Senin, 08 Juni 2015

Makna Simbol ''Tapak Dara''

MUNCULNYA tanda tapak dara di berbagai tempat pemujaan umat Hindu diBali, patut menjadi perhatian kita semua terutama umat Hindu di Bali, dengansikap tenangwaspada dan introspeksi diri. Yang sangat penting perlu kitaperhatikan adalah menggunakan pijakan yang tepat dalam menanggapi siptanjagat atau tanda-tanda zaman tersebut. Simbol tapak dara dengan menggunakankapur sirih itu adalah salah satu bentuk simbol budaya Hindu di Bali.

Dari segi bentuk simboltapak dara tersebut tampaknya sangat lokal. Namundibalik simbol dalam bentuk lokal tersebut terdapat makna yang bernilaiuniversal.

Simbol tapak dara sudah ada dari zaman lampaudigunakan dalam kehidupanberagama Hindu dalam wujud budaya Bali. Simbol tersebut ada digunakansecara rutin dan ada juga secara insidental.
Pada setiap Sasih Kaenem umumnya terjadi wabah yang disebut geringsasabdan merana. Gering adalah wabah yang menimpa manusia. Sasab adalah wabahpenyakit yang menimpa ternaksedangkan merana adalah wabah yang menimpatumbuh-tumbuhan. Sebelum wabah itu muncul umat Hindu Bali umumnyamengenakan simbol tapak dara di depan pintu masuk rumah masing-masingDisamping simbol tapak dara disertai juga daun pandan berduri yang disebutpandan wong disertai dengan benang tri dhatu yaitu benang merahhitam danputih dililitkan menjadi satu.
Simbol tapak dara itu juga digunakan dalam pengobatan tradisional. Tandatapak dara dari kapur sirih sering digoreskan oleh balian pada bagian tubuh yangdirasakan sakit dalam pengobatan sebagai salah satu sarana pengobatantradisional.

Simbol-simbol tradisional sesungguhnya mengandung makna universal. Disebuttapak dara karena bentuknya menyerupai  bekas kaki burung dara atau burungmerpatiHal ini melambangkan simbol Swastika dalam bentuk khas budayaHindu di Bali. Dalam ajaran Hindu alam beserta isinya ini berproses dalam tigatahap yaitu Srsti, Swastika dan Pralaya. Proses alam disebut Srstiartinyakeadaan alam baru dalam proses terciptaKemudian dalam proses Swastikaartinya proses alam dalam keadaan stabil serba seimbangKalau sudah waktunyaalam pun akan mengalami proses Pralaya yaitu proses yang alami menjadikembali pralina menuju sumbernya yaitu kepada Sang Pencipta.

Jadi tapak dara itu adalah lambang keseimbangan. Ini artinyamunculnya tandatapak dara di Bali ini sepertinya untuk mengingatkan kita warga Bali agar selalubersikap dan berbuat seimbang. Dalam ajaran Hindu ada konsep Tri Para Arthayaitu AsihPunia dan Bhakti. Wujud beragama yang seimbang adalah Asih yaitumengasihi alam beserta dengan isinya. Punia artinya melakukan pengabdianpada sesama umat manusia sesuai dengan swadharma masing-masing. Bhaktiadalah wujud beragama tertinggi yang berbakti kepada Tuhan. Tiga caraberagama itulah yang wajib dilakukan secara seimbangDengan demikiansimbol tapak dara itu berarti secara vertikalke atas sebagai lambang untukberbakti kepada Tuhanke bawah wujud kasih sayang pada semua makhlukhidup. Sedangkan silang yang horizontal berarti wujud pengabdian yang bersifattimbal balik kepada sesama.
Munculnya tapak dara di Bali seperti mengingatkan warga Bali agar menegakkankembali makna simbol tersebut dalam hidup ini. Penggunaan simbol tapak daradengan pandan wong dan benang tri dhatu semakin pudar di Bali.Penggunaannya secara simbolis boleh saja sedikit pudartetapi yang tidak bolehpudar adalah memaknai nilai-nilai tersebut dalam perilaku sehari-hari.
Penggunaan kapur juga dalam tradisi Hindu di Bali memiliki nilai universal.Kalau umat Hindu melaspas rumah misalnya tiang penyangga rangka atap rumahyang disebut tugeh diolesi kapur siriharang dan darah ayam merah. Ini lambangpengurip-urip. Jadi olesan kapur sirih itu juga bermakna untuk memotivasi umatlebih mendinamiskan kehidupan menuju yang lebih baik dan benar. Penggunaanpandan wong dalam mitologi Hindu di Bali sebagai lambang senjata untukmengalahkan sifat-sifat keraksasaanPandan itu lambang senjata dan wong ituartinya manusiaJadi yang paling baik digunakan untuk mengalahkan sifat-sifatnegatif dalam masyarakat adalah nilai-nilai kemanusiaanbukan nilai kekerasanbagaikan raksasa.
Simbol benang tri dhatu gabungan benang merahhitam dan putih yangmenyertai pandan wong juga memiliki arti yang universal. Benang tri dhatu itulambang proses hidup seimbang menciptakanmemelihara dan meniadakansesuatu yang patut diciptakandipelihara dan dihilangkanTampaknyapengertian yang sudah demikian mentradisi itulah yang dijadikan pegangan olehwarga Bali dalam menanggapi munculnya tanda tapak dara di berbagai pelinggihtempat pemujaan di Bali.
Kejadian tersebut sebaiknya dihadapi sebagai suatu kenyataan yang sedangterjadi dan tidak mungkin ditolak. Terimalah hal itu sebagai suatu gejalazaman.

sumber : http://www.balipost.co.id/balipostcetak/2005/2/22/o1.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Toko Online terpercaya www.iloveblue.net

Toko Online terpercaya www.iloveblue.net
Toko Online terpercaya www.iloveblue.net