Senin, 29 Juni 2015

Buku : Analisis Upacara Wana Kertih


IDR 37200.00

SIZEPRICE (IDR)
14,5 x 20,5 cm37200.00
Quantity 
PRODUCT DETAILS
Penulis : Dr. I Wayan Suarjaya M.Si.
Tebal : 164 hal.
Deskripsi :
Om Swastyastu !
Pertama tama puji syukur dipanjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat Waranugraha dan Karunia Beliaulah, Penelitian Mandiri dengan pokok bahasa “Analisis Upacara Wana Kertih, di Pura Batukaru Desa Wongaya Gede” ditinjau dari segi bentuk, fungsi dan maknanya. Upacara Wana Kertih merupakan salah satu upacara dari Sad Kertih. Sad Kertih merupakan enam jenis upacara yang bertujuan untuk menjaga keharmonisan alam beserta isinya. Wana Kertih merupakan bagian dari Sad Kertih (Wana Kertih, Atma Kertih, Bhuana Kertih, Jana Kertih, Segara Kertih, Danu Kertih).
Pergeseran Iklim yang terjadi saat ini yang diikuti berbagai bencana alam seperti tanah longsor, banjir, kebakaran, gempa bumi dan lain sebagainya, tidak lepas dari ulah manusia sendiri. Menjaga kelestarian alam juga merupakan upaya manusia untuk menjaga keharmonisan dan keserasian dengan alam. Hidup sebagai manusia dan mahluk hidup lainnya tidak bisa lepas dari kondisi alam beserta isinya. Semakin banyak yang peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup dengan berbagai dimensinya merupakan upaya yang patut dibanggakan. Karena peduli terhadap lingkungannya.
Penelitian ini dilaksanakan merupakan kewajiban setiap dosen untuk mengadakan penelitian sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tri Dharma Perguruan Tinggi tercemin dalam kegiatan belajar mengajar di Kampus, pengabdian masyarakat dan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk menggali nilai-nilai luhur, dalam rangka  mengembangkan wawasan dan kepedulian dalam menjaga lingkungan hidup Ingin menggali nilai-nilai filosofis dari pelaksanaan Upacara Wana Kertih ditinjau dari segi bentu, fungsi dan maknanya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk dijadikan salah satu refrensi bagi peneliti lainnya terutama bagi Umat Hindu yang ingin mendalami pengetahuannya dibidang Sad Kertih umumnya dan Wana Kertih khususnya.
Keberhasilan penelitian ini tidak bisa dipisahkan dari berbagai pihak yang telah membantu, mendorong dan memberikan informasinya, yang tidak dapat disebutkan satu persatu. Terutama terima kasih yang setulus-tulusnya disampaikan kepada Lembaga Istitut Hindu Dharma Negeri Denpasar, mulai dari Bapak Rektor beserta seluruh jajarannya, karyawan dan karyawati yang telah membantu penelitian ini. Terima kasih pula disampaikan kepada seluruh masyarakat Wongaya Gede yang telah memberikan fasilitas dan informasi yang mendalam selama penelitian ini berlangsung. Penelitian dilaksanakan selama satu semester tahun ajaran 2010/2011, dimulai dari bulan Januari sampai dengan bulan Agustus 2010.
Hasil penelitian sangat disadari masih jauh dari sempurna, karena keterbatasan waktu, dana dan fasilitas yang menunjang kegiatan penelitian, oleh karena demikian diharapkan kepada semua pihak untu dapat kiranya memberikan koreksi dan masukan, baik berupa materi yang menunjang Upacara Wana Kertih mapupun penyempurnaan dari segi tata bahasa yang tersirat dalam penelitian ini.
Semoga hasil Penelitian dapat menjadi informasi awal tentang Upacara Wana Kertih bagi peneliti berikutnya. Hasil penelitian juga diharapkan menjadi pedoman bagi Umat Hindu yang akan menyelenggarakan Upacara yang sejenisnya.
Om Santhih, Santhih, Santhih Om
*[Harga belum termasuk ongkos kirim. Ongkos kirim minimal dihitung berdasarkan berat barang 1 kg, kami sarankan Anda memesan beberapa barang untuk menekan ongkos kirim]
sumber : http://www.iloveblue.net/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Toko Online terpercaya www.iloveblue.net

Toko Online terpercaya www.iloveblue.net
Toko Online terpercaya www.iloveblue.net