Rabu, 26 April 2017

Shiva Purana BAB X : Menghilangnya Shiva

BAB X (Menghilangnya Shiva setelah menjelaskan lima kewajiban Tuhan dan Omkara mantra pada brahma dan Vishnu)


Brahma dan Vishnu berkata :
1. Tuan mohon beritahukanlah kami tentang karekteristik dari lima              kewajiban yang diawali dari penciptaan itu.

Shiva berkata  :
            “Aku akan memberitahu kalian tentang rahasia dari lima kewajiban ini. Ini aku lakukan karena cinta kasihku yang tak terbatas pada kalian”
2.      Brahma dan Vishu, perputaran lima kewajiban ini terdiri dari penciptaan, pemeliharaan, penghancuran, pelenyapan dan pemberkahan.
3.      Penciptaan semesta disebut sebagai Sarga, Stihti adalah pemeliharaan, Samhara adalah peleburan dan Tirobhawa adalah pelenyapan.
4.      Sedangkan yang dimaksud pemberkahan adalah pencapaian pembebasan dari perputaran kelahiran dan kematian. kelima aktifitas ini adalah aktifitasKu, namun dilakukan oleh beberapa dewa yang lain yang merupakan aspek perwakilanKu.
5.      Empat aktifitas yang pertama adalah aktifitas yang bersangkutan dengan proses evolusi alam semesta. Sedangkan yang kelima adalah untuk pembebasan. Dan semua itu adalah hak istimewaKu.
6.      kelima aktifitas ini, oleh para pemujaKu diasosiasikan kedalam lima katagori elemen, Sarga mewakili elemen tanah, Stithi mewakili elemen air, Samhara mewakili elemen api, Tirobhava mewakili elemen angin dan aspek pembebasan diwakili oleh Angkasa.Segalanya berasal dari elemen tanah sebagai elemen dasarnya, semuanya berkembang dengan adanya air, segalanya mendapatkan semangat dan kehangatan dari api, segalanya dilenyapkan oleh angin dan semuanya diberkati oleh Langit. Oleh karena itulah orang yang bijak hendaknya mengetahui hal ini.
7.      satu bagian dengan yang diatas.
8.      satu bagian dengan yang diatas.
9.      Untuk mengawasi dan memastikan kelima aktivitas ini berlangsung sebagaimana mestinya maka aku memiliki lima wajah yang mengawasi empat penjuru dan yang satu berada ditengah.
10.  Anak-anakku, karena kesucian kalian maka kalian mendapatkan kehormatan untuk melakukan dua tugas yang pertama yaitu mencipta dan memelihara. Kalian telah membuatKu berkenan maka terberkatilah kalian.
11.  Dua tugas yang lain yaitu penghancuran dan pelenyapan diserahkan pada Rudra dan Mahesa. Sedangkan kewajiban yang kelima ini tidak boleh dilakukan oleh satupun dari kalian.
12.  Karena bergulirnya sang waktu maka kalian telah melupakan semua persiapan dan pembagian tugas ini. Namun tidak demikian halnya dengan dengan Rudra dan Mahesa.
13.  Aku telah menunjuk mereka dan memberitahukan mereka tentang kesamaanku dalam wujud, busana, tugas, kendaraan, singgasana, senjata dan yang lainnya.
14.  Anak-anakku, ketidaktahuan kalian telah membuat kalian tidak merenungkan hal ini dan bermeditasi kepadaku. Jika telah mendapatkan pengetahuan tentang aku maka kalian tidak akan pernah termakan oleh ego sebagai yang tertinggi mengatasi yang lainnya.
15.  Maka mulai sekarang kalian hendaknya mengucapkan mantra suci Omkara berulang-ulang untuk mendapatkan pengetahuan tentang diriKu. Dengan begitu maka ego kalian yang fana itu akan tersisihkan.
16.  Aku telah mengajarkan mantrasuci Omkara pada kalian. Mantra suci ini keluar dari mulutKu sendiri dan tidak ada bedanya dengan diriku sendiri.
17.  Omkara adalah petunjuk dan aku adalah yang ditunjukkannya. Mantra ini identik dengan diriku. Pengucapan mantra ini sama dengan membayangkan wujud ilahiku secara berulang-ulang.
18.  Huruf A muncul dari wajahKu yang disebelah utara, huruf U muncul dari wajah sebelah barat, huruf M muncul dari wajah yang menghadap ke selatan dan Bindu (titik) muncul dari wajah sebelah timur. Serta Nada (irama mistik) adalah muncul dari wajah yang ditengah. Jadi lengkaplah kelima tugas agung yang diwakili oleh wajahku telah bersatu dalam suku kata tersuci ‘OM’.
19.  satu bagian dengan yang diatas.
20.  Selanjutnya dua perwujudan yaitu Nama dan Rupa diliputi oleh mantra suci ini. Dua perwujudan ini melambangkan Shiva dan Shakti.
21.  Dari suara suci Brahman lahirlah lima suku kata suci yaitu ‘namasivaya’. Mantra ini melambangkan segala pengetahuan. Suku kata ‘Na’ dan seterusnya mengikuti huruf A dan demikianlah seterusnya. 
22.  Dari mantra lima suku kata ini lahirlah lima Ibu (dewi) suci. Siromantra juga lahir dari mantra ini. selanjutnya dari mantra ini lahirlah Dewi Gayatri yang memiliki lima wajah.
