Jumat, 12 Juni 2020

AJARAN KEPEMIMPINAN DALAM KAKAWIN GAJAH MADA

Article Index

Ajaran Kepemimpinan Dalam Kakawin Gajah Mada

Page 2

Page 3

Page 4

Page 1 of 4

Perspektif Model Kepemimpinan Hindu

Dalam Masyarakat Bali*

I Made Titib**

Abstrak

Description: ImageKakawin Gajah Mada, sebuah kakawin pada abad ke 20, selesai ditulis di Bali pada tanggal 10 November 1958, bertepatan dengan Hari Pahlawan. Kakawin ini menguraikan kejayaan Mahapatih Gajah Mada yang terkenal bijaksana. Penyair menggunakan berbagai sumber sebagai bahan penyusunan kakawin  ini, antara lain Babad Gajah Mada, Nagarakritagama, Pararaton, Cerita Rakyat Tentang Gajah Mada, Slokantara, Silakrama, dan lain-lain. Di dalam kakawin tersebut terdapat ajaran kepemimpinan di antaranya tentang profil pemimpin, kerja keras, visioner, cerdik, cermat, tipu daya, melenyapkan gangguan terhadap negara, pemimpin dan pandita melaksanakan fungsinya sebagai Brahma, Wisnu, dan Siva, mewujudkan kesejahtraan, melindungi seluruh wilayah negara, menumbuhkan kesadaran warga negara terhadap tegaknya hukum, mewujudkan kesucian pribadi melalui pertapaan, dan samadhi. Gajah Mada seorang negarawan besar dan ajaran kepemimpinan yang diajarkan dan diimplementasikan masih sangat relevan dewasa ini.

Kata Kunci
Kakawin Gajah Mada, Ajaran Kepemimpinan, dan  Model Kepemimpinan

Pendahuluan

Mahapatih Gajah Mada sangat populer sebagai seorang tokoh nasional pada masa kejayaan Majapahit. Banyak karya sastra dan mitos yang berkaitan dengan tokoh yang mampu mempersatukan seluruh wilayah Nusantara yang meliputi kepulauan Madagaskar, Indonesia dewasa ini, sebagian Malaysia hingga ke Filipina Selatan. Salah satu karya sastra tersebut adalah Kakawin Gajah Mada (disingkat KGM) yang sudah dikaji dalam bentuk disertasi oleh Partini Sarjono Pradotokusomo dan sudah diterbitkan oleh Bina Cipta Bandung (1986) dengan topik Kakawin Gajah Mada (Sebuah Karya Sastra Kakawin abad ke-20, Suntingan Naskah serta Telaah Struktur, Tokoh, dan Hubungan Antarteks).

 

Di dalam KGM ditemukan berbagai taktik, strategi, profil pemimpin, dan ajaran kepemimpinan yang dilaksanakan oleh Mahapatih Gajah Mada yang kiranya masih relevan untuk dikaji dari perspektif model kepemimpinan Hindu dalam masyarakat Bali, tentunya ada pula hal-hal yang negatif yang tidak patut diteladani. Pengarang kakawin adalah Ida Cokorda Ngurah dari Puri Saren Kauh Ubud. Beliau seorang bangsawan kaya dari keluarga Ksatriya. Beliau juga seorang serba bisa, ahli sastra, terutama sastra Kawi, pengarang, pemahat, pembuat patung, pengukir, dan seorang arsitek tradisional.

 

Ajaran kepemimpinan dalam KGM seperti disebutkan dalam kolofon teks ini (67.2)  merupakan karya intertekstualitas: ‘tan pendah lawe  awuk slirih leseh ring sampiran ngamet, yeka inantun-antun ginawe tenun sigra pwa kadurus’ (Tak ubahnya benang tenun yang lapuk, koyak, dan lusuh di tempat gantungan, kemudian dirangkai menjadi tenunan, tentu saja putus). Berdasarkan kutipan tersebut, tulisan ini ingin mengungkapkan tentang ajaran kepemimpinan yang terkandung dalam KGM, serta pesan yang terkandung dari KGM tersebut, yang dikaji melalui teori hermeneutik dan intertekstualitas.

Sinopsis Kakawin Gajah Mada

Pada bagian awal KGM, sebuah manggala (1.1-3) yang ditujukan kepada Bhattara Dhatra (Brahma). Diceritakan kehidupan pandita suami istri bernama Sura Dharma dan Nari Ratih yang tinggal di wilayah Wilatikta yang berguru kepada pandita Hangga Runti. Kedua siswa pandita ini diwisudha untuk mengikuti disiplin sebagai Sewala Brahmacari. Ketika Pandita Sura Dharma pergi meninggalkan pertapan untuk mengambil air minum, saat itu datang Dewa Brahma yang menyamar menyerupai wujud Pandita Sura Dharma yang merayu dan memperkosa Pandita Nari Ratih (1.4-8, 2.1-6, 3.1-8, 4.1-12, 5.1-10, 6.1-8, 7.1-10, 8.1-10, 9.1-10, 9.1-8). Kegagalan suami istri untuk melaksanakan disiplin Sewala Brahmacari mengakibatkan kekecewaan yang mendalam kedua suami istri tersebut yang mengakibatkan Pandita Nari Ratih hamil besar. Kemudian mereka berdua mengembara melakukan penyucian diri dan perjalanannya memasuki Desa Mada. Di depan pelataran (babaturan) sebuah pura tempat memuja Dewa Siwa dengan saktinya Dewi Durga dan Gangga di desa ini Nari Ratih melahirkan seorang anak laki-laki (10.1-15). Anak itu ditinggalkan di pura tersebut, dan Pandita  Sura  Dharma dan istrinya kemudian mencapai kesempurnaan/nirwana(11.1-12).

 

Seperti ada kekuatan yang menarik kepala Desa Mada untuk menuju lokasi bayi laki-laki yang ditinggalkan oleh Pandita Sura Dharma dan istrinya yang tampak malam itu menyala bagaikan api yang membakar pura Dewa Siwa tersebut. Kemudian bayi itu dipungut dan dijadikan anak angkat yang kemudian anak itu menunjukkan sopan santun , mempesona dan menimbulkan simpati yang mendalam dan anak itu diberi nama Pipil Mada (13.1-8). Setelah anak itu remaja, ia diijinkan mengembalakan lembu. Ia bersama teman-teman sebayanya mengembalakan lembu di padang Kumalawati, di tepi sungai  yang airnya deras dan jernih. Di tepi tempat pengembalaan itu terdapat sebuah  candi, yang indah dengan taman bunga yang sedang mekar berbunga(15.1-9).  Pipil Mada mengajak teman-temannya untuk membuka sebidang tanah yang luas dan membukanya menjadi tanah pertanian (16.1-8). Tanah yang dijadikan ladang tersebut bernama tegal Trik, dan karena kemampuan Pipil Mada, tanah tersebut diubah menjadi tanah pertanian yang subur yang dibagi-bagi kepada para gembala (18.1-11). Tanah yang tadinya kering dan tidak subur diubah menjadi tanah pertanian yang subur, penuh dengan aneka tanaman umbi-umbian dan buah-buahan. Demikian pula aneka bunga tumbuh berkembang banyak orang yang kagum menyaksikan perubahan yang luar biasa tersebut (19.1-8).

