Rabu, 08 April 2015

Kriya Yoga

Kriya Yoga dipopulerkan oleh Shrii Shrii Lahiri Mahasaya yang merupakan murid dari Mahavatar abadi Babaji. Nama Babaji sendiripun tidak ada seorangpun yang mengetahuinya. Kata Babaji berarti "Bapa Yang Terhormat". Babaji sendiri memiliki misi untuk membimbing para Avatar, para utusan Tuhan. Itu sebabnya beliau dijuluki Mahavatar - Avatar yang Besar. Referensi mengenai beliau juga terdapat dalam beberapa kitab suci dari Timur Tengah, namun dengan nama yang lain. Walaupun telah berusia ribuan tahun, namun tubuh fisik beliau tidak menunjukkan tanda-tanda menua, beliau sering tampak seperti anak muda berusia dua puluh lima tahun. Menurut Lahiri Mahasaya, "Kapanpun, siapapun menyebut nama beliau dengan rasa hormat, akan memperoleh berkah."

Kata Kriya berasal dari suku kata kri dalam bahasa Sanskrta, berarti "tindakan", "aktivitas". Kriya Yoga berarti, "Suatu teknik untuk menyatukan diri dengan Yang Tak Terbatas melalui usaha atau aktivitas". Tujuan dari Kriya Yoga ini adalah untuk mengaktifkan Chakra, membersihan Nadi dan pada akhirnya membangkitan Kundalini Shakti dan mengarahkannya ke Sahasrara Chakra, sehingga tercapailah Pencerahan Diri Pribadi.

Kriya Yoga diciptakan dan diajarkan untuk membawakan suatu kebangkitan Kundalini secara bertahap, dan bukan secara instan atau terburu-buru. Bila Kundalini dibangkitkan secara cepat-cepat, sistem dari nadi akan dilimpahi kekuatan Kundalini yang belum sadar, yang akan berakhir dengan banyak penderitaan yang lebih dikenal sebagai Kundalini Sindrome. Kriya Yoga menawarkan sebuah metode yang aman, yang dengan perlahan-lahan mengembangkan kesadaran dan membangunkan tenaga-tenaga laten yang masih tidur dan belum aktif.

Pada saat nadi dan chakra ini mengalami purifikasi dan tambahan energi melalui latihan Kriya, ada sensasi yang bisa dirasakan oleh tubuh fisik seperti hangat, getaran, tekanan, tarikan, dan sebagainya. Hal ini menunjukkan adanya hubungan antara tubuh fisik dengan lapisan tubuh non fisik. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa 70 % penyakit disebabkan ketidak seimbangan energi pada lapisan-lapisan tubuh non fisik ini. Latihan Kriya tahap pertama adalah menyeimbangkan ketidakseimbangan energi ini.

Seseorang yang mempraktekkan teknik ini dengan kesungguhan serta ketulusan hati bisa terbebaskan dari hukum karma, hukum sebab akibat, baik masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang.

Para Yogi menemukan teknik-teknik tertentu, sehingga perjalanan bisa dipercepat. Tanpa percepatan inipun mekanisme alam akan bekerja, namun memakan waktu yang lebih lama. Para Yogi menemukan latihan-latihan tertentu yang bisa mengantar kita ke tingkat kesempurnaan lebih awal. Untuk itu kita harus berupaya keras.

Kriya Yoga adalah salah satu jenis teknik yang diberikan oleh para Yogi, para Master. Apabila kita mempraktekkannya dengan sungguh-sungguh, perjalanan menuju kesempurnaan bisa dipercepat. Kriya Yoga merupakan teknik psikofisiologis yang sangat sederhana. Dengan teknik ini darah manusia mengalami "dekarbonisasi" dan disegarkan kembali dengan oksigen tambahan sehingga dapat mengaktifkan sentral-sentral energi. Selain meningkatkan kesadaran, juga dapat mencegah kerusakan jaringan-jaringan sel tubuh dan memperbaikinya.

Seorang praktisi yang mengalami peningkatan kesadaran atau persatuan dengan kesadaran murni, dengan Tuhan, akan merasakan badannya kaku seperti tidak bernyawa. Walau demikian tetap tidak kehilangan kesadarannya. Justru semakin memperluas kesadarannya akan kehadiran Yang Tidak Terbatas dalam kehidupannya sehari-hari.

Para Yogi menemukan hubungan yang erat antara napas dan kesadaran manusia. Napas yang menghasilkan "tenaga kehidupan" yang biasanya hanya digunakan bagi kelangsungan hidup sebenarnya masih dapat digunakan untuk hal-hal lain yang lebih penting.

Paramhansa Yogananda (Biografi Seorang Yogi)memberikan gambaran yang luar biasa akan teknik Kriya Yoga. Jika anda mempraktekkan teknik Kriya Yoga selama delapan jam setiap hari, dalam satu tahun anda akan memperoleh manfaat evolusi alami selama 365.000 tahun. Dalam 3 tahun anda akan mengalami evolusi yang secara alami akan menghabiskan waktu satu juta tahun. Luar biasa. Evolusi alami selama satu tahun bisa diperoleh dengan mempraktekkan Kriya Yoga selama setengah menit saja, berarti Karma masa lalu anda selama 1 tahun dibakar melalui latihan Kriya Yoga selama setengah menit. Anda dapat menghemat waktu anda selama jutaan tahun dalam satu kali kehidupan anda kali ini. Tanpa melakukan teknik Kriya Yoga sebenarnya anda akan mengalami evolusi alami. Dalam kurun waktu satu juta tahun secara alami akan akan mengalami kelahiran dan kematian tidak kurang dari seribu kali. Bayangkan waktu yang bisa anda hemat dalam kehidupan saat ini.

Badan manusia bagaikan lampu 50 watt. Latihan Kriya Yoga bisa menciptakan daya jutaan watt. Apabila diberikan secara mendadak maka latihan ini justru mencelakakan. Tentu saja semua latihan harus di bawah pengawasan seorang guru. Sebelumnya guru akan mempersiapkan badan dan otak seorang calon praktisi, khususnya jaringan syaraf seperti pelatihan Reiki, Hatha Yoga, Meditasi, dan latihan-latihan lain yang menunjang peningkatan kesadaran.

Sebenarnya dalam keadaan tidur kita telah menjadi "Yogi Sesaat". Dalam keadaan tidur, kesadaran fisik terlepaskan dengan sendirinya. Napas menjadi pelan dan kesadaran atau aliran kehidupan kita terpusatkan pada bagian tengah otak. Kita menjadi tenang, tentram. Itulah kenapa, setelah bangun tidur, kita biasanya menjadi segar. Seorang Yogi bisa menggunakan energi kehidupan untuk mengendalikan mind. Apabila ia ingin berhubungan dengan dunia luar, ia akan membiarkan energi kehidupan mengalir keluar lewat panca inderanya. Dan apabila ia ingin bergabung dengan Kesadaran Murni (Tuhan), ia bisa mengalirkan energi kehidupannya ke sentra lain , yang juga ada di dalam dirinya. Pengendalian energi kehidupan, badan dan mind, pada akhirnya akan membuat seorang Yogi mampu mengendalikan "kematian". Kehidupan seorang yogi tidak lagi dikendalikan oleh hukum karma, hukum sebab akibat atau apa yang disebut takdir. Kehidupan dia dikendalikan oleh kesadaran dia sendiri. Terbebaskan dari ego yang disebabkan identitas fisik, ia akan hidup dalam kesadaran. Demikian seorang yogi terbebaskan dari ego yang membelenggunya, suatu keadaan yang dapat dicapai setelah satu juta tahun, apabila mengikuti evolusi alami.

Seseorang yang hidupnya tidak selaras atau harmonis dengan alam, atau sedang berkutat dengan hal-hal yang tidak alami, akan membutuhkan waktu dua kali lebih panjang dari satu juta tahun atau lebih dari itu. Mereka yang melatih teknik-teknik kanuragan untuk sekedar kesaktian, para koruptor dan politisi penindas rakyat, mengadakan perjanjian dengan jin, merusak tatanan alam, para tokoh agama yang memanipulasi agama untuk kepentingan pribadi atau golongan adalah contoh-contoh mereka yang hidup tidak selaras dengan alam.

Terjadinya peningkatan kesadaran dalam diri seorang yogi, ia bisa "terlepas" dan "mengendalikan" hukum alam. Dengan demikian seorang yogi yang menguasai teknik ini bisa mengendalikan kehidupan dan kematiannya.

Apabila teknik Kriya Yoga ini dipraktekkan dengan kesungguhan dan disiplin, maka seorang Kriyavan atau Kriya Yogi akan mencapai hasil berupa Realisasi Diri dalam 3 tahun, 6 tahun, 12 tahun, 24 tahun, atau 48 tahun. Bagi penganut paham reinkarnasi, percaya bahwa praktisi Kriya Yoga bila belum mencapai tingkat sempurna kemudian mati, maka dikelahiran berikutnya akan berjumpa dengan seorang guru yang melanjutkan teknik Kriya tersebut untuk mencapai sempurna.

Namaskar
Om Namah Sivaya
Source :   HDNet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Toko Online terpercaya www.iloveblue.net

Toko Online terpercaya www.iloveblue.net
Toko Online terpercaya www.iloveblue.net