Jumat, 26 Juni 2015

Buku : Kaedah Beryajnya



IDR 38400.00

SIZEPRICE (IDR)
12,5 x 18,5 cm38400.00
Quantity 
PRODUCT DETAILS
Penulis : I Wayan Watra
Tebal : 230 hal
Deskripsi : Agama terdiri berbagai macam yajna, tetapi secar besarnya dapat dikelompokkan menjadi lima macam, yaitu Dewa Yajna, Rsi Yajna, Manusa Yajna dan Bhuta Yajna.
Memperhatikan beberapa pelaksanaan upacara Yajna yang berlangsung secara keseharian (yang dilaksanakan umat Hindu setiap hari) yang dikenal dengan nitya karma, maupun yang dilaksanakan secara berkala atau sewaktu-waktu yang dikenal dengan sebutan naimitika karma, maka dalam pelaksanaannya dari berbagai upacara yajna senantiasa tetap mengandung makna filosofis maupun makna relegius yang sangat mendalam guna dapat terwujudnya suatu harapan yang utama sebagaiman yang tersurat dan tersirat dalam hakikat dan tujuan agama Hindu yakni tiada lain dapat terwujudnya suatu ketentraman, kesejahteraan, keselamatan, kebahagiaan dan keharmonisan hidup dan kehidupan di alam raya ini maupun di alam akhirat kelak. Sejalan dengan harapan di atas, maka dalam hal ini dapat ditegaskan dengan sloka yang berbunyi : “Moksartham jagadhita ya ca iti dharma”. Yang maksudnya yaitu mewujudkan adanya tingkat kehidupan yang seimbang antara tuntutan jasmaniah,maupun rohaniah atau dengan perkataan lain yakni tercapainya kebahagiaan secara nyata dengan terpenuhinya kebutuhan material serta tercapainya ketentraman dan kesejahteraan spiritual yang tangguh, utuh, serta berbudi pekerti yang luhur.
Menjalani kehiduapan ini manusia yang berbudi pekerti luhur wajib mewujudkan kesejahteraan antara sesama manusia atau sesama umatnya saja, baik antara umat manusia maupun intern umatnya, selanjutnya perlu perlu diwujudkan keseimbangan dan keselarasan dengan Tuhan sebagai penciptanya, terwujud pula keharmonisan dengan mahluk-mahluk bawahan seperti halnya hewan-hewan dan tumbuh-tumbuhan, yang juga merupakan ciptaan-Nya.
Selanjutnya kalau kita perhatikan suatu konsep yang tidak terpisahkan atau yang saling kait mengait yaitu Tiga Kerangka Agama Hindu, yaitu tiga komponen yang mendasar dalam upaya memahami, menghayati, serta pengamalan ajaran Agama Hindu, seperti berikut ini:
a. Tattwam Darsana yaitu landasan yang berpijak dalam mengingkatkan tingkat keimanan yang tangguh (sraddha) terhadapa makna-makna yang hakiki yang terkandung dalam ajaran agama Hindu, terutama sekali yang mengandung nilai filosofinya (filsafat).
b. Sila Sesana (Susila) yaitu sebagai suatu berpijak atau berprilaku bagi sesama, guna terwujudnya suatu tata pergaulan yang memiliki sopan santun (etika) yang nantinya mengacu pada pembinaaan dan pendidikan budi pekerti yang tangguh sesuai dengan landasan dharma (susila).
c. Upacara Yajna yaitu suatu landasan yang mengacu pada unsur kegiatan-kegiatan atau pelaksanaan upacar yajna (ritual).
Dari ketiga kerangka diatas maka Tattwam Darsana dan Sila Darsana merupakan unsur yang terpenting dan bersifat kekal serta universal. Sedangkan upacara Yajna merupakan wujud pelaksanaan lahir upacara keagamaan Hindu yang menampakkan bentuk (wujud) yag berbeda-beda serta bervariasi sesuai dengan kemampuan imajinasi dan budaya umat setempat dalam mempersiapkan dan mengamalkan ajaran suci Weda yang mereka yakini. Disamping itu berbedaan bentuk tata upacara juga dipengaruhi oleh dresta (adat istiadat) masyarakat penganutnya. Perbedaan-perbedaan ini terutama tampak dalam bentuk tata cara pelaksanaan upacara keagamaan (yajna), walaupun hakikat sraddha (keimanannya) yang dimiliki tetap abadi (sanatana) dan sama (universal).
Hal ini disebabkan Agama Hindu mengakui dan memberi tempat yang layak bagi pertumbuhan kebudayaan dan tradisi-tradisi (acara) setempat yang telah berlaku, sepanjang tradisi dan kebudayaan itu tidak bertentangan dengan dharma agama Hindu (ajaran agama).
Dalam bahasaan ini khusus akan membicarakan bagaimana hakikat Yajna dalam pelaksanaannya baik dalam pelaksanaan sehari-hari maupun dalam waktu tertentu yang menyangkut tentang materi Dewa Yajna dan Rsi Yajna.
*[Harga belum termasuk ongkos kirim. Ongkos kirim minimal dihitung berdasarkan berat barang 1 kg, kami sarankan Anda memesan beberapa barang untuk menekan ongkos kirim]
sumber : http://www.iloveblue.net/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Toko Online terpercaya www.iloveblue.net

Toko Online terpercaya www.iloveblue.net
Toko Online terpercaya www.iloveblue.net