 

Atas keberhasilan tanah pertanian tersebut. Pipil Mada bersama para gembala berniat mempersembahkan hasil pertaniannya itu kepada  raja Majapahit (20.1-11).  Pipil Mada memimpin rombongan yang jumlahnya sampai seribu orang (22.1-8). Segera tiba di balairung keraton (23.1-8). Mereka diterima oleh perdana menteri (mahapatih) dengan senang hati yang keheranan terhadap kemampuan anak-anak gembala tersebut.  Sang mahapatih kemudian meninjau tanah ladang yang subur tersebut (24.1-12). Sang mahapatih melakukan berbagai ujian terhadap sikap dan mental para gembala di ladang tersebut antara lain berupa dijatuhkannya sebuah palu mas dan uang perak yang ditinggalkan di ladang. Pipil Mada kemudian menunjukan integritasnya dengan menghaturkan semua milik mahapatih itu, yang menyebabkan pemilik harta berharga tersebut tertegun kagum (25.1-15).  Pipil Mada sangat tekun sembahyang dan melakukan meditasi yang dilakukannya sejak masa kanak-kanak. Tiga hari kemudian mereka memimpin kembali para gembala ternak itu menghaturkan hasil bumi ke istana Majapahit (26.1-14). Cukup lama para gembala diterima di istana, dan mereka diuji untuk menangkap ikan dan Pipil Mada menunjukkan kemampuannya yang luar biasa yang pertama datang menghadap dengan ikan yang sangat banyak (27.1-14).  

 

Pipil Mada sendiri diminta untuk tetap tinggal di istana mahapatih. Pipil Mada  menunjukan kemampuan dirinya yang luar biasa dan menyenangkan. Diceritakan disebuh pertapaan terjadi keributan akibat Banasakti, makhluk siluman yang pura-pura menjadi murid pandita tersebut. Pada saat pandita guru pergi mandi, tiba-tiba makhluk siluman itu berubah wujud menjadi pandita guru yang penampilannya sama seperti pandita yang asli. Kedua pandita itu merebut istri pandita asli. Pertikaian dua pandita itu sampai terdengar ke istana sang mahapatih. Pipil Mada menyampaikan saran kepada mahapatih dengan menguji mereka di istana dengan cara mengangkat besi yang berat (29.1-20). Tipu daya yang disampaikan Pipil Mada itu berhasil, ternyata pandita yang palsu adalah pandita sanggup memikul besi yang berat tersebut, dan pandita palsu tersebut  mati dibunuh (30.1-14, 31.1-12).  Mahapatih sangat senang kepada Pipil Mada yang disebutnya sangat arif dan mampu menyelamatkan dirinya, kemudian dinikahkan dengan putrinya, Dyah Bebed (32.1-6).  

 

Pipil Mada di istana mahapatih menunjukan dirinya sebagai Dewa Asmara (37.3-5) yang kemudian mahapatih menyerahkan kekuasaannya kepada Pipil Mada sebagai dirinya. Pipil Mada memasukan dewa-dewa kahyangan dalam tubuhnya (37.14-18). Mertua Pipil Mada menasehati anak dan menantunya, menjadi putri yang setia mengikuti teladan Putri Madawi, putri Maharaja Jayati dan Pipil Mada mengikuti jejak Pandita Golawa yang sangat bakti kepada gurunya Wiswamitra. Dapat memberi perlindungan seperti Sang Garuda (40.1-13).  Raja Kala Gemet  menyetujui pengunduran ayah Dyah Bebed sebagai mahapatih dan menunjuk Gajah Mada sebagai mahapatih Kerajaan Majapahit (Wilatikta). Ketika Gajah Mada menjabat sebagai mahapatih, seluruh raja (bawahan) tunduk kepada Majapahit, negara makmur dan sejahtra (41.7-42).     

 

Dhang Hyang Kepakisan memerintah di Majalangu (lukisan keindahan pemandangan). Kelahiran dua anak, pria dan wanita, dari batu yang dipuja yang merupakan penjelmaan dari pandita Sura Dharma dan istrinya (43.1-9). Anak itu dinamai Sri Kapakisan oleh Gajah Mada. Kemudian Sri Kapakisan mempunyai empat orang putra, tiga laki-laki dan satu wanita. Raja Kala Gemet wafat meninggalkan dua putri (44.8). Sri Kresna Kapakisan menjadi raja Majapahit; Gajah Mada menjadi mahapatihnya (44.9-12).

 

Selanjutnya diceritakan kerajaan Bali. Asal-usul raja Bali (45.1-4). Pendirian benteng di Batu Anyar (45.5). Para patih raja adalah: Pasung Rigis di Tangkulak, Kebo Mayura (Kebo Iwo) di Karang Buncing. Tambyak di Jimbaran, Komang di Sraya. Dilukiskan persahabatan antara Pasung Rigis dan Kebo Mayura (45.6-7). Raja Bali mengadakan latihan perang. Kepala raja pagi hari dipotong, melesat ke angkasa, sore hari kembali bersatu dengan badannya (45.8-11). Latihan perang bertempat di Gunung Batur. Kembali ke Batu Anyar latihan perang dilanjutkan. Kepala raja dipotong oleh Pasung Rigis, namun sampai sore kapalanya itu belum juga kembali (46.8-21). Kepala raja kemudian diganti dengan kepala babi hutan, disebut Bedhahulu (47.1-5). Raja kemudian tinggal di menara yang tinggi dan tidak boleh dilihat orang (47.6-9).

 

Gajah Mada di Majapahit mengadakan sayembara dua putri Kala Gemet (lukisan keindahan). Dyah Pusparaga dipersunting Pradita, putra raja Koripan, adiknya Ratna Puspacitrangsa diperistri Sukarsa, putra raja Gaglang (47.10-14). Kelahiran putra raja Koripan bernama Hayam Wuruk atau Smara Wijaya dan putra raja Gaglang bernama Jaya Tular aatau Smara Kajanta (48.1-5). Negara Majapahit sejahtera dengan Mahapatih Gajah Mada (46.8).

 

Terjadi peristiwa kelaparan di Majapahit (48.1-7). Raja Bali yang dituduh menyebabkan bahaya kelaparan tersebut (48.8). Gajah Mada didampingi oleh Gajah Para diutus ke Bali (48.8). Raja Bedhahulu atau Bedhamukha dan Kebo Mayura dicarikan siasat supaya dapat ditaklukan (48.9). Menuju ke kediaman Pasung Rigis dan Kebo Mayura (48.10-11). Gajah Mada meminta Kebo Mayura untuk bersedia dikawinkan dengan putri raja Majapahit (50.1-7). Kebo Mayura setuju dan minta izin kepada raja Bedhahulu (50.8). Gajah Mada dapat melihat wajah raja Bedhahulu. Kematian raja Bedhahulu (50.8-11). Gajah Mada dan Pasung Rigis ke Tangkulak (50.9-12). Pasung Rigis dilumpuhkan kesaktiannya (50.13-21).

 

Gajah Mada meneliti daerah yang strategis untuk persiapan perang (50.1-4). Jamuan makan di desa-desa sepanjang perjalanan (51.5-9). Kebo Wawira (Kebo Iwa) disuruh menggali sumur (51.10-12). Kebo Wawira mau dibunuh, tetapi tidak berhasil (51.13-52.6). Kebo Wawira dapat dibunuh dengan kapur  (52.7-11).

 

Laporan Gajah Mada di Majapahit bahwa memang benar raja Bali penyebab musibah dan kelaparan di Majapahit (53.1-54.2). Dilanjutkan dengan pengerahan bala tentara Majapahit akan menyerang Bali (54.3-55.5). Di lain pihak kerajaan Bali mempersiapkan tentaranya (55.6-8). Perang berkobar, Arya Damar berhadapan dengan Pasung Rigis dan patih Bedhahulu ini kalah dan berhasil dibunuh oleh Arya Damar (58.1-6).

 

Kemenangan berada pada bala tentara Jawa (59.1-5). Arya Damar menemui Gajah Mada di Mimba (59.6). Arya Damar salah paham (59.7-14). Di Bali  ada musuh berupa Raja Danawa (raja Balingkang) yang datang menyerang (60.1-6). Arya Kapakisan disuruh Gajah Mada melapor ke Majapahit (60.7-61.1). Pengerahan bala tentara dari daerah lain oleh Majapahit (61.2-6). Raja Majapahit  dan bala tentara tiba di Bali. Raja memberi wejangan pada bala tentara dan penyusunan siasat perang, kemudian perang berkobar (61.7-63.8). Gajah Mada dan Gajah Para kalah melawan Raja Danawa, dilanjutkan dengan Raja Kresna Kapakisan mengalahkan Raja Danawa (63.3-63.10).

 

Kemenangan ada pada pihak Majapahit. Pembagian wilayah kerajaan dengan raja Bhima di Pasuruhan, Juru di Blambangan, Kenceng di Tabanan, Senthong di Pacung, Bleteng di Penatih, Kutha Waringin di Kapal, Binculuk di Tegeh Kuri, Kapakisan di Bedhahulu, Blog di Kaba-Kaba. Raja mendirikan kerajaan di Samplangan (64.6-10). Penyerangan ke Sumbawa oleh putra Pasung Rigis (64.11-13).

 

Di Majapahit, Raja Kresna Kapakisan mengundurkan diri, penggantinya raja Hayam Wuruk dan Wengker. Gajah Mada mencegah mundurnya Raja Kapakisan, tetapi raja tetap pendirian. Dua raja memerintah dengan pendamping para patih, terutama Gajah Mada (65.1-10). Keadaan Majapahit yang makmur dan sejahtera. Keberhasilan Gajah Mada sebagai pendamping raja. Raja Majapahit yang arif bijaksana, penganut dan mengamalkan ajaran agama (66.1-13). Penutup dengan pernyataan kerendahan hati sang kawi, dan diakhiri doa sang kawi supaya karyanya berhasil (67.1-5). Dalam bagian penutup ini sang kawi memuja sang pencipta atas anugrahnya, yang dipuja melalui Omkara dan Acintya, sebagai Candrasiwa dan Diwangkara yang menghancurkan semua racun (bisa), dan menempatkan teratai Aditi pada kepala untuk memohon penyucian, yang senantiasa menyebarkan cahaya yang terang.

Mitos dalam Kakawin Gajah Mada

Tokoh Gajah Mada begitu dikagumi, sehingga terbentuklah berbagai mitos tentang dirinya. Fraser berpendapat bahwa pada hakekatnya, pikiran manusia itu tidak mau menerima begitu saja semua gejala yang ditangkapnya dengan akal dan pancaindera. Orang terus-menerus mencari yang tersirat di belakang sesuatu, sehingga terjadilah sebuah mitos. Locher berpendapat bahwa mitos hidup dalam suatu kelompok yang merujuk pada kejadian-kejadian yang sekaligus berhubungan dengan masa lampau, sekarang dan yang akan datang. Dengan penekanan yang berbeda-beda, ada yang lebih peka terhadap masa lampau, ada pula untuk masa sekarang atau masa yang akan datang. Itulah kekhasan yang membuat mitos itu mempunyai sifat ganda, sekaligus berhubungan dan tidak berhubungan dengan sejarah. Ia tidak mempersoalkan benar tidaknya mitos itu, sebab mitos itu seperti kepercayaan lainnya mungkin saja tidak benar, tetapi mungkin juga benar karena itu sebuah mitos. Mitos itu dapat berubah sesuai dengan kepentingan dan kerangka acuan masyarakatnya atau individu dalam masyarakat di mana mitos itu hidup (Partini, 1986:11). Menurut Nurgiyanto (Cika, 2006: 24) mitos merupakan penerusan tradisi. Tradisi yang menguatkan  disebut pengukuhan tradisi (myth of concern), sedangkan penolakan tradisi sebagai mitos pemberontakan (myth of freedom). Kedua hal ini dikatakan sebagai sesuatu yang “wajib” hadir dalam penulisan teks kesastraan, sesuai dengan hakikat kesastraan itu yang selalu berada dalam ketegangan antara konvensi dan inovasi.  Demikian dalam KGM tidak hanya mitos tentang Gajah Mada yang ditampilkan, juga mitos-mitos lainnya sebagai tokoh antagonis yang perlu dikaji dalam tulisan ini. Mitos-mitos tersebut antara lain: 

 

1)    Gajah Mada sebagai keturunan Dewa Brahma (…..mahyun mrakertang Dhatrasuta teher mahaknang guritnireka (KGM 1.2b: ingin memuji putra Dewa Brahma (Gajah Mada) kemudian mengagungkannya dalam bentuk kakawin). Dari larik di atas, oleh penyair KGM Gajah Mada dijadikan sarana citra, keluarga serta keturunannya sebagai anggota yang terhormat dari masyarakatnya. Penyair KGM menganggap Gajah Mada seorang yang digjaya (a)nindyeng sarat (KGM 1.2c: yang jaya tidak tercela di seluruh dunia). Sebagai tokoh protagonis digambarkan kesempurnaan dirinya yang mampu memasukan dewa-dewa  kahyangan ke dalam tubuhnya (37.14-18), seperti ajaran kepemimpinan yang populer dengan nama Astabrata yang diungkap dalam kakawin Ramayana.

 

Sumber ajaran kepemimpinan Astabrata ini adalah kitab Manawadharmasastra IX.303-311 (Pudja & Sudharta, 2002:607-609) dan bukan Ramayana karya Walmiki. Demikian pula  Gajah Mada disebutkan mampu tampil sebagai Dewa Asmara yang tampan dan cemerlang (37.3-5). Partini  Sarjono Pradotokusumo (1986:59) menyimpulkan penggambaran tokoh Gajah Mada dalam KGM adalah sebagai berikut: (1) Tokoh yang pada mulanya ‘datar’ sesuai dengan the epic divine hero, namun dapat membuat kejutan dengan memperlihatkan sifat-sifat yang tidak terpuji, misalnya dalam menghadapi Kebo Wawira; (2) Jaya secara lahiriah, ialah sebagai pencetus gagasan-gagasan yang dapat mengantarkannya mencapai kedudukan yang tinggi sebagai mahapatih kerajaan Majapahit; (3) Kejayaan dalam pemikirannya didapat berkat keturunannya yang agung dan juga karena bakti, ketaatan dan kesetiaannya pada mereka yang diabdinya, terutama raja; (4) kejayaan batin didapatnya berkat sifat-sifat tersebut di atas pada guru agama dan pada ajaran-ajaran  yang terdapat dalam kitab agama sebagai persiapan menuju kelepasan. Muhamad Yamin (Partini, 1986:1253) menyatakan  secara meyakinkan bahwa Gajah Mada adalah seorang-orang Indonesia berdarah rakyat, meskipun ditulisnya juga bahwa kepercayaan orang Bali, Gajah Mada adalah penjelmaan Sang Hyang Narayana ke atas dunia. Pandangan Mohamad Yamin tersebut tidaklah salah, karena di dalam Agama Hindu, sifat-sifat kepemimpinan yang menonjol umumnya diambil dari sifat Dewa Wisnu atau Narayana, yang tampak dari penjelmaan awatara-awatara-Nya dalam setiap zaman.

 

2)    Tokoh protagonis lainnya adalah Sri Kepakisan dan istrinya yang ditampilkan dalam mitos kelahiran dua anak, pria dan wanita, dari batu yang dipuja yang merupakan penjelmaan dari pandita Sura Dharma dan istrinya (43.1-9). Anak itu dinamai Sri Kapakisan oleh Gajah Mada (44.8).  Terjadinya perkawinan incest atau kembar dampit (kembar buncing) di kalangan para bangsawan dianggap sangat utama karena penjelmaan manusia utama, sedang bila itu terjadi di kalangan orang kebanyakan (orang jaba atau di luar tri wangsa) dianggap aib yang dapat menyengsarakan masyarakat. Perkawinan tersebut disebut Asupundung dan Alangkahi Karanghulu. Tentang kelahiran buncing dan perkawinan di atas, pada tanggal 12 Juli 1951 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bali memutuskan dua buah keputusan penting berkaitan dengan hal tersebut, yakni Keputusan Nomor 10 Tentang penghapusan adat yang berkaitan dengan seseorang yang melahirkan anak kembar buncing (kembar laki-laki dan perempuan), dan Nomor 11 Tentang penghapusan perkawinan Asupundung dan Anglangkahi Karanghulu, yakni perkawinan antara laki-laki dari Sudrawangsa dengan istri dari Brahmanawangsa dan antara laki-laki dari Sudrawangsa dengan istri dari Ksatriyawangsa. Keputusan DPRD Bali ini mencabut Paswara tahun 1910 yang diubah dengan beslit Residen Bali dan Lombok tertanggal 11 April 1927 No.352 Jl.C.2 tentang Asupundung dan Anglangkahi Karanghulu. Keputusan DPRD Bali tahun 1951 baru mendapat pengukuhan kembali dari Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat, melalui Bhisama Sabha Pandita Nomor 3 Tahun 2002 tanggal 20 Oktober 2002 Tentang Pengamalan Catur Warna sesuai dengan kitab suci Veda dan susastra Hindu (Dana, 2005:149).

 

3)    Tokoh antagonis dalam KGM yang pertama disebutkan adalah Raja Masula-Masuli yang lahir atas perkenan Dewa Indra. Ia disebut sebagai keturunan raksasa yang buas dan tamak, musuh dari orang-orang saleh. Ia adalah ayah dari Gajah Waktra (Gajah Wahana) yang kemudian disebut Bedhahulu. Tokoh antagonis umumnya selalu dikaitkan dengan kelahiran dari keturunan orang jahat atau raksasa.

 

4)    Tokoh antagonis lainnya sebagai lawan dari Mahapatih Gajah Mada adalah raja Bali yang disebut Bedhahulu atau Bedhamukha. Raja Bali mengadakan latihan perang. Kepala raja pagi hari dipotong, melesat ke angkasa, sore hari kembali bersatu dengan badannya (45.8-11). Latihan perang bertempat di Gunung Batur. Kembali ke Batu Anyar latihan perang dilanjutkan. Kepala raja dipotong oleh Pasung Rigis, namun sampai sore kapalanya itu belum juga kembali (46.8-21). Kepala raja kemudian diganti dengan kepala babi hutan, disebut Bedhahulu (47.1-5). Raja kemudian tinggal di menara yang tinggi dan tidak boleh dilihat orang (47.6-9). Raja ini digambarkan sangat bengis, namun akhirnya ia juga mencapai kelepasan menuju sorga (50.10). Bedhahulu atau Bedhamukha tentunya mengandung makna sebagai orang yang tidak tunduk kepada raja Majapahit.

 

5)    Kebo Wawira (Kebo Iwa) digambarkan sebagai orang yang mukanya buas, badannya besar dan tinggi, bagaikan Kumbhakarna yang gagah, congkak, badannya kuat perkasa (51.60).

 

Tokoh protagonis pada umumnya selalu digambarkan sangat tampan, cerdas dan berbudi pekerti luhur, sebaliknya tokoh antagonis digambarkan sebagai orang yang tidak tampan, jahat, bodoh, licik, dan tidak memiliki budi pekerti yang luhur. Hal ini adalah wajar dan merupakan konvensi dalam karyasastra sejak diturunkannya kitab suci Veda, dituliskannya kitab-kitab Itihasa (Ramayana dan Mahabharata) dan kitab-kitab Purana. Penggambaran para dewa dan raksasa, perwujudan dharma dengan adharma, senantiasa diekspresikan melalui tokoh-tokoh yang tampan dan buruk, seperti Rama, Krisna, Arjuna, yang bertentangan dengan Rawana, Duryodhana, Dussasana, dan sebagainya.

Ajaran Kepemimpinan dalam Kakawin Gajah Mada

    Ajaran kepemimpinan dalam KGM dapat dijumpai pada bagian awal hingga bagian akhir dari karyasastra kakawin ini. Seorang pemimpin hendaknya:

1)    Senantiasa rajin sembahyang dan bermeditasi  atau samadhi (17.5). Digambarkan bahwa sejak anak-anak Pipil Mada atau Gajah Mada suka melaksanakan sembahyang dan meditasi.  Meditasi dilakukan pada malam hari dan sering mendapat vision (penglihatan) dewata yakni mendapat petunjuk dari Dewa Brahma, ayah spiritualnya. 

 

2)    Menjadi pelopor  dan memiliki wawasan ke depan, terutama dalam membuka ladang Trik (18.1). Gajah Mada digambarkan selalu menjadi pelopor dan mengambil inisiatif yang pertama serta bekerja keras di antara teman-teman sebayanya.

 

3)    Mampu memberi semangat dalam melaksanakan kerja keras dan berat terutama dalam memajukan sistem pertanian (18.8, 22.4). Gajah Mada digambarkan mampu memberi motivasi kepada sesamanya. Karismanya tampak yang sejak anak-anak, kemana Pipil Mada pergi diikuti oleh teman-teman sebayanya (13.8). Para gembala senantiasa menuruti apa yang diperintahkan Pipil Mada (17.3).

 

4)    Ahli memimpin, termasuk memimpin sidang, hatinya terbuka,  dan kata-katanya manis bagaikan air kehidupan (20.7-10). Dalam berbagai kesempatan digambarkan Gajah Mada dapat memimpin sidang, memiliki keterbukaan dan pemimpin yang memberikan kesejukan kepada bawahannya.

 

5)    Mampu menarik simpati, cerdas, dan kreatif. Hal ini tampak ketika Gajah Mada baru pertama kali mengabdikan dirinya di istana mahapatih Majapahit yang sudah mulai tua (Arya Tadah?) dan kemudian ia dikawinkan dengan putrinya bernama Dyah Bebed (30.1-14, 31.1-12, 32.1-6). Kecerdasan Gajah Mada tampak pula ketika ia ingin mengetahui wajah asli Raja Bedhahulu dengan cara minta dijamu sayur pakis yang utuh sedepa panjangnya, lauk pauknya setumpuk usus ayam, minumannya satu bumbung legen, ia bersedia makan di hadapan raja (50.1). Dengan cara demikian itu Gajah Mada akan mudah melihat wajah raja Bali saat itu, dan raja tidak boleh membunuh utusan raja Majapahit ini, apa lagi saat yang bersangkutan menikmati makanan (humadang ri ajengira sri haji kang  bhojana).

 

6)    Sopan dan ramah (49.6). Gajah Mada sangat sopan dan ramah ketika ia ditanya oleh Kebo Wawira dan Pasung Rigis tentang maksud kedatangannya ke Bali. Gajah Mada diutus oleh Raja Jawa  yang mempunyai putri yang sangat cantik, tiada duanya di Wilatikta, dan memuji Kebo Wawira supaya bersedia mengawini putri Jawa tersebut (49.7-10).  Karena penampilannya yang sangat sopan dan ramah, akhirnya Kebo Iwa mudah ditipu oleh Gajah Mada.

 

7)    Senantiasa menuntut ilmu pengetahuan, tidak mementingkan kesukaan duniawi, mempelajari kitab suci, dan melaksanakan upacara yajña (66.2-3).

 

8)    Senantiasa melindungi warga dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat, menegakkan keadilan (66.4-7).

 

9)    Seorang pemimpin hendaknya gagah berani, bertanggungjawab, dan tangguh dalam menghadapi berbagai masalah, tunduk kepada aturan (hukum), tidak menghina rakyat jelata, dan tidak menjilat kepada penguasa (atasan atau yang berpangkat)(66.8-12).

 

10)    Menghormati orang yang arif bijaksana, menghargai para pahlawan, dan senantiasa melakukan tapabrata dan samadhi. (66.13).

 

Perspektif  Model Kepemimpinan Hindu dalam Masyarakat Bali

Seperti telah disebutkan pada bagian awal tulisan ini Ida Cokorda Ngurah dari Puri Saren Kauh Ubud adalah seorang bangsawan kaya dari keluarga Ksatriya. Beliau juga seorang serba bisa, ahli sastra, terutama sastra Kawi, pengarang, pemahat, pembuat patung, pengukir, dan seorang arsitek tradisional. Beliau menyelesaikan penyusunan KGM pada tanggal 10 November 1958. Dari 67 wirama, pupuh atau bait KGM beliau mengajukan 10 butir ajaran kepemimpinan yang rupanya beliau petik dari berbagai sumber sastra Kawi  yang dijadikan sebagai referensinya.

 

Sesungguhnya sebagai seorang seniman, dari keluarga raja, maka merupakan kewajiban untuk membaca karya sastra Kawi atau Jawa Kuno yang di dalamnya sangat kaya dengan berbagai ajaran.  Dari khasanah karyasastra Kawi atau naskah yang tersimpan di Bali, telah banyak dilakukan pengelompokan, di antaranya oleh Kadjeng (1929), Pigeaud (1967), dan terakhir oleh I Wayan Cika (2006:4) sebagai berikut: (1) Arsitektur yang terdiri dari: Hasta Kosala, Hasta Kosali, Hastabhumi, Dharmaning Sangging; (2) Lelampahan (lakon atau cerita yang dipentaskan); (3) Kesusastraan seperti: Parwa, Kakawin, Kidung, Gaguritan, dan Parikan; (4) Usada (pengobatan); (5) Sejarah & Mitologi seperti Babad, Pamancangah, Usana, Uwug; (5) Agama & Etika seperti Weda, Mantra, Puja, Kalpasastra, Tutur, Sasana, dan Niti.

 

Penyair KGM rupanya telah membaca semua referensi dalam naskah-naskah Bali di atas, hal itu tampak mengkristal dalam 10 butir ajaran kepemimpinan dalam KGM. Walaupun ajaran tersebut sangat ideal, namun Gajah Mada juga melakukan strategi atau taktik politik yang licik, yakni melakukan penipuan, baik terhadap raja Majapahit yang menghubungkan bahaya kelaparan di Majapahit akibat perbuatan raja Bali. Demikian pula ia telah menipu Kebo Wawira dan Pasung Rigis. Dalam khasanah sastra Bali memang terdapat adigium musuh wenang linyokin (musuh dapat ditipu atau dibohongi), hal ini tentunya mengurangi kredibilitas kepemimpinan yang dilakukan oleh Gajah Mada.

 

Pembagian wilayah serta menempatkan penguasa dengan sistem Majapahit di Bali tentunya merubah tatanan sistem kepemimpinan kelogial yang dikenal dengan sistem Maulu-Apad yang umumnya berlaku di Bali pegunungan, yang tampaknya sangat demokratis, karena setiap orang bila melakukan swadharmanya dengan benar, pada saatnya ia akan duduk sebagai seorang pemimpin dalam komunitasnya. Sistem ini rupanya merupakan kelanjutan sistem yang diterapkan pada zaman Bali Kuno yang dikenal sebagai ajaran Mpu Raja Krita yang menjabat Senapati I Kuturan, yang kemudian lebih populer dengan sebutan Mpu Kuturan. Warisan monumental beliau adalah adanya sistem pamarajan, banjar, kahyangan tiga, dan subak. Sistem inilah yang ditengarai mampu membentengi Bali dari berbagai perubahan akibat perkembangan kehidupan, sampai era globalisasi dewasa ini.

 

Ajaran kepemimpinan dalam KGM rupanya tidak jauh bila dikaji dari perspektif model kepemimpinan Hindu dalam masyarakat Bali. Karena model kepemimpinan Hindu yang dituangkan dalam kitab suci Veda dan susastra Hindu telah dituangkan dalam khasanah karya sastra Kawi atau Jawa Kuno dan hal ini merupakan sumber utama ajaran atau model kepemimpinan Hindu di Bali.

 

Konsep atau ajaran kepemimpinan tidaklah hanya berguna bagi pemimpin atau calon pemimpin, tetapi berguna bagi setiap orang termasuk pula menjadi anggota yang dipimpin. Dengan mengerti kepemimpinan kita memahami bagaimana seharusnya seorang pemimpin berbuat demikian pula bagaimana seharusnya seorang anggota patuh pada pemimpinnya.               

Sebenarnya ajaran kepemimpinan Hindu, khususnya di Bali telah memasyarakat, di antaranya ajaran Catur Guru Bhakti, yakni berbakti kepada empat jenis guru yang terdiri dari:

1)    Guru Rupaka atau Guru Rekha, yakni orang tua, ibu bapak.

2)    Guru Pangadyayan  atau Pangajian, yakni para guru yang memberikan pendidikan.

3)    Guru Wisesa, yakni pemerintah yang memberikan perlindungan dan kemakmuran masyarakat

4)    Guru Svadhyaya, yakni Tuhan Yang Maha Esa sebagai guru tertinggi (Paramestiguru).

Dengan memahami dan patuh keempat guru tersebut di atas sebenarnya setiap umat Hindu telah melaksanakan ajaran kepemimpinan. Demikian pula di rumah atau di luar pendidikan sekolah, di sekolah dan bahkan kepada pemerintahpun, seorang anak atau anggota masyarakat dituntut untuk patuh kepada empat guru  tersebut di atas. Persoalannya lebih jauh apakah ajaran atau konsep kepemimpinan Hindu hanya terbatas pada ajaran Catur Guru Bhakti itu? Ataukah ada ajaran-ajaran kepemimpinan lainnya yang perlu digali dan apakah ajaran Agama Hindu mampu mengantisipasi perkembangan masyarakat dalam era globalisasi dengan kecenderungan material oriented-nya. Bagaimana fungsi-fungsi kepemimpinan Hindu itu sebenanya dan apakah seseorang menjadi pemimpin itu karena dilahirkan atau karena diciptakan dan lain-lain  permasalahan yang patut kita kaji dalam kesempatan terbatas ini.

 

Ajaran atau konsep kepemimpinan (leadership) dalam Hindu dikenal dengan istilah adhipatyam atau nayakatvam. Kata adhipatyam berasal dari adhipati sedang nayakatvam dari kata nayaka, kedua kata dari kosa kata bahasa Sanskerta ini berarti pemimpin. Untuk memahami konsep kepemimpinan, tipologi, fungsi dan asal-usulnya, pada kesempatan yang terbatas ini penyusun mencoba mengkaji dari sumber pustaka yang ada terutama dari sumber primer yakni kitab suci Veda dan susastra (pustaka) Hindu lainnya seperti Ramayana, Mahabharata dan sebagainya.                    

 

Di samping kata adhipati dan nayaka yang berarti pemimpin terdapat juga beberapa istilah atau sebutan untuk seorang pemimpin, yaitu raja, maharaja, prabhu, ksatriya, svamin, isvara dan  natha. Di samping istilah-istilah tersebut di Indonesia kita kenal istilah ratu atau datu, sang wibhuh, murdhaning jagat dan sebagainya yang mempunyai arti yang sama dengan kata pemimpin namun secara terminlogis terdapat beberapa perbedaan.

 

Di dalam ajaran Agama Hindu terdapat nilai-nilai kepemimpinan yang universal, tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, karena itu selalu relevan dengan perkembangan masyarakat. Nilai-nilai kepemimpinan dalam ajaran Agama Hindu lebih dari sekedar sumber filsafat, etik dan moral, tetapi juga nilai-nilai  spiritual yang luhur untuk mencapai tujuan tertinggi berupa kebahagiaan lahir dan batin.

 

Nilai-nilai atau konsep-konsep kepemimpinan Hindu dapat dijumpai dalam kitab suci Veda, Arthasastra, Dharmasastra termasuk pula dalam kitab-kitab Itihasa seperti Ramayana dan Mahabharata dan kitab-kitab Purana seperti Agni Purana, Vayu Purana dan lain-lain.

 

Di dalam kitab suci Veda kita jumpai beberapa mantra yang menyangkut ajaran kepemimpinan antara lain :

1)    Seorang pemimpin berasal dari warga negara (Yajurveda XX.9).

2)    Warga negara yang merupakan satu kesatuan dalam berbangsa adalah anggota badan  seorang pemimpin (Yajurveda XX.8)

3)    Seorang pemimpin melindungi warganya tanpa menyakiti mereka (Yajurveda XIII.30).

4)    Kami memilih seorang pemimpin untuk memperoleh makanan dan mengentaskan kemiskinan dan kesejahtraan yang berlimpah (Yajurveda X.21).

5)    Seorang pemimpin atas rakhmatnya melindungi masyarakatnya (Yajurveda XXX.5).

6)    Seorang pemimpin tidak pernah sedih, ia senantiasa berbuat jujur (Rigveda V.34.7)

7)    Seorang pemimpin membuat kita sejahtra dan melindungi cendekiawannya (Rigveda I.54.11).

8)    Marilah kita semua orang dari segala penjuru mendatangi pemimpin untuk melenyapkan semua penderitaan (Yajurveda VI.36).

9)    Semogalah masyarakat memperoleh kesejahtraan/kebahagiaan karena pemimpinnya (Yajurveda XI.28).

10)    Wahai pemimpin! Usahakanlah semua wargamu berbahagia, berikan kesejahtraan dan tolonglah mereka (Sàmaveda,971)

11)    Wahai Pemimpin! Datangilah masyarakat dan bebaskanlah mereka dari penderitaan (Samaveda, 753).

12)    Kami semua patuh dan taat kepada semua peraturan pemimpin/pemerintah (Rigveda VIII.25.16).

13)    Semua golongan dalam masyarakat memuji pemimpinnya atas perhatiannya yang baik terhadap kesejahtraan warganya (Rigveda V.37.4).

14)    Wahai Pemimpin! Bertindaklah untuk kesejahtraan masyarakatmu dan keabadian namamu (Atharvaveda XIII.1.34).

 

Selanjutnya di dalam Arthasastra karya maharsi Kautilya atau Chanakya (VI.1.2-6) dinyatakan enam sifat atau disiplin hidup yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, yaitu :

1)    Abhigamika, seorang pemimpin dapat menarik simpati rakyatnya, karena itu ia harus berorientasi ke bawah, mengutamakan kepentingan rakyat banyak.

2)    Prajña, seorang pemimpin hendaknya cerdas, arif dan bijaksana, menguasai ilmu pengetahuan dan seni kepemimpinan serta memiliki daya analisa yang tajam dengan pandangan yang jauh ke depan.

3)    Utsaha, seorang pemimpin hendaknya mampu mengambil inisiatif, oleh karena itu ia harus aktif, innovatif dan menjadi pelopor dalam mengembangkan kreativitas masyarakat untuk maju.

4)    Atmasampad, seorang pemimpin hendaknya memiliki integritas pribadi, memiliki moral yang luhur, segala tingkah lakunya terpuji dan patut menjadi teladan masyarakat.

5)    Sakhyasamanta, seorang pemimpin mampu mengawasi bawahannya, dengan demikian segala kebijaksanaan yang telah ditetapkan dapat terlaksana secara berdaya guna dan berhasil guna sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan.

6)    Aksudraparisakta, seorang pemimpin memiliki kemampuan untuk memadukan pendapat yang saling berbeda dalam suatu permusyawaratan. Pemimpin seharusnya menguasai teknik dan seni mempertemukan pendapat-pendapat yang saling berbeda. Kepandaian pemimpin dalam berdiplomasi ini akan mengantarkan sukses kepemimpinannya.

 

Masih banyak  ajaran kepemimpinan dapat kita jumpai  dalam kitab suci Veda maupun Arthasastra yang tidak terungkapkan pada kesempatan ini. Di samping kitab suci Veda dan Arthasastra dalam kitab-kitab Itihasa (Ramayana dan Mahabharata) dan kitab-kitab Purana. Dalam Ramayana, ajaran Sri Rama sangat dipuji oleh maharsi Walmiki. Pada bagian manggala dari kakawin itu diuraikan bagaimana kepemimpinan Sri Rama yang sangat termashur dan relevan untuk dipelajari dan dikembangkan dewasa ini. demikian pula ajaran kepemimpinan dalam Mahabharata ke XIII, yakni kitab Anusasanaparva, hampir seluruh buku mengajarkan ajaran kepemimpinan Hindu yang sangat ideal merupakan wejangan dari maharsi Bhisma, ketika menunggu ajal di atas tempat tidur dari anak panah. Ajaran kepemimpinan yang diwejangkan kepada Dharmawangsa itu juga sangat relevan dan patut untuk dijadikan pedoman oleh para pemimpin.

 

Membahas model kepemimpinan tidak dapat dilepaskan dengan tipologi kepemimpinan, kepemimpinan Hindu menyangkut ajaran moral yang tentunya nampak seperti adanya dua kutub yang berlawan atau seperti warna hitam-putih, benar-salah, baik dan buruk, walaupun dalam kenyataannya tidak ada seorang manusia atau pemimpin yang benar-benar seratus persen baik atau sebaliknya. Secara psikologis sifat manusia, seperti di sebutkan dalam kitab suci Bhagavadgita bahwa manusia memiliki dua kecenderungan atau sifat, yaitu :

1)    Daiwi Sampat, sifat kedewataan (Madhawa), yakni segala sifat yang baik, jujur, benar,  terpuji dan sejeninya.

2)    Asuri Sampat, sifat keraksasaan (Danawa), yakni segala sifat yang buruk, kasar, rakus tidak jujur, serakah dan yang sejenisnya.

 

Atas dasar dua sifat atau kecendrungan manusia (Manawa) seperti tersebut di atas, maka kepemimpinan Hindu tentunya mengikuti tipologi kecenderungan manusia, yaitu tipologi kepemimpinan Hindu yang ideal digambarkan sebagai kepemimpinan para dewa (Daiwi Sampat) di bawah maharsi agung Wrihaspati yang bulat, utuh, demokratis dan mengabdi untuk kepentingan masyarakat  dan kemanusiaan, tegaknya agama, moral dan hukum serta berusaha tiada hentinya untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat (Perhatikan nasehat Sri Rama kepada adiknya Bharata dalam Kakawin Ramayana berbahasa Jawa Kuno). Sebaliknya tipologi kepemimpinan Hindu yang tidak patut dicontoh dan seharusnya ditinggalkan oleh seorang pemimpin adalah kepemimpinan yang sangat dipengaruhi oleh sifat atau kecendrungan Asuri  Sampat, yaitu rakus, diktator, otoriter tidak memperhatikan kepentingan masyarakat dan rakyat di bawah pimpinannya.

 

Bila kita mengkaji nama-nama atau istilah secara terminologis, semantik atau etimologis kita sebenarnya sudah mendapatkan gambaran tentang fungsi-fungsi kepemimpinan itu, misalnya kata raja, dari urat kata raj yang artinya menggerakkan. Maharaja artinya pemimpin besar yang mampu menggerakkan (massa). Prabhu artinya yang terkemuka, memimpin, membimbing atau yang paling berani mengambil tanggung jawab bagi anggotanya. Ksatriya atau rajanya artinya yang melindungi atau memberikan perlindungan. Svamin menjadi kata suami dalam bahasa Indonesia artinya yang mempimpin, tuan (master, lord) atau  yang menguasai dirinya sendiri. Isvara artinya yang tertinggi, yang paling menonjol atau yang paling berkuasa, natha artinya yang melindungi atau memberikan perlindungan. Ratu dan datu artinya hampir sama dengan kata raja sedang murdhaning jagat, artinya tampuk pimpinan dari masyarakat.

 

Berdasarkan tinjauan terminologis, etimolis dan semantik serta berdasar kutipan-kutipan terjemahan mantra Veda dan terjemahan sloka-sloka kitab Arthasastra maka dapat dirumuskan  fungsi-fungsi kepemimpinan dalam Hindu atas dua jenis fungsi, yaitu:

1)    Melindungi masyarakat, memberikan rasa aman, bertanggung jawab serta memberikan bimbingan kepada warganya untuk turut mewujudkan rasa aman dan tentram dikalangan mereka (fungsi security).

2)    Mewujudkan kemakmuran bersama-sama anggota masyarakat untuk mewujudkan kesejahtraan, kemakmuran dan melepaskan pederitaan masyarakat lahir dan batin (fungsi prosperity).

 

Kepemimpinan yang berlandaskan ajaran Agama Hindu tentunya dapat mengaktualisasikan ajaran Agama Hindu. Untuk itu fungsi-fungsi agama bagi kehidupan manusia harus disadari dan dipahami oleh seorang pemimpin, sebab membahas kepemimpinan Hindu tidak dapat melepaskan diri untuk tidak mengkaji ajaran Agama Hindu.  Dalam hubungannya dengan kehidupan manusia, agama dan juga pemimpin atau kepemimpinan mempunyai fungsi-fungsi sebagai berikut :

1)    Sebagai factor motivatif, mendorong, mendasari, melandasi cita-cita dan amal perbuatan manusia dalam seluruh aspek kehidupannya.

2)    Sebagai faktor kreatif, produktif dan innovatif, mendorong dan mengharuskan untuk tidak hanya melakukan kerja produktif saja, tetapi juga kreatif dan innovatif.

3)    Sebagai faktor integratif, memadukan segenap aktivitas manusia baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan. Keyakinan dan penghayatan terhadap ajaran agama akan menghindarkan manusia dari situasi dan kepribadiannya yang pecah. Dengan keutuhan kepribadiannya itu manusia akan mampu menghadapi berbagai macam tantangan dan resiko kehidupan.

4)    Sebagai faktor sublimatif atau transformatif, mampu mengubah sikap dan prilaku, perkataan maupun perbuatan sesuai sesuai dengan ajaran agama.

5)    Sebagai faktor inspiratif, memberikan inspirasi bagi pengembangan seni dan budaya yang dijiwai oleh Agama Hindu.

 

Tentunya fungsi-fungsi kepemimpinan itu akan lebih kompleks bila dikaitkan dengan berbagai jenis atau tipologi kepemimpinan yang bersifat spesifik. Di dalam kitab suci Veda diamanatkan bahwa seorang pemimpin bagaikan Dewa Indra dan Soma (Rigveda II.16.2, VII.104.3), seorang pemimpin bagaikan Dewa Agni (Yajurveda XIII.1, XII.7) yang kemudian di dalam kitab Manawadharmasastra (IX.303-311) dikembangkan menjadi delapan dewa yang memasuki tubuh seorang pemimpin, yaitu dewa-dewa penjaga alam, yakni Dewa Soma (Candra), Dewa Agni, Dewa Surya, Dewa Wayu, Dewa Kuwera, Dewa Indra, dan Dewa Yama. Fungsi atau sifat dari delapan dewa-dewa ini kemudian di dalam Kakawin Ramayana  dikenal dengan ajaran kepemimpinan Astabrata seperti telah disebutkan di atas.

 

Lebih jauh, asal-usul seorang pemimpin sebenarnya telah ditegaskan dalam kitab suci Veda (Yajurveda XX.9) yang secara jelas menyatakan bahwa seorang pemimpin berasal dari warga negara atau rakyat. Tentunya yang dimaksudkan oleh kitab suci ini adalah  benar-benar memiliki kualifikasi atau kemampuan seseorang. Hal ini adalah sejalan dengan bakat dan kemampuan atau profesi seseorang yang dalam bahasa Sanskerta disebut dengan warna. Kata warna dari urat kata wri yang artinya pilihan bakat dari seseorang. Bila bakat kepemimpinannya yang menonjol dan mampu memimpin sebuah organisasi dengan baik disebut ksatriya, karena kata ksatriya artinya yang memberi perlindungan. Demikian pula yang memiliki kecerdasan yang tinggi, senang terjun di bidang spiritual, ia adalah seorang brahmana. Demikian pula profesi-profesi masyarakat seperti pedagang, petani, nelayan dan sebagainya.

 

Berdasarkan penjelasan tersebut maka seorang dapat menjadi pemimpin disebabkan oleh beberapa hal

1)    Karena memiliki bakat sejak kanak-kanak sudah menonjol sifat dan prilaku kepemimpinannya. Ketika dewasa otomatis dia akan menjadi seorang pemimpin yang handal. Bila seseorang karena direkayasa untuk menjadi pemimpin dan tidak berdasarkan bakat dan kemampuannya, maka walaupun ia dipaksakan menjadi seorang pemimpin, kepemimpinannya akan kelihatan lembek, melempem, loyo dan tidak memiliki aktivitas apapun.

2)    Seorang pemimpin muncul di samping karena bakat, situasi tertentu juga memaksakan kelahiran seorang pemimpin. Pemimpim yang demikian akan sukses bila ia memiliki bakat dan kemampuan untuk itu. Dengan kecerdasan yang dimiliki serta mengembangkan sikap ingin terus belajar, maka pemimpin yang mendapat kesempatan untuk memimpin akan selalu berhasil membimbing warganya.

 

Keberhasilan seseorang pemimpin disebabkan karena ia memiliki  kemampuan untuk  mengatasi berbagai tantangan, mengingatkan kepada ceritra Ganesa ketika baru bertempur ke medan perang. Justru semakin dipukul oleh musuhnya tubuh Ganesa semakin besar dan kuat dan akhirnya patahan taringnya sendiri mampu mengatasi berbagai rintangan.

 

Simpulan

Dari uraian tersebut di atas dapat ditarik simpulan antara lain sebagai berikut:

1)    Ajaran kepemimpinan dalam KGM menyangkut taktik dan strategi yakni kemampuan Gajah Mada untuk menarik simpati masyarakat lingkungan, mahapatih, dan raja Majapahit yang ditunjukkan dengan kerja keras membuka ladang pertanian, memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh mahapatih, dan mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh Kerajaan Majapahit, yakni dengan menghilangkan sumber bahaya kelaparan yang menimpa Kerajaan Majapahit, yang disebabkan oleh raja Bali yang kepalanya kepala babi (Bedhahulu atau Bedhamukha).

2)    Ajaran kepemimpinan dalam KGM lebih menekankan pada profil pemimpin meliputi sepuluh butir ajaranan kepemimpinan, yaitu: (1) pemimpin rajin sembahyang, (2) menjadi pelopor  dan memiliki wawasan ke depan, (3) mampu memberi semangat /motivasi bekerja keras, (4) ahli memimpin, termasuk memimpin sidang, dan hatinya terbuka, (5) mampu menarik simpati, cerdas, dan kreatif, (6) sopan dan ramah, (7) senantiasa menuntut ilmu pengetahuan, tidak mementingkan kesukaan duniawi, (8) melindungi warga dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat, menegakkan keadilan, (9) gagah berani, bertanggungjawab, tangguh dalam menghadapi berbagai masalah, dan tunduk kepada aturan (hukum), (10) menghormati orang yang arif bijaksana, menghargai para pahlawan, dan senantiasa melakukan tapabrata dan samadhi.

3)    Pola kepemimpinan masyarakat Hindu di Bali mencerminkan ekspresi pengamalan ajaran kepemipinan yang termuat dalam kitab suci Veda dan susastra Hindu terutama yang dituangkan dalam karyasastra Jawa Kuno seperti: catur guru bhakti, astabrata, tri hita karana, dan sebagainya yang mengkristal dalam ajaran kepemimpinan dalam KGM tersebut di atas.

Penutup

Demikian ajaran kepemimpinan dalam KGM dilihat dari perspektif pola kepemimpinan Hindu dalam masyarakat Bali yang bersumber pada kitab suci Veda dan susastra Hindu. Tentunya penelitian ke arah yang mendalam terhadap topik tersebut di atas masih terbuka lebar untuk dilaksanakan. Dalam kepemimpinan Bali ke depan, pemimpin yang diamanatkan dalam Veda dan susastra Hindu, termasuk dalam KGM sangat diperlukan, terutama yang memiliki wawasan keilmuan dan pandangan jauh ke masa yang akan datang.

 Daftar Pustaka


Atlekar, G. S. 1987. Studies on Valmiki Ramayana. Poona, India:   Bhandarkar Oriental Research Institute.


Cika, I Wayan.2006. Kakawin Sabha Parwa, Analisis Filologis. Denpasar: Pustaka Larasan.


Dana, I Nengah. 2005. Kompilasi Dokumen Literer 45 Tahun  Parisada. Jakarta: Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat.


Dutt, M. N. 2001. The Mahabharata, Edited by Ishvar Chandra Sharma and O.N. Bimali, Vols. I-IX, Sankrit Teks and English Translation. New Delhi:  Parimal Publications.


Dvivedi, K.D. 1990. The Essennce of the Vedas. Gyanpur, Varanasi:  Vishva Bharati Research Institute.


Kane, P.V.1975. History of Dharmasastra   Vols. 1 – VIII, Poona India: Bandarkar Oriental Series.


Partini Sardjono Pradotokusumo.1986. Kakawin Gajah Mada. (Sebuah Karya Sastra Kakawin Abad ke-20, Suntingan naskah serta Telaah Struktur, Tokoh dan Hubungan Antarteks). Bandung: Bina Cipta.


Pudja, G. & Sudharta, Tjokorda Rai. 2002. Manawa Dharmasastra, Weda Smrti, Kompedium Hukum Hindu. Jakarta: CV. Pelita Nursatama Lestari.


Raghuvira.1957. Sarasamuccaya: An Old Javanese Didactict Text, New Delhi, India: International Academy of Indian Culture.


Santoso, Soewito. 1980. Ramayana Kakawin. Vol.3. New Delhi, Singapore: International Academy of Indian Culture and Institute of Southeast Asian Studies.


Titib, I Made.2003. Veda, Sabda Suci: Pedoman Praktis Kehidupan. Surabaya: Penerbit Paramita


--------- 1951. Peringatan Satu Tahun Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bali. Denpasar: Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat  Daerah Bali.

 

---------------------------------

* Makalah  telah  dipresentasikan  dalam  acara  Seminar  Model  Kepemimpinan Bali, diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Universitas Udayana (IKAYANA) pada hari Rabu, 13 September 2003 di Lantai IV, Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Jl. PB. Sudirman Denpasar.

**Teolog Hindu, Guru Besar (Profesor) Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, memperoleh gelar Doktor (Ph.D) in Vedic Literature, Gurukula Kangri University, Haridwar, Uttar Pradesh, India, 1993, dan Doktor Program Studi Kajian Budaya, Universitas Udayana Denpasar (2005). Pernah menjabat Direktur Urusan Agama Hindu, Ditjen Bimas Hindu dan Buddha Dep. Agama R..I. dan Ketua I Pengurus Harian Parisada Hindu Dharma Indonensia Pusat dan kini sebagai Dekan Fakultas Brahma Widya (Teologi dan Filsafat) Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, Bali.


sumber : www.parisada.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Toko Online terpercaya www.iloveblue.net

Toko Online terpercaya www.iloveblue.net
Toko Online terpercaya www.iloveblue.net