23.  Seluruh mantra dari Veda dan miliaran mantra lainnya lahir dari mantra suci ini. Berbagai efek tertentu dari suatu mantra bisa dihasilkan dari sebuah mantra tertentu namun semua efek itu dihasilkan hanya dengan satu mantra Omkara ini saja.
24.  Dengan memanfaatkan Mula mantra ini, pencapaian tertinggi dalam hidup ini yaitu pembebasan dapat tercapai. Dengan mengucapkan satu suku kata suci ini maka mantra apa saja akan hidup dan berkhasiat.
Nandikeswara berkata  :
25.  Sang dewa dengan ditemani oleh permaisuri beliau kemudian mengambil peran sebagai pembimbing Brahma dan Vishnu. Beliau menyucikan mereka dan kemudian menaruh tanganNya yang penuh berkah pada kedua kepala mereka dan menyuruh mereka menghadap ke utara. Kemudian secara perlahan-lahan beliau mengajarkan mereka tentang mantra tertinggi ini.
26.  Kedua murid ini telah menerima inisiasi dalam mantra Omkara dengan mengucapkannya tiga kali diiringi dengan pelaksanaan ritual Tantra dan Yantra (47)seperti yang diajarkan pada mereka. Selanjutnya sang murid membayar dhaksina kepada sang guru dan untuk selanjutnya mereka akan senantiasa mengabdikan diri kepada beliau. Setelah semua ritual itu selesai maka kedua murid mencakupkan tangan memberi hormat kepada Sang guru pembimbing alam semesta.
27.  satu bagian dengan sloka diatas.
Brahma dan Vishnu berkata  :
28-31. (Doa mereka) : “Sujud kami pada anda yang tidak berwujud. Sujud kami pada kecemerlangan yang tanpa wujud. Sujud pada anda yang menjadi penguasa seluruh semesta alam. Sujud pada anda yang menjadi jiwa dari seluruh mahluk dan benda dimuka bumi ini. Sujud pada anda yang dinyatakan dalam Omkara pranava mantra. Hormat kami pada anda yang mewakili omkara mantra. Hormat pada anda yang menjadi perancang seluruh penciptaan. hormat pada anda yang berwajah Lima. Sujud pada anda yang identik dengan Pancabrahma. Sujud pada anda yang melakukan lima fungsi ilahi dari seluruh alam semesta ini. Sujud pada Atman, Brahman yang tidak berawal dan berakhir. sujud pada Shiva guru yang memiliki kepribadian dan tanpa kepribadian.”
            Setelah mengucapkan doa penghormatan itu, maka Brahma dan Vishnu kemudian bersujud padaNya.
Ishwara berkata  :
32.  Anak-ankku, esensi dari kebenaran tentang segala hal telah aku beritahu secara praktek pada kalian. Maka kalian harus senantiasa mengucapkan Omkara mantra yang identik denganKu.
33.  Dengan mengucapkan mantra ini maka pengetahuan kalian akan senantiasa diseimbangkan. Keberuntungan akan senantiasa menemani kalian jika mantra ini kalian ulang-ulang. Pada hari Caturdashi dan hari dimana bintang Ardra muncul pada bulan Margasira maka mantra ini akan memberikan pengaruh yang berlipat-lipat.
34.  Pengucapan mantra ini pada saat matahari bertemu dangan bintang ardra akan memberikan efek yang jutaan kali lebih dahsyat. efeknya bahkan mengalahkan pemujaan dengan Homa dan Tarpana pada saat bintang ardra bertemu dengan bulan Margasira atau pada saat Punarvasu. Pada persitiwa ini kalian hendakya memanfaatkannya dengan melihat pemandangan ini selama dua muhurta (48 menit).
35.  satu bagian dengan sloka diatas.
36.  Pada peristiwa besar ini ia hendaknya melakukan ritual Caturdashi hingga tengah malamnya. Jika bintang ini hanya muncul setelah setengah malam saja, lalu kemudian muncul lagi maka upacara caturdasi itu tetap dilanjutkan.
37.  Meskipun aku menganggap bahwa pemujaan pada Linggam atau patungKU adalah sama saja, namun pemujaan pada linggam aku anggap lebih istimewa.Untuk mereka yang mengejar pembebasan maka pemujaan patung linggam adalah yang dianjurkan.
38.  Yang lain hendaknya memuja linggam dengan Omkara mantra dan memuja patungku dengan mantra lima suku kata, dengan persembahan yang istimewa dan homa yang sesuai. Maka dengan demikian mereka akan dengan mudah mencapai alamKu.
39.  satu bagian dengan sloka diatas.
            Setelah memberikan petunjuk seperti itu pada kedua muridNya maka Shiva tiba-tiba menghilang dari tempat itu.

            47. Ritual pemujaan ini disertai dengan penggunaan Tantra dan Yantra serta mantra. Yantra adalah diagram mistik yang memiliki kekuatan magis. Tantra adalah ritual yang berdasarkan konsep penyatuan Shiva dan Shakti dalam diri manusia. sedangkan mantra adalah rumusan atau formula gaib dari beberapa atau satu suku kata.

sumber : http://agamakuhindu.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Toko Online terpercaya www.iloveblue.net

Toko Online terpercaya www.iloveblue.net
Toko Online terpercaya www.iloveblue.net