad 48.000
832 Srimad Bhagavatam 169.200
833 Stop Pembohongan, Pembodohan & Penistaan 26.400
834 Studi Banding Antar Agama 33.600
835 Stuti & Stava 148.800
836 Suara Bathin, Inner Voice 26.400
837 Subak Konsep Pertanian Religius 43.200
838 Subha Asubhakarma 30.000
839 Sukinah (Membangun Rumah Tangga) 33.600
840 Suksmaning Banten 31.200
841 Suluh Hidup Lentera Kecil 13.200
842 Suluh Hidup Lentera Kecil 2 26.400
843 Sumber Hukum Hindu 27.600
844 Sundarigama 22.800
845 Sungai Gangga, Mandira dan Pura 26.400
846 Surya Namaskara 33.600
847 Surya Sevana 66.000
848 Susastra Hindu 24.000
849 Sutasoma Pangeran Rembulan 21.600
850 Svami Sivananda Penebar Cinta Kebajikan 51.600
851 Svarga Rohanika Parva 13.200
852 Svami Vivekananda : Untaian Indah Pemikiran dan Wejangan 18.000
853 Tadah Kala 19.200
854 Tantra dan Sex 10.800
855 Tantra yoga 16.800
856 Tantri Kamandaka (Nandhaka Harana) 50.400
857 Tanya jawab Ajaran Hindu I (Prasnottara Vahini) 16.800
858 Tanya jawab Ajaran Hindu II (Upadesa Merta) 32.400
859 Tanya Jawab Hindu bagi Pemula 64.800
860 Tanya jawab tentang Bhagavatam purana 13.200
861 Tanya Jawab Tentang kehidupan Illahi 13.200
862 Tanya Jawab tentang Ramayana 10.800
863 Tat Twam Asi 30.000
864 Tata Cara Ritual dan Tradisi Hindu 96.000
865 Tata Cara Sembahyang & Pengertiannya 16.800
866 Tata Letak Tanah & Bangunan 19.200
867 Tata Susila Hindu 20.400
868 Tata Titi dan Tutur Kamoksan di Bali 37.200
869 Tatanan Upacara Ngenteg Linggih 13.200
870 Tatanan Upakara lan Upacara Manusa yadnya 24.000
871 Tataning tetanding Banten Sesayut 26.400
872 Tattwa 33.600
873 Tattwa Hindu Bagi Pandita & Pemangku 21.600
874 Tattwa Jnana 19.200
875 Tentang Hidup dan Kehidupan 22.800
876 Tenung Pewacakan Rare 43.200
877 Teologi & Simbol Dalam Agama 88.800
878 Teologi Hindu, Tema, Wacana dan Struktur 126.000
879 Teologi Sanatana Dharma 132.000
880 Teologi Sosial 86.400
881 Teologi, Filsafat, Etika dan Ritual dalam Susastra Hindu 24.000
882 Teori Organisasi 60.000
883 Terangnya Sinar Atma Jnanam 33.600
884 Terapi Laut 37.200
885 Tetandingan Lan Sorohan Bebanten 26.400
886 Teologi Hindu 16.800
887 Tinjauan Tabuh Rah dan Judi 13.200
888 TirTirta Yatra ke Nusa Penida 13.200
889 Thirta Yatra Perjalanan ke tempat-tempat Suci 66.000
890 Tokoh-tokoh cerdik dalam Cerita Rakyat 26.400
891 Tradisi Bali dan Lombok 31.200
892 Transformasi Kebudayaan Bali Menuju Abad XXI 50.400
893 Transformasi Pertanian 46.800
894 Tri Hita Karana (Kajian, Theologi, sosiologi, ekologi) 36.000
895 Tri Hita Karana Ekologi Ajaran Hindu 37.200
896 Tri Hita Karana Menurut Konsep Hindu 45.600
897 Tri Hita Karana & World Peace : Bali Hinduism Philosophy 43.200
898 Tri Kaya Parisuda 31.200
899 Tri Murti 34.800
900 Tri Rna 30.000
901 Trisandhya, Sembahyang & Berdoa 26.400
902 Tuhan Menciptakan Alam Semesta dan Manusia 32.400
903 Tuhan Siva dan Pemujaannya 51.600
904 Tuhan Sudah Mati? Untuk apa Sembahyang 97.200
905 Tujuan Pengembaraan kehidupan manusia 21.600
906 Tumpek Wariga 19.200
907 Tuntunan Indik Padewasan 16.800
908 Tuntunan Nganteb Upaka (Dewa Yadnya) 16.800
909 Tuntunan Praktis Dharma Wacana 43.200
910 Tuntunan Praktis Upacara Memandikan Mayat 16.800
911 Tuntunan Susila untuk Meraih Hidup Bahagia 16.800
912 Tuntunan Susila untuk Meraih Hidup Bahagia 2 16.800
913 Tutur Aji Saraswati 13.200
914 Tutur Bhagavan Agastyaprana 13.200
915 Tutur Bhuwana Kosa 37.200
916 Tutur Gong Besi (budha) 13.200
917 Tutur Gong Besi (sudira) 16.800
918 Tutur Lebur gangsa 16.800
919 Tutur Rare Angon 13.200
920 Tutur Usada 36.000
921 Ukuran Keris Utama 19.200
922 Ulap-ulap dan Rerajahan 33.600
923 Ulap-ulap Sruti Aksara Bali 16.800
924 Upacara Ritual perkawinan Agama Hindu Kaharingan 28.800
925 Upacara Bayi dalam kandungan 16.800
926 Upacara Mapreteka Layon 24.000
927 Upacara Malebur Sarwa Prateka 57.600
928 Upacara Mlaspas Karang 54.000
929 Upacara Mulang Pakelem di Danau Segara Anakan 32.400
930 Upacara Nyenuk 26.400
931 Upacara Nyiramang Layon 13.200
932 Upacara Pasupati sebagai Media Sakralisasi 19.200
933 Upacara Madiksa 24.000
934 Upacara Pasupati sebagai Media Sakralisasi 19.200
935 Upacara Pemujaan Durga Mahesasura 24.000
936 Upacara Piodalan Alit di Sanggah 26.400
937 Upacara Ritual perkawinan Agama Hindu Kaharingan 30.000
938 Upacara Yadnya Seri I (Melangkah ke persiapan) 26.400
939 Upacara Yadnya Seri II Bahan & Bentuk Sesajen 30.000
940 Upacara Yadnya Seri III Dewa Yadnya 24.000
941 Upacara Yadnya Seri IV Manusa Yadnya 26.400
942 Upacara Yadnya Seri V Pitra Yadnya 24.000
943 Upacara Yadnya Seri VI Bhuta Yadnya 21.600
944 Upacara Yadnya Jilid Lengkap 145.200
945 Upadesa 21.600
946 Upanisad-Upanisad Utama 162.000
947 Upawasa, Tapa dan Brata Berdasarkan Agama Hindu 30.000
948 Usada Bali Agung 66.000
949 Usada Bali Seri Menguak Dahsyatnya Khasiat Ramuan 84.000
950 Vana Parwa 36.000
951 Variasi Bahasa Kedudukan dan Peran Sai Baba 22.800
952 Vastusastra dalam Cinta & Romantika 16.800
953 Veda Abad 21 Vol. 1 73.200
954 Veda Abad 21 Vol. 2 86.400
955 Veda Sabda Suci 152.400
956 Veda Yang Agung Sumber Semua Dharma 52.800
957 Vedanta 66.000
958 Vedanta Merangkul Semua Agama 57.600
959 Vegetarianisme 13.200
960 Vijnana Bhairawa atau Kesadaran Tuhan 43.200
961 Visnu 13.200
962 Vrespati Tattwa 16.800
963 Vyakarana, Tata Bahasa Sanskerta 51.600
964 Wacana Dharma 13.200
965 Wacana Harian Sai Baba 42.000
966 Wacana Mutiara 26.400
967 Wacana Sai untuk Sadhaka 13.200
968 Wacana Spiritual 16.800
969 Wanita 13.200
970 Wanita Mulia Istana Dewa 39.600
971 Wariga Dewasa Praktis 30.000
972 Wariga Krimping 36.000
973 Warnaning sesayut lan caru 30.000
974 Weda Wakya III 66.000
975 Weda Wakya IV 72.000
976 Weda Wakya V 72.000
977 Wedaparikrama HC 66.000
978 Wejangan Filosofis dan Keagamaan Swami Vivekananda 39.600
979 Wejangan Sai Baba tentang Kepemimpinan 48.000
980 Wiku Sesana 92.400
981 Wiwaha Perkawinan 18.000
982 Wong Agung Wilis 33.600
983 Wrehaspati Tattwa 18.000
984 Wrespati Tattwa Sebgai Filsafat 34.800
985 Yadnya Sesa 16.800
986 Yajur Veda 36.000
987 Yajur Veda Samhita 177.600
988 Yaksa Prasna 21.600
989 Yama Niyama Brata 19.200
990 Yoga Kundalini 37.200
991 Yoga Suara Sekar Alit 13.200
992 Yowana 33.600