Kamis, 25 Juni 2015

Buku : Pengantar Etika dan Moralitas Hindu


IDR 51600.00

SIZEPRICE (IDR)
14,5 x 20,5 cm51600.00
Quantity 
PRODUCT DETAILS
Penulis : Drs.K.M. Suhardana
tebal : 286 hal.
Deskripsi : Tiada hari tanpa upacara. Itulah kata-kata seorang rekan yang sering berkunjung di Bali menyaksikan betapa riuh rendahnya rangkaian iringan-iringan kendaraan yang menuju Pura Goa Lawah, apalagi disertai dengan bunyi sirene yang meraung-raung. Belum lagi pawai pada saat upacara Dewa Yadnya dan Pitra Yadnya. Demikian pula pawai pada saat upacara Mekiis atau Melasti dan Bhuta Yadnya menjelang Tahun Baru Saka atau Nyepi yang selalu disertai dengan pawai ogoh-ogoh. Bagi kita selaku orang Bali yang beragama Hindu, hal seperti itu adalah biasa, karena kegiatan itu merupakan rangkaian dari suatu upacara Agama.
Ritual atau Upacara itu memang merupakan bagian dari tiga kerangka dasar Agama Hindu, yang lengkapnya terdiri dari Tatwa atau Filosofi, Susila atau etika dan ritual atau Upacara. Dari ketiganya hanya kegiatan ritual itulah yang nampaknya paling menonjol, bahkan seolah-olah mendominasi kegiatan keagamaan masyarakat Bali. Kedua aspek lainnya yakni Tatwa maupun susila kelihatannya kurang mendapat porsi yang semestinya. Pada hal agama mengajarkan agar ketiga-tiganya dikuasai dan dipahami dengan baik dan benar secara berimbang, sebab kalau hanya dipahami dengan baik dan benar secara berimbang, sebab kalau hanya dipahami dengan baik dan benar secara berimbang, sebab kalau hanya dipahami salah satunya saja, maka keseimbangan hidup bermasyarakat bisa terganggu. Para akhli agama yang semestinya mangajarkan Tatwa dan Susila itu rupanya masih iktu terbawa arus ritual -upacara termaksud, sehingga ajaran-ajaran mengenai tatwa dan  susila belum disosialisasikan  dengan baik. Itulah sebabnya di masyarakat sering terjadi silang sengkata mengenai berbagai masalah, khususnya yang berkaitan dengan masalah adat. Sekiranya warga masyarakat memahami dengan benar fiosofi dan etika agamanya, rasanya perselisihan seperti itu tidak akan terjadi, paling tidak dapat ditekan sekecil mungkin
Buku ini tidakhendak membahas masalah Tatwa, Susila dan Ritual itu secara menyeluruh, tetapi hanya ingin mencoba merangkum berbagai ajaran tentang Susila atau Etika dan Moralitas dalam Agama Hindu saja, sebagai sumbangsih kepada masyarakat Bali agar mereka secara berangsur-angsur dapat memperbaiki perilaku kehidupannya sehari-hari sebagai rangkuman, Buku ini mengacu kepada buku-buku pelajaran Agama Hindu pada Umumnya, disamping juga Kitab Suci Weda, Kitab-kitab Manawadharma sastra, Sarasmuccaya, Slokantara, Canakya Niti Sastra, Nita Sataka, Parasara Dharmasastra dan buku-buku lain sebagaimana tercantum dalam Daftar Perpustakaan pada bagian terakhir buku ini. Tidak semua sloka dipetik, tetapi hanya diambil yang penting dan mudah dipahami, kemudian diterjemahkan secara bebas dengan maksud agar lebih mudah dimengerti.
Tiada gading yang tak retak.Demikian  pulalah dengan buku ini. Karena itu, tegur sapa dari siapa pun juga sangat diharapkan, untuk mana sebelumnya disampaikan ucapan terima kasih.
*[Harga belum termasuk ongkos kirim. Ongkos kirim minimal dihitung berdasarkan berat barang 1 kg, kami sarankan Anda memesan beberapa barang untuk menekan ongkos kirim]
sumber : http://www.iloveblue.net/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Toko Online terpercaya www.iloveblue.net

Toko Online terpercaya www.iloveblue.net
Toko Online terpercaya www.iloveblue.net