Selasa, 30 Juni 2015

Buku : Suksmaning Banten


IDR 31200.00

SIZEPRICE (IDR)
14,5 x 20,5 cm31200.00
Quantity 
PRODUCT DETAILS
Penulis : Drs. I Ketut Wiana, M.Ag.
Tebal  : 120 hal
Deskripsi :
Om Swastyastu
Buku kecil yang berjudul Suksmaning Banten ini diterbitkan untuk lebih menekankan upaya pemaknaan banten dalam kehidupan Upacara Yadnya umat Hindu di Nusantara ini. Tidak ditekankan pada cara pembuatan dan wujud fisik Banten tersebut. Misalnya penggunaan bunga dalam Upacara Yadnya. Agar umat jangan lebih mementingkan penggunaan bunganya, tetapi agar lebih dimaknai arti simbolis penggunaan bunga tersebut. Makna simbolis penggunaan bunganya untuk memotivasi munculnya keheningan pikiran dalam melakukan Upacara Yadnya. Jangan lebih diprioritaskan penggunaan bunganya. Andai kata sarana bunga itu amat sulit didapatkan jangan sampai membangun pikiran yang hening menjadi terabaikan dalam melakukan Upacara Yadnya. Karena itu beberapa materi yang dibahas dalam buku ini sudah pernah diterbitkan dalam buku yang saya tulis dengan judul buku : Makna Upacara Yadnya Dalam Agama Hindu Jilid I terbit th 2001 oleh Penerbit Paramita Surabaya. Dalam buku ini materi tersebut sebagian kembali dicantumkan untuk menegasgaskan kembali posisi banten tersebut sebagai simbol sakral. Disamping itu tujuan penerbitan buku ini untuk menggambarkan bahwa sarana Banten itu sebagai unsur  Yantra dalam lima unsur yang membangun suatu Upacara Yadnya yang baik dan sacral. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman dari umat dalam mempisisikan Banten sebagai sarana atau unsur Yantra dalam Upacara Yadnya. Banten tersebut amat flexsibel dalam mewujudkannya maupun jenis sarana yang digunakan. Tidak ada mutlak-mutlakan sampai membuat berupacara Yadnya itu menjadi beban yang memberatkan kehidupan umat baik secara ekonomi maupun secara sosial dan keberadaan lingkungan alam.
Inti Banten sebagai sarana untuk membangun Asih, Punia dan Bhakti. Asih dalam wujud menjaga kelestarian alam lingkungan, Punia dalam wujud pengabdian kepada sesama umat manusia sesuai dengan Swadharma masing-masing. bhakti pada Tuhan dengan berbagai manifestasinya.
Demikianlah buku kecil ini kami sajikan untuk para pembaca yang budiman semoga ada gunanya.
*[Harga belum termasuk ongkos kirim. Ongkos kirim minimal dihitung berdasarkan berat barang 1 kg, kami sarankan Anda memesan beberapa barang untuk menekan ongkos kirim]
sumber : http://www.iloveblue.net/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Toko Online terpercaya www.iloveblue.net

Toko Online terpercaya www.iloveblue.net
Toko Online terpercaya www.iloveblue